10 Ayat Alkitab Tentang Perang yang Perlu Orang Kristen Tahu

10 Ayat Alkitab Tentang Perang yang Perlu Orang Kristen Tahu

Lori Official Writer
2442

Walaupun Alkitab gak sepakat dengan adanya perang untuk alasan apapun dan mendukung perdamaian dengan semua orang (Roma 12: 18). Tapi Alkitab menulis bahwa terwujudnya perdamaian dan keadilan umumnya dicapai melalui perang (Matius 24: 6). 

Alkitab, khususnya di Perjanjian Lama, bahkan seolah membenarkan tindakan pembunuhan saat perang atau membunuh untuk pembelaan diri (Keluaran 22: 2) atau membunuh orang lain lewat hukuman mati (Kejadian 9: 6). 

Pemerintah suatu negara secara ilahi diberi wewenang untuk memakai pedang (Roma 12: 4). Lalu di Ulangan 20, Allah sendirilah yang mengatur startegi perang bangsa Israel. Di Perjanjian Baru, kita bisa menemukan di Matius 26: 52 bahwa Yesus mendesak murid-murid-Nya untuk membeli pedang sebagai alat perlindungan (Lukas 22: 36-38).

 

Baca Juga: Apa Kata Alkitab Soal Perang? Temukan Jawabannya Dari 10 Pertanyaan Ini…

 

 

Mari menggali lebih dalam lagi. Di Alkitab, kita menemukan beberapa ayat yang menuliskan tentang syarat perang yang dilakukan oleh suatu bangsa. 

Pertama, perang hanya bisa terjadi jika pemimpin negara sudah menyetujuinya (Roma 13: 4).

Kedua, perang harusnya menjadi medan pertempuran untuk membela orang yang tidak bersalah (Kejadian 14)

Ketiga, perang harus dilakukan secara adil (Ulangan 20: 19).

Sepanjang Alkitab, dituliskan bahwa bangsa yang berperang tanpa perkenanan Tuhan kebanyakan akan mengalami kekalahan. Tuhan sendiri menyampaikan penyertaan-Nya bagi bangsa dan orang-orang yang percaya dan berjuang demi kebenaran. 

Berikut 10 ayat Alkitab yang bicara tentang perang, diantaranya:

Pengkhotbah 3: 8

ada waktu untuk mengasihi, ada waktu untuk membenci; ada waktu untuk perang, ada waktu untuk damai.

Yesaya 2: 4

Ia akan menjadi hakim antara bangsa-bangsa dan akan menjadi wasit bagi banyak suku bangsa; maka mereka akan menempa pedang-pedangnya menjadi mata bajak dan tombak-tombaknya menjadi pisau pemangkas; bangsa tidak akan lagi mengangkat pedang terhadap bangsa, dan mereka tidak akan lagi belajar perang.

Yesaya 42: 13

TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur; Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.

 

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Bangsa Israel Itu Istimewa di Mata Tuhan

 

Ulangan 20: 1-4

Apabila engkau keluar berperang melawan musuhmu, dan engkau melihat kuda dan kereta, yakni tentara yang lebih banyak dari padamu, maka janganlah engkau takut kepadanya, sebab TUHAN, Allahmu, yang telah menuntun engkau keluar dari tanah Mesir, menyertai engkau. Apabila kamu menghadapi pertempuran, maka seorang imam harus tampil ke depan dan berbicara kepada rakyat, dengan berkata kepada mereka: Dengarlah, hai orang Israel! Kamu sekarang menghadapi pertempuran melawan musuhmu; janganlah lemah hatimu, janganlah takut, janganlah gentar dan janganlah gemetar karena mereka, sebab TUHAN, Allahmu, Dialah yang berjalan menyertai kamu untuk berperang bagimu melawan musuhmu, dengan maksud memberikan kemenangan kepadamu.

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami