Apa Kata Alkitab Soal Perang? Temukan Jawabannya Dari 10 Pertanyaan Ini…

Apa Kata Alkitab Soal Perang? Temukan Jawabannya Dari 10 Pertanyaan Ini…

Lori Official Writer
864

Sebagian orang setuju kalau perang itu mengerikan dan merusak banyak hal, baik kehidupa, keluarga dan hubungan. Dalam banyak kasus, perang juga menyebabkan banyak orang yang tak bersalah jadi korban. Perang bukan saja menyebabkan luka fisik, tapi juga luka emosi.

 

Akar Penyebab Perang

Jangan salah paham, perang sama sekali tidak berasal dari Tuhan. Tapi perang muncul akibat dosa yang ada di dunia (baca Kejadian 4: 5-8. Matius 15: 19, Markus 7: 21-23, Roma 3: 10-18).

Kitab Yakobus bahkan jelas menyampaikan bahwa penyebab utama perang adalah hawa nafsu dan keinginan atau dosa manusia.

“Dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa.” (Yakobus 4: 1-2)

Jadi selama manusia masih hidup di dunia, perang terbuka mungkin tidak akan bisa terhindarkan. Suka atau tidak, kita bisa jadi korban maupun pelaku perang itu sendiri. 

 

Sikap Kita Akan Perang 

Jadi, bagaimana harusnya kita, orang percaya, menyikapi perang? Kalau perang adalah akibat dosa, maka kunci untuk menyelesaikan perang adalah menghentikan dosa. Sesederhana itu! 

Tapi bagaimana mungkin dosa bisa dilenyapkan dari muka bumi? Bagi orang Kristen, perang pada akhirnya adalah tentang pertempuran spiritual dan bukan fisik.

“Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng. Kami mematahkan setiap siasat orang dan merubuhkan setiap kubu yang dibangun oleh keangkuhan manusia untuk menentang pengenalan akan Allah. Kami menawan segala pikiran dan menaklukkannya kepada Kristus…” (2 Korintus 10: 3-5)

 

Baca Juga: Apakah Firman Tuhan Menganjurkan Orang Kristen Ikut Berperang?

 

Mari menjawab 10 pertanyaan seputar perang ini berdasarkan kebenaran yang ditulis dalam Alkitab.

1. Apakah Tuhan Berpihak Pada Satu Sisi?

Tuhan selalu berpihak pada kebenaran karena Tuhanlah yang membuat aturan tentang apa yang benar dan salah.

Dia menjelaskan apa yang benar melalui Alkitab dan Tuhan tak sekalipun berubah pikiran dan mengoreksi tentang mana yang harusnya benar dan mana yang salah.

Jadi, walaupun terkadang Tuhan terkesan berpihak, tapi sebenarnya hal itu hanya ditentukan dari bagaimana masing-masing pihak memilih kebenaran yang sudah Tuhan tetapkan. 

Misalnya, seseorang yang lemah disakiti dan dipukul oleh orang yang lebih besar, maka Tuhan sendiri akan bertindak sebagai pelindung dari orang lemah itu karena Dia tahu orang itu tidak bisa membela dirinya sendiri.

Tuhan mau semua orang bebas, jadi saat seseorang merampas kebebasan orang lain, Tuhan ada di pihak orang yang dirampas dan melindungi kebebasannya.

2. Kenapa Alkitab Penuh Dengan Cerita Peperangan?

Alkitab adalah kumpulan kisah sungguhan yang menceritakan ulang tentang perjuangan nyata sekelompok orang dan juga bangsa untuk meraih kemerdekaannya. 

Tuhan juga menjelaskan seluk beluk orang-orang yang ada di dalam Alkitab. Melalui Alkitab, Dia memberitahu kita banyak hal tentang peperangan yang mereka hadapi. Selama manusia hidup, akan selalu ada kesalahpahaman, ketidaksepakatan, perkelahian dan perang. 

 

BACA HALAMAN BERIKUTNYA --->

Sumber : CBN | Jawaban
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami