Bagaimana Hidup Bermurah Hati? Perhatikan 3 Cara Ini...

Bagaimana Hidup Bermurah Hati? Perhatikan 3 Cara Ini...

Mega Permata Official Writer
14836

Setiap orang memiliki gaya hidup atau cara hidup masing-masing yang khas, ada yang memiliki gaya hidup berfoya-foya bahkan hidup sesederhana mungkin. Tapi bagaimanakah untuk hidup dalam kemurahan hati apapun keadaanmu? Pernahkah kamu mendapatkan kelebihan atau keuntungan dalam hal apa saja dan memberikannya kepada yang lebih membutuhkan?

Alkitab mengatakan, “Kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami,” (2 Korintus 9:11). 

Sebagai anak Allah, kamu sudah diberikan kasih karunia dan hidup kekal dari Allah. Dan paling tidak kita semua dapat melakukan kemurahan hati dengan menggunakan karunia-karunia itu untuk membantu orang lain yang membutuhkan.

 

Baca Juga: Dibutuhkan 2100 Perlengkapan Sekolah untuk Anak NTT, Bantu Yuk…

 

Jadi, mari kita lihat 3 komponen utama dari hidup bermurah hati.

1. Bermurah hati dengan waktumu

Waktu merupakan sesuatu yang kita miliki dan kita habiskan. Banyak dari kita membuang-buang waktu dengan hal yang sia-sia dan sedikit menghabiskan waktu dengan hal yang baik. Kita memiliki 24 jam sehari tetapi apakah pernah kita menyisakan waktu  untuk hal mulia seperti melakukan hal bermanfaat bagi kepentingan orang lain?

Waktu adalah hal yang tidak bisa kita ulang kembali. Jadilah sosok bermurah hati pada waktumu dengan meraih atau memberikan orang-orang yang membutuhkan merupakan suatu tindakan kecil yang memiliki dampak besar bagi orang lain. Seperti menyempatkan waktu luangmu dengan berkunjung ke rumah-rumah warga yang tidak mampu, mengajarkan anak-anak jalanan belajar dan lain-lain.

 

Baca Juga: Bermurah Hati Itu Kewajiban! Makanya Jangan Pakai 4 Alasan Ini Kalau Mau Baik Sama Orang

 

2. Bermurah hati dengan uangmu

Bermurah hati memang bisa dimulai dengan uangmu. Kamu bisa menabung untuk kembali disumbangkan kepada yang membutuhkan. Kamu bisa menabung dari sisa anggaran belanjamu dan menyumbangkannya ke yayasan panti jompo, panti asuhan, gereja atau yang lain ditiap bulannya. 

3. Bermurah hati dengan talentamu

Yang terakhir juga bisa bermurah hati dengan talenta yang kamu punya. Bakat atau talenta yang kamu punya bisa digunakan untuk membantu banyak orang serta mendapatkan keuntungan dari bakat itu sendiri. Seperti kamu yang memiliki bakat bernyanyi atau mahir dalam menulis. Kuasai bakatmu dan persembahkanlah kembali kepada Tuhan. Tuhan memberikan anak-anak-Nya kelebihan dan kita harus menghasilkan sesuatu dari kelebihan itu. Tuhan memberikan kelebihan bukan untuk diri sendiri saja tetapi juga untuk orang lain. Kita bisa melayani orang lain dengan bakat dan menunjukkan kepada mereka akan kasih Kristus. 

 

Baca Juga: Memberi Dengan Sukacita, Apa Artinya Bagi Orang Kristen?

 

Alkitab juga telah dikatakan, “Dalam segala sesuatu telah kuberikan contoh kepada kamu, bahwa dengan bekerja demikian kita harus membantu orang-orang yang lemah dan harus mengingat perkataan Tuhan Yesus, sebab Ia sendiri telah mengatakan: Adalah lebih berbahagia memberi dari pada menerima,” (Kisah Para Rasul 20:35).

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

 

DAFTAR DI SINI

Sumber : Crosswalk | Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami