#FaktaAlkitab Tentang Makanan Haram
Sumber: jawaban.com

Fakta Alkitab / 16 June 2023

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab Tentang Makanan Haram

Claudia Jessica Official Writer
24970

Pergeseran Haram menjadi Halal dalam Perjanjian Baru

Kristus Yesus menggenapi Alkitab Perjanjian Baru mengenai mengapa tidak ada makanan haram dalam Kristen. Tujuan kematian Tuhan Yesus di kayu salib adalah untuk menggenapi seluruh Hukum Taurat Yahudi (Matius 5: 17; Efesus 2: 15), termasuk soal makanan haram.

Selain itu Tuhan Yesus juga menekankan bahwa semua makanan adalah halal. Hal ini terlihat ketika Yesus terlibat perdebatan dengan orang Farisi dan ahli Taurat yang sangat berpegang teguh pada Hukum Taurat. Markus 7: 18-19 mencatat, “Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal.”

Demikian juga para rasul yang merupakan penerus ajaran Tuhan Yesus. Mereka tidak pernah mengajarkan orang percaya untuk tidak memakan makanan haram. Para rasul percaya bahwa larangan memakan makanan haram tidak mengikat orang Kristen lagi. Hal ini terutama kita mengerti dari pengajaran rasul Paulus.

 

Baca juga: Benarkah Makanan Haram Ditujukan untuk Menjaga Kesehatan?

 

Dalam berbagai pengajaran surat Paulus kepada di berbagai kota, rasul Paulus berulang-ulang menegaskan bahwa orang Kristen tidak terikat dengan aturan-aturan makanan halal dan haram. Bagi orang Kristen, semua makanan adalah halal sebab semua yang Tuhan ciptakan adalah baik adanya. Semuanya itu dikuduskan oleh firman dan doa (1 Timotius 4: 1-5).

 

Penentu Halal dan Haram Bukan Makanan, Tapi ...

 

Baca di halaman selanjutnya >>

Sumber : jawaban.com
Halaman :
123Tampilkan Semua

Ikuti Kami