5 Kiat Ampuh Biar Jadi Influencer Sukses di Zaman Now

5 Kiat Ampuh Biar Jadi Influencer Sukses di Zaman Now

Puji Astuti Official Writer
7430

Saat ini, siapa saja bisa jadi seorang influencer atau orang berpengaruh, terutama melalui media digital. Seorang influncer bisa didefinisikan sebagai orang yang memiliki pengaruh terhadap tindakan, pemikiran dan juga pendapat orang lain atau pengikutnya. 

Kalau dulu untuk jadi berpengaruh harus punya ketenaran, kekuasaan atau kekayaan, saat ini kamu hanya perlu melakukannya dengan sosial media. Kita gak perlu menunggu dulu menjadi seperti Oprah Winfrey atau Steve Jobs. Kita gak perlu menunggu jadi seorang milliarder atau pejabat. Kita bisa memberi dampak melalui apa yang kita lakukan dalam hidup. 

Yang penting dan perlu diingat, bahwa gelar "influencer" bukanlah sebuah gelar yang bisa kamu berikan ke diri sendiri. Pengaruh adalah sesuatu yang kamu berikan kepada orang lain, dan kamu bisa mendapatkan gelar sebagai orang berpengaruh ketika orang lain merasakan dampak dari apa yang kamu lakukan dan mereka memberikan gelar itu ke kamu.

 

Baca Juga: Tidak Cukup Berpangku Tangan. Yuk Belajar Sukses Dari Influencer Kecantikan Lizzia Parra

 

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa jadi orang yang berpengaruh atau influencer ini? Simak 5 langkah ini:

1. Buat orang lain menganggapmu seorang ahli

Sangat mudah menyebut diri kita sebagai seorang ahli, tetapi bisa membuat orang lain percaya dan memberi gelar itu kepada kita gak semudah itu. Sebagai seorang ahli kamu harus bisa memberikan solusi atas permasalahan pada bidang keahlianmu.

Buat orang lain mencari nasihat darimu dan menemukan solusi atas permasalahan mereka dibidang menjadi keahlianmu. Dengan cara demikian maka orang akan mengenalmu sebagai seorang ahli. 

2. Buat solusi sederhana  yang mudah diakses

Orang suka cara yang sederhana. Cara penyelesaian yang dilakukan setahap demi setahap adalah sesuatu yang dicari banyak orang. Karena segala sesuatunya sudah bersifat instan, perilaku orang-orang di zaman ini juga sudah berubah. Kebanyakan di antaranya memilih menyelesaikan masalah dengan cara praktis dibandingkan harus menggali informasi dari buku tebal.

Jadi buatlah solusi permasalahan dibidang keahlianmu dengan kemudahan hanya melalui sebuah klik di websitemu, atau sebuah video berdurasi di bawah 5 menit. 

Belajarlah membuat solusi sederhana, mudah dimengerti dan terbukti ampuh, maka kamu akan dicari banyak orang.

 

Baca Juga: 5 Tips yang Harus Dilakukan Kalau Pengen Jadi Travel Influencer Sukses

 

3. Sampaikan pesanmu lewat berbagai platform

Dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, terutama di media digital. Saat ini orang punya banyak pilihan untuk mengakses informasi. Jadi pastikan informasimu bisa diakses lewat multiplatform.

Selain itu juga pertimbangkan cara menyampaikan pesanmu di setiap platform. Karena masing-masing platform punya keunikannya sendiri. Sebagai contoh sebuah pesan yang kamu sampaikan lewat artikel website perlu disampaikan dengan cara yang berbeda ketika ditampilkan dalam bentuk video atau podcast. 

4. Buat media tertarik mengangkat kisahmu

Sama seperti orang ingin mendapatkan solusi dan infomasi yang berhubungan dengan kehidupan mereka, media juga ingin menyediakan hal tersebut bagi para pengguna mereka. Untuk itu sangat penting membuat media mengenal kalau kamu adalah seorang ahli dibidangmu.

Buatlah mereka melihat bahwa mewawancaraimu akan bermanfaat bagi penonton, pendengar atau pembaca media mereka. Buatlah semudah mungkin untuk bisa mengundangmu. 

 

Baca Juga: Jadi Salah Satu Wanita Terkaya,Ini 4 Cara Kylie Jenner Manfaatkan Medsos Jadi Lahan Bisnis

 

5. Maksimalkan sosial media 

Sosial media adalah sebuah alat yang hebat dan dapat membesarkan pengaruhmu kalau kamu bisa memakainya secara maksimal. Jadi jangan berhenti sampai di tahap wawancara media saja. Pakailah sosial media sebagai alat untuk memperluas pengaruh. 

Generasi muda adalah generasi yang sangat melek dengan beragam platform sosial media. Daripada hanay sekadar update status, kenapa gak memanfaatkannya untuk menyampaikan ide-ide, pemikiran atau bahkan sebagai media untuk memperkenalkan produk yang sedang kamu jual ke target market yang lebih luas? 

Percaya deh, kalau kamu sudah melakukan kelima hal di atas secara  konsisten, percayalah bakal tiba waktunya kamu akan mendapat gelar influencer atau orang berpengaruh. Jadi pastikan supaya kamu benar-benar memberi dampak bagi hidup orang lain.

Sumber : Entrepreneur.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami