Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
253


Apa yang muncul dibenak kamu waktu dengar istilah travel influencer?

Di Instagram ada banyak anak muda yang bermunculan dan sukses meraup penghasilan tinggi hanya dengan kebiasaan mereka membagikan pengalaman travelingnya.

Kalau ditanya, apa ini semacam pekerjaan? Gimana cara jadi travel influencer?

Beberapa travel influencer terkenal di Indonesia diantaranya adalah Nadine Candrawinata, Trinity, Marischka Prudence, dan Anggey Anggraini.

Kelimanya sama-sama sukses membangun brand traveling dengan keunikan masing-masing. Dari aktivitas traveling yang mereka suguhkan lewat akun sosial medianya, mereka pun mulai dilirik oleh beragam brand-brand kenamaan yang menambah sumber penghasilan.

Dari mana mereka mendapatkan uang sementarakan hanya membagikan aktivitas traveling saja?

Dengan kemampuan menggugah daya tarik publik, travel influencer biasanya akan mendapat produk gratis sampai honor atau bayaran yang beragama.

Bagaimana caranya biar sukses jadi travel influencer?

Yuk intip tipsnya dari yang udah berpengalaman.

1. Punya Minat Jalan-jalan Dulu Dong!

Buat jadi travel influencer, pastinya kamu mesti tipe orang yang suka jalan-jalan dong. Karena pengalaman jalan-jalanmu lah yang jadi modal buat dibagiin ke pengikutmu di sosial media.

Kalau dibilang mahal, pastinya harus punya modal. Tapi gak perlu kuatir. Ada banyak travel influencer memulai kesuksesannya lewat hobi jejalan kok.

Dalam artian, jadi travel influencer gak mesti resign dari kerjaan loh! Bisa aja kamu jadwalin waktu jalan-jalan kamu secara rutin tiap sekali sebulan atau dua bulan. Nah, sekali jalan kamu bisa kumpulin banyak pengalaman di sana buat dibagikan.

Yang pastinya, temukanlah pengalaman jalan-jalan atau traveling yang unik dan beda dari orang lain. Entah itu traveling dalam kota, kuliner, penginapan atau aktivitas outdoor.

2. Pastiin fotomu berkualitas

Isi sosial mediamu dengan gambar perjalanan dengan resolusi yang baik dan unik. Karena dengan tangkapan foto yang profesionallah orang-orang akan tertarik mampir ke berandamu.

Untuk mendapatkan kualitas ini, kamu perlu punya seenggaknya kamera profesional sendiri. Minimal kamera digital ya.

3. Pakai niche yang unik

Dalam bisnis, niche dikenal sebagai target market spesifik. Misalnya, dalam berjualan seorang pedagang perlu memilih barang apa yang dia ingin jual secraa spesifik. Apakah itu hanya jualan kaos oblong, celana jeans atau tas olahraga.

Niche sangat menentukan kesuksesan seorang travel influencer.

Pilihlah niche yang unik sesuai dengan apa yang kamu suka mau tampilkan. Entah itu menampilkan busana saja, pemandangan saja, atau persiapan perjalanan? Semua itu tergantung dengan minatmu.

Baca Juga: Menyenangkan, Lakukan 3 Cara Ini Untuk Menghasilkan Uang dari Jalan-jalan

4. Bangun hubungan baik dengan pengikut

Jumlah pengikut adalah harta bagi seorang travel influencer. Karena itu, untuk mempertahankan pengikut setiamu dibutuhkan interaksi yang dekat. Cobalah dengan interaksi seperti menanyakan pendapat, membuka ruang diskusi, menjawab pertanyaan-pertanyaan dan komentar dan bila perlu membuat ruang untuk bertemu.

Semakin dekat seorang influencer dengan pengikutnya, semakin besar peluang untuk menambah pengikut lain. Karena mereka akan penasaran dengan keramahan dan keterbukaanmu.

5. Tetap pakai strategi marketing

Membangun nama baik diperlukan usaha yang konsisten dan ketepatan strategi. Gimana caranya? Sebagai influencer sosial media penting untuk memasang strategi bagaimana caranya untuk menyebarluaskan postingan jejalanmu dan banyak disukai atau dikomentari oleh warganet.

Seperti di Instagram, contohnya, strateginya bisa dilakukan dengan pemakaian tagar atau hashtag yang tepat dan spesifik. Misalnya, #wisatabali, #Thailanddestination #citytourbangkok dan sebagainya.

Kamu juga bisa memakai media sosial atau blog lain untuk mengarahkan pengikut baru datang ke laman sosial mediamu. Tentunya kamu juga perlu memasang personal identitas yang jelas dan sesuai dengan apa yang mereka cari.

Selain kelima hal di atas, sebagai travel influencer kamu juga seenggaknya tahu soal dasar-dasar penggunaan kamera. Karena hal itu akan sangat memudahkanmu untuk bekerja sendiri tanpa harus tergantung dengan orang lain.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3