7 Langkah Supaya Bisa Mendengar Suara Tuhan, Yuk Cek Di Sini
Sumber: churchleaders.com

Kata Alkitab / 7 May 2021

Kalangan Sendiri

7 Langkah Supaya Bisa Mendengar Suara Tuhan, Yuk Cek Di Sini

Lestari99 Official Writer
33615

Apa yang saya mau perbuat dalam hidup ini? Pekerjaan mana yang harus saya pilih? Saya harus ambil jurusan apa di sekolah? Atau siapakah teman hidup saya?

Hidup adalah serangkaian pilihan yang tidak pernah berakhir. Bagaimana caranya supaya kamu tahu bahwa kamu sedang membuat keputusan yang tepat? Haruskah kamu bertanya pada orang-orang yang menurutmu lebih pintar? Atau kamu harus melihat berita horoskop hari ini di koran? Haruskah kamu bertanya pada bintang? Hmm, bagaimana kalau kamu bertanya saja pada si pencipta bintang?

Saya punya berita bagus untukmu hari ini. Si Pencipta bintang itu, Tuhan sendiri, sebenarnya ingin menjawab pertanyaanmu. Tepatnya, Dia ingin berbicara dengan saya dan kamu.

Tuhan ingin berkomunikasi dan memiliki hubungan pribadi dengan kamu. Komunikasi dua arah! Bukan hanya satu arah saja. Mengapa? Karena tidak akan ada suatu "hubungan" tanpa ada suatu dialog yang tercipta. Seperti pada manusia lain, caramu mengenal seseorang ialah dengan berkomunikasi dengan orang tersebut. Berbicara dan mendengar. Hal ini persis sama dengan hubunganmu dengan Tuhan. Dia berbicara, kamu mendengar. kamu berbicara, Dia mendengar.

Berita bagus lainnya ialah kamu dan saya bisa mendengar suara Tuhan! Alkitab sendiri menulis bahwa kita diciptakan untuk komunikasi dua arah dengan Tuhan.

"Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku." (Yohanes 10:27)

Sebagai anak-anak Tuhan, kita tidak perlu berjalan buta. Kita dapat memiliki keyakinan bahwa kita dapat mendengar suara-Nya. Roma 8:14 meyakinkan bahwa, "Semua orang, yang dipimpin Roh Allah adalah anak Allah". Artinya, jika Anda adalah anak Tuhan yang sudah lahir baru, Anda akan dipimpin oleh Roh Allah sendiri. Mazmur 37:23-24 mempertegas hal ini.

Kesulitan untuk mendengar suara Tuhan hanyalah bahwa ada waktu yang diperlukan untuk itu. Kerendahan hati juga sangat dibutuhkan. Yeremia 29:12-13 mengatakan bahwa, "Dan apabila kamu berseru dan datang untuk berdoa kepada-Ku, maka kamu akan mendengarkan Aku; apabila kamu mencari Aku, kamu akan menemukan Aku; apabila kamu menanyakan Aku dengan segenap hati". Artinya, kita tidak bisa mengancam Tuhan untuk berbicara secara keras di telinga kita. Tapi kita bisa mencari dan meminta Tuhan dengan kerendahan hati, dan Tuhan berjanji untuk menemui kita.

Kamu harus mengetahui bahwa ada 3 suara yang bisa kamu dengar. Suaramu sendiri, suara iblis dan suara Tuhan. Tapi jangan kuatir. Yohanes 10:4b-5 menyatakan bahwa anak Tuhan pasti mengenal suara Tuhannya dan kalaupun mereka tanpa sengaja mengikuti suara orang asing, mereka akan lari karena tidak kenal dengan suara asing tersebut. Dengan memiliki hubungan yang sangat intim dengan Tuhan dan terus berlatih mendengar suara-Nya, kamu akan tiba pada kepekaan untuk membedakan suara Tuhan, iblis atau diri sendiri. Yesaya 30:21 mengatakan, "Dan telingamu akan mendengar perkataan ini dari belakangmu: "Inilah jalan, berjalanlah mengikutinya, entah kamu menganan atau mengiri".

Jadi intinya, jika kamu mau mendengar, Tuhan akan berbicara dan kamu bisa mendengar suara-Nya. Tapi berhati-hatilah, apalagi jika kamu masih muda, supaya kamu bisa objektif dan mengikuti suara Tuhan. Suaramu sendiri kadang bisa berteriak sangat keras untuk didengar, apalagi jika kamu sedang berada dalam tekanan atau masalah tertentu. Dan berhati-hatilah dengan suara iblis yang adalah "Bapa segala pendusta".

Nah, bagaimana kita bisa mengenali suara Tuhan?

Ada 7 kunci yang diberikan alkitab untuk ini:

1. Firman Tuhan

"Segala tulisan yang diilhamkan Allah memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran" (2 Tim 3:16-17).

2. Roh Allah Berbicara Pada Hati Kita

"Maka inilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu," demikianlah firman Tuhan. "Aku akan menaruh hukum-Ku dalam akal budi mereka dan menuliskannya dalam hati mereka, maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. Dan mereka tidak akan mengajar lagi sesama warganya, atau sesama saudaranya dengan mengatakan: Kenallah Tuhan! Sebab mereka semua, besar kecil, akan mengenal Aku" (Ibrani 8:10-11).

3. Suara Profetik / Nubuatan

"Janganlah padamkan Roh, dan janganlah anggap rendah nubuat-nubuat. Ujilah segala sesuatu dan peganglah yang baik" (I Tesalonika 5:19-21).

 

Baca Juga: Setiap Kita Pasti Bisa Berkomunikasi Dengan Tuhan Langsung, Kenali Caranya!

 

4. Nasehat Pemimpin

"Jikalau tidak ada pimpinan, jatuhlah bangsa, tetapi jikalau penasihat banyak, keselamatan ada" (Amsal 11:14).

5. Konfirmasi

"Jika ia tidak mendengarkan engkau, bawalah seorang atau dua orang lagi, supaya atas keterangan dua atau tiga orang saksi, perkara itu tidak disangsikan" (Matius 18:16).

6. Damai Sejahtera Tuhan

"Hendaklah damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh. Dan bersyukurlah (Kolose 3:15).

 

Baca Juga: Apakah di Zaman Ini Kita Masih Bisa Mendengar Suara Tuhan?

 

7. Keadaan / Waktu Yang Tepat

"Kemudian Paulus meninggalkan Atena, lalu pergi ke Korintus. Di Korintus ia berjumpa dengan seorang Yahudi bernama Akwila, yang berasal dari Pontus. Ia baru datang dari Italia dengan Priskila, isterinya, karena kaisar Klaudius telah memerintahkan, supaya semua orang Yahudi meninggalkan Roma. Paulus singgah ke rumah mereka. Dan karena mereka melakukan pekerjaan yang sama, ia tinggal bersama-sama dengan mereka. Mereka bekerja bersama-sama, karena mereka sama-sama tukang kemah" (Kisah Para Rasul 18:1-3).

Strategi pertemanan ini merupakan hasil dari keadaan yang tercipta sedemikian rupa.

Sering Allah menggunakan bahkan lebih dari 3 kunci untuk berbicara dengan manusia, apalagi di dalam proses membuat keputusan yang penting dalam kehidupan.

Tapi terlebih dari semua, kamu harus memulainya dengan doa. Berdoa dan carilah Dia dengan sungguh hati, maka Dia akan menjawabmu.

 


Kamu diberkati dengan artikel-artikel kami? Mari dukung kami untuk terus menghasilkan konten-konten terbaik di website ini dengan menjadi mitra Jawaban.com. 

Buat kamu yang tergerak untuk bergabung yuk.

 

DAFTAR DI SINI

 

Sumber : Craig von Buseck/cbn.com
Halaman :
1

Ikuti Kami