Mukjizat Yesus di Pesta Kana Buktikan Pernikahan Itu Perjalanan Penuh Berkat Suami Istri
Sumber: Wine Tastings

Marriage / 26 April 2021

Kalangan Sendiri

Mukjizat Yesus di Pesta Kana Buktikan Pernikahan Itu Perjalanan Penuh Berkat Suami Istri

Lori Official Writer
114270

Gak ada yang tahu pasti kenapa Yesus harus melakukan mukjizat pertamaNya di pesta nikah di Kana (Yohanes 2: 1-11). Tapi dengan melakukan beberapa penelaahan Alkitab, kita bisa mengumpulkan data tentang apa yang sebenarnya terjadi saat itu.

“Pada hari ketiga ada perkawinan di Kana yang di Galilea, dan ibu Yesus ada di situ; Yesus dan murid-murid-Nya diundang juga ke perkawinan itu.” Yohanes 2: 1-2

Dari ayat ini, kita bisa menafsirkan kalau keluarga Yesus punya hubungan dekat dengan pasangan mempelai. Hal ini bisa kita lihat dari kehadiran ibu Yesus, Maria di pesta itu. Kedua, Maria bahkan terlibat dalam kesibukan menyediakan anggur untuk para tamu. Ketiga, semua keluarga Yesus juga turut hadir di pernikahan itu. Karena setelah acara selesai saudara-saudara Yesus turut ikut bersama dengan Dia ke Kapernaum (Yohanes 2: 13).

Kita bisa bilang kalau kedua mempelai  adalah kerabat dekat Yesus atau keluarga dekatnya. Hubungan dekat itulah yang jadi alasan kenapa Yesus harus hadir dan pada akhirnya melakukan mukjizat pertamaNya di sana.

Kenapa Yesus harus melakukan mukjizat-Nya di pernikahan Kana?

Salah satu pertimbangannya adalah karena kehormatan. Di masa itu, kehormatan keluarga sangat penting. Pernikahan biasanya berlangsung selama tujuh hari. Selama itulah, keluarga mempelai harus menyediakan makanan dan anggur untuk dihidangkan bagi para tamu yang hadir. Ketepatan, persediaan anggur di pesta nikah kali itu sudah sangat menipis. Sementara tamu-tamu terus berdatangan. Kalau saja para tamu tak kebagian anggur saat itu, bisa jadi nama baik keluarga mempelailah yang akan tercoreng.

 

Baca Juga: Pokok Anggur yang Benar

 

Untuk menghindari hal itu terjadi, Maria akhirnya membujuk Yesus untuk melakukan mukjizatnya. Dia meyakinkan bahwa nama baik keluarga sedang dipertaruhkan dalam situasi itu dan Yesus harus segera bertindak.

Seperti kita tahu, pelayanan Yesus sudah dimulai sejak Dia sudah menerima baptisan dari Yohanes Pembaptis (Matius 3: 16-17; Markus 1: 9-12). Sementara pernikahan itu berlangsung kurang dari sebulan kemudian setelah Yesus mengumpulkan separuh dari murid-murid-Nya (Yohanes 1: 43). Walaupun Dia belum pernah melakukan mukjizat di depan umum, tapi Maria merasa kalau putranya itu sudah siap untuk menunjukkan siapa diri-Nya yang sebenarnya.

Yang menarik dari mukjizat Yesus yang pertama ini adalah Dia rupanya membuat anggur dengan kualitas terbaik yang pernah ada (Yohanes 2: 10). Kualitas anggur itu bahkan membuat sang tuan rumah takjub. Mukjizat itu juga membuat murid-muridNya terkesan dengan kemampuan ilahi yang ada di dalam diri Yesus sehingga mereka semakin percaya untuk mau mengikut Dia (Yesaya 46: 4; Matius 6: 8).

Mukjizat Yesus dengan mengubah air menjadi anggur mungkin adalah tanda yang paling signifikan dari keilahian-Nya. Yeremia sendiri sudah menubuatkan hal ini bahwa kehadiran Yesus akan membuat banyak orang bersukacita karena sang mesias melakukan mukjizat-mukjizat yang menakjubkan (Yeremia 31: 12). Amos sendiri mengatakan kalau Israel akan menanam kebun anggur dan meminum anggur mereka (Amos 9: 14).

Sementara fakta lain yang harus kita garis bawahi dari mukjizat pernikahan di Kana juga gak kalah penting. Bagi pernikahan sendiri, Yesus membuktikan kalau kehadiran-Nya jadi awal sejarah dari disahkannya pernikahan. Dengan kata lain, Yesus memateraikan pernikahan untuk pertama kalinya dengan mukjizat-Nya. Cinta dan sukacita yang melekat dalam sebuah pernikahan adalah karakteristik pelayanan Yesus.

Dia sendiri mencoba untuk menyampaikan bahwa Dia datang karena cinta (Yohanes 3: 16) dan membawa sukacita bagi semua orang yang percaya (Lukas 2: 10). Yesus juga memilih pernikahan di Kana sebagai tempat melakukan mukjizat pertama-Nya karena pernikahan adalah hal yang umum dilakukan di setiap budaya. Dia mau supaya semua pasangan suami istri percaya bahwa bersama dengan Yesus perjalanan pernikahan akan selalu diberkati, bahkan dalam situasi paling buruk sekalipun seperti kekurangan anggur, kondisi ekonomi yang mengkhawatirkan dan sebagainya.

 

Baca Juga: Soe, Kota Bersejarah Indonesia Tempat Mujizat Air Berubah Jadi Anggur. Ini Ceritanya...

 

Dengan kemampuan supranatural-Nya, Yesus mau supaya kita selalu percaya kepada Dia. Di kehidupan kita sehari-hari pun Dia mau melakukan mukjizat-Nya buat kita.

 


Apakah kamu butuh dukungan doa? Hubungi SAHABAT 24 kami melalui kontak Whatsapp 0822 1500 2424 atau klik link doa ini https://bit.ly/yjInginDidoakan.

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami