Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
4624


Belum lama ini kita sudah memperingati Paskah, dimana momen ini mengingatkan kita akan peristiwa kematian dan kebangkitan Yesus. Setelah kebangkitan-Nya, Yesus masih meluangkan waktu bersama murid-murid-Nya dan mengajar mereka di hari-hari terakhirnya. Setelah itu, Yesus akan naik ke surga, sementara murid-murid diperintahkan untuk menyampaikan kabar injil ke seluruh dunia.

Tak lama dari masa pengabaran Injil inilah, terjadi kebangunan rohani besar-besaran termasuk pencurahan Roh Kudus (Kisah Para Rasul 2). Bagi orang Kristen, peristiwa ini adalah serangkaian mujizat yang terjadi setelah masa pelayanan Yesus, dimana semua orang berkobar-kobar memberitakan kabar Injil dengan iman. Saat itulah kuasa Tuhan terjadi.

Rupanya peristiwa menakjubkan semacam itu pernah juga terjadi di Indonesia. Kisah ini diceritakan ulang di dalam sebuah buku karangan warga Soe bernama Mel Tari atau Melchoir Tari berjudul ‘Like A Mighty Wind’. Dia baru berumur 18 tahun saat sebuah kebangunan rohani besar terjadi di Indonesia pada 26 September 1965 itu.

Dia bercerita bahwa kebangunan rohani besar itu terjadi di kota kecil bernama Soe, sekitar 70 mil jauhnya dari kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Di kota terpencil dan kecil seperti Soe inilah Tuhan melakukan pekerjaan-Nya melalui orang-orang beriman yang dikirim ke sana.

Kisah ini bermula ketika pada juli 1965 pengkhotbah dari Institut Injil Indonesia bernama Detmar Scheunemann bersama tim datang ke Soe. Mereka melayani orang-orang di sana dan menubuatkan bahwa dari Soe akan lahir tim penginjil yang akan diutus ke berbagai daerah pedalaman di sana.

Lalu pada 26 September 1965, tim tersebut bersama 200 orang mulai berdoa di sebuah gereja Presbyterian yang dibangun di sana. Saat sedang berdoa tiba-tiba terdengar suara angin kencang. Sadar dengan apa yang sedang terjadi, sebagian diantaranya merasa ketakutan dan mulai kuatir. Meski begitu mereka terus berdoa.

Sebagai gereja Presbyterian, yang saat ini dikenal sebagai Gereja Maranatha, doa-doa yang mereka panjatkan sudah ditulis di dalam selembar kertas dan dibacakan secara berurutan. Mereka juga akan berdoa secara bergiliran dengan teratur. Tapi di malam itu, ketika angin kencang itu mulai mengguncang, mereka semua mulai berdoa serempak. Mereka bahkan berdoa diluar dari apa yang sudah tercatat di lembaran kertas itu. Bahkan pendeta gereja sekalipun tak mampu mengontrol kondisi yang terjadi.

Angin berhembus makin kencang. Tapi sesi doa masih terus mereka lakukan. Tanpa sadar gaya baru menyembah Tuhan seakan-akan lahir saat itu. Mereka mulai mengangkat tangan, memuji dan mengucap syukur. Beberapa lainnya memuji Tuhan dengan bahasa-bahasa yang baru, yang beberapa diantaranya adalah bahasa Perancis, Jerman, Inggris dan Ibrani.

Baca Juga :

Semua Karena Roh Kudus

Berdoa Dalam Tuntunan Roh Kudus

Selama melakukan penyembahan seperti itu, suara-suara orang banyak terdengar dari luar gereja. Rupanya banyak orang yang datang berbondong-bondong melihat ada api yang akan membakar gereja. Untungnya, api itu sama sekali tak menghanguskan gereja itu. Dengan perasaan takjub, semua orang yang hadir percaya bahwa itu adalah pekerjaan Tuhan.

Siapa sangka bahwa peristiwa di malam itu adalah awal mula terjadinya kebanguna rohani besar yang melanda hampir seluruh pulau Timor.

Sejak malam itu, ratusan penginjil keluar dari Soe dan pergi mengabarkan injil ke daerah-daerah terpencil seperti Rote, Sabu, Alor, Flores, Sumba, Sawu, Timor Timur, Kalimantan dan daerah-daerah lainnya.

Serangkaian mujizat terjadi yang mengikuti perjalanan penginjilan

Setelah peristiwa itu, ada banyak orang yang kemudian menerima Yesus. Banyak diantaranya mengakui dosa-dosa mereka dan menanggalkan jimat-jimat yang dikenakan dan dikumpulkan untuk dibakar. Ada banyak pula orang mendapatkan karunia dalam bentuk mimpi, penglihatan, dan pewahyuan.

Ada beberapa mujizat lain yang terjadi bersamaan dengan pencurahan Roh Kudus itu diantaranya:

1. Air berubah jadi anggur

Dalam catatan yang ditulis gembala senior GBI Pdt. Dr. Ir. Niko Njotorahardjo di akun Facebooknya, disampaikan bahwa peristiwa air berubah jadi anggur memang pernah terjadi di Soe. Peristiwa ini terjadi pada 26 September 1965 di kampung Aman, Soe tepat sebelum peristiwa pencurahan Roh Kudus di malam itu.

“Awal terjadinya mujizat air menjadi anggur karena pada waktu itu masyarakat datang untuk mengikuti perjamuan kudus tetapi pada saat itu belum ada anggur di kota Soe. Para pemimpin rohani pun hancur hati dan dan bersatu hati berdoa kepada Tuhan Yesus untuk meminta mujizat dan kebangunan rohani agar umat Tuhan di Soe dipulihkan Tuhan.

“Suatu hari para pemimpin rohani mendengar suara Tuhan untuk menyiapkan tempat air yang diisi air dan ditutupi kain putih, mereka pun berdoa setelah beberapa hari mereka kembali mendengar suara Tuhan untuk membuka kain putih tersebut dan mujizat pun terjadi, air yang telah mereka isi dan doakan menjadi anggur dan dipergunakan untuk perjamuan kudus. Kesaksian ini pun terdengar di seluruh kota Soe, Kupang, luar pulau bahkan sampai ke bangsa-bangsa. Dengan adanya mujizat air menjadi anggur pertobatan dan kebangunan rohani pun terjadi atas masyarakat Soe,” demikian Pdt. Niko mengisahkan.

2. Paduan suara malaikat melawat penduduk desa

Salah satu tim yang diutus ke daerah lain pun mengalami mujizat lain. Ceritanya, tim ini datang ke suatu desa di tengah malam dan menginap di salah satu gereja di sana. Ajaibnya, saat bangun keesokan harinya mereka mendapati gereja sudah dipenuhi orang banyak yang haus untuk mendengarkan injil. Mereka bahkan datang dari desa yang berjarak 20-30 km dari desa itu.

Cerita punya cerita rupanya mereka datang setelah mendengar nyanyian rohani di malam hari sebelumnya. Mereka pun berpikir bahwa keesokan harinya pasti ada kebaktian di gereja dan memutuskan untuk datang ke gereja. Mereka pun percaya kalau nyanyian yang didengar oleh penduduk setempat adalah paduan suara dari surga.

3 Berjalan di atas air

Sementara tim lainnya pergi ke desa yang lain. Di sana mereka dihentikan oleh sebuah sungai. Mereka harus menyebrangi sungai itu untuk bisa sampai ke desa seberang. Tanpa ragu pemimpin tim penginjilan itu pun mendengar suara dari Roh Kudus dan menuntunnya untuk melangkah berjalan di atas sungai. Setelah dia menyampaikan pesan itu ke anggota tim lainnya, sebagian diantaranya tentu saja menolak untuk menyebrangi sungai dengan berjalan. Kemudian, pemimpin tim mulai melangkah memasuki air. Anehnya, mereka melihat bahwa air sama sekali tak melebihi lulut pemimpin mereka. Setelah membuktikan mujizat tersebut, dia pun memerintahkan supaya semua timnya melakukan hal yang sama. Jadi, satu per satu mereka pun melangkah menuju sungai dan berjalan di atasnya. Uniknya, hanya anggota tim yang bisa melakukan mujizat tersebut. Sementara orang lain yang bukan bagian dari tim yang mencoba berjalan malahan hanyut tersapu air sungai.

Tim ini pun mengaku bahwa apa yang mereka alami adalah mujizat pekerjaan Tuhan.

Ada banyak mujizat yang menyertai pekerjaan pelayanan yang dilakukan tim ini di Soe. Bahkan mujizat air menjadi anggur yang pertama terjadi di Soe terjadi pula di Surabaya pada tahun 1999.

Kisah kebangunan rohani yang pernah terjadi di Soe jadi tonggak sejarah kekristenan yang membuat banyak orang saat itu percaya kepada Yesus. Peristiwa ini sekaligus membuktikan bahwa orang Kristen diberi kuasa oleh Allah untuk melakukan hal-hal besar dan ajaib untuk menyatakan kebesaran-Nya di tengah dunia. Terutama membuktikan bahwa Roh Kudus sudah dicurahkan oleh Allah kepada setiap kita sebagai penolong untuk memampukan kita memberitakan Injil ke seluruh penjuru dunia.

“Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.” (Yohanes 14: 16-17)

Sumber : Berbagai Sumber/Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Rudy S 23 May 2018 - 20:23:45

apabila engkau berselisih dengan saudaramu,

0 Answer

Khoirul Ulum 20 May 2018 - 13:29:33

bantu sy untuk keluar dr hutang2 sy

1 Answer

Maureen Subroto 18 May 2018 - 23:04:05

sy ingin punya teman curhat

1 Answer


Deonita Putri Jurdjo 16 May 2018 - 14:34:33
Shalom, saya Deonita. saya mohon doa untuk kelanca... more..

christina wijaya 7 May 2018 - 08:10:28
mohon doanya agar pernikahan saya dan suami dipuli... more..

Inge 26 April 2018 - 23:32:57
Mohon doa untuk suami saya, Yusuf, dengan luka bat... more..

Shirley herlin 26 April 2018 - 23:03:07
Mohon bantuan doa pembebasan dari Roh jahat, mohon... more..

Banner Mitra Week  3


7430

IMAGO