Minum Obat Pake Pisang? Emang Boleh? Ini Kata Dokter!

Minum Obat Pake Pisang? Emang Boleh? Ini Kata Dokter!

Claudia Jessica Official Writer
859

Banyak orang tidak bisa minum obat tablet dengan benar. Beberapa alasannya, ukuran obat terlalu besar sehingga sulit untuk ditelan, rasanya pahit sehingga enggan untuk meletakkan obat di lidah.

Karena alasan tersebut, beberapa orang memilih untuk mengkonsumsi obat dengan pisang untuk mempermudahnya. Selain itu, baik anak-anak maupun orang dewasa masih ada yang meminum obat dengan cara dihancurkan (digerus), atau mengkonsumsinya bersamaan dengan makan buah pisang. Namun, apakah hal ini tidak berbahaya? Karena pisang maupun obat memiliki kandungannya masing-masing.

Dr. Mira Iskandar dari alodokter.com menjelaskan bahwa ada beberapa obat yang tidak bisa dikonsumsi bersamaan dengan buah, seperti obat penurun tekanan darah.

Pasalnya, obat tersebut dapat memicu kalium jadi menumpuk dalam tubuh, sedangkan pisang sangat kaya akan kalium. Jika keduanya dikonsumsi secara bersamaan, makan tubuh berpotensi mengalami hyperkalemia. Kondisi dimana kadar kalium terlalu tinggi. Hal ini ditandai dengan beberapa gejala seperti mual, muntah, kelelahan, sesak napas, denyut nadi lambat, kesemutan, hingga kehilangan kesadaran.

 

Baca juga: Minum Obat Pakai Susu Itu Bahaya! Ini Mitos Atau Fakta?

 

Meski demikian, tidak semua obat dan buah yang dikonsumsi bersamaan dapat menimbulkan efek negatif. Adapun buah yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat yaitu, apel, jeruk, semangka, durian, nanas, anggur, kubis, dan lain-lain.

Jika ingin mengkonsumsi buah setelah minum obat, sebaiknya beri jarak waktu selama satu hingga dua jam. Hal ini ditujukan agar obat dan buah dapat memberikan efek dengan maksimal. Jangan lupa untuk tetap menyediakan air putih ketika minum obat untuk mencegah tersedak.

Namun jika kamu mulai mengalami keluhan seperti sesak napas, mual dan muntah, segera hubungi dokter terdekat.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk latihan minum obat

1. Basahi mulut dengan minum air putih lebih dulu karena mulut yang kering dapat membuat proses menelan lebih sulit.

2. Letakkan obat di tengah lidah kemudian minum air sambil mendongakkan kepala ke atas.

3. Tahan air di dalam mulut, kemudian masukkan obat ke dalam mulut dan telan seperti minum air biasa.

Jika kamu tidak bisa minum obat tablet sama sekali, sebaiknya minta alternatif obat lain. Mintalah saran kepada dokter atau apoteker untuk menggantinya dengan obat yang lain.

 

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami