#JawabanHealth - Minum Obat Pakai Susu Itu Bahaya! Ini Mitos Atau Fakta?

#JawabanHealth - Minum Obat Pakai Susu Itu Bahaya! Ini Mitos Atau Fakta?

Claudia Jessica Official Writer
315

Sejak kecil kita diajarkan tentang 4 sehat 5 sempurna, dimana asupan yang kita makan menjadi lengkap jika ditambah dengan minum susu. Namun ada yang bilang, kalau minum obat tidak boleh berbarengan dengan susu, karena berbahaya.

Apakah hal ini benar? Minum obat dengan susu itu bahaya, sebenarnya cuma mitos atau fakta sih? Mari kita cari tahu kebenarannya dalam Sehat Kuat bersama Jawaban.com.

Minum obat menggunakan susu apakah bahaya?

Jawabannya tidak, demikian ungkap dr. Sovian Anugrah dari Obor Berkat Indonesia. Susu sebenarnya adalah penawar racun alami dan paling murni. Seperti kita ketahui bahwa anak bayi yang baru lahir, asupannya adalah air susu ibu (ASI). Lalu apakah jika dia sakit, demam, tidak boleh dikasih susu? Tetap boleh. Tentu susu untuk bayi dan anak-anak berbeda dengan susu untuk orang dewasa.

Yang menjadi masalah ketika minum obat dengan susu adalah yang harusnya khasiatnya maksimal, namun karena menggunakan susu akan menghambat penyerapan dari obat tersebut. Alhasil, khasiat obat tersebut menjadi berkurang, dan membuat orang tersebut harus minum lebih banyak obat karena belum sembuh juga, sedangkan ada beberapa obat yang tidak boleh dikonsumsi dalam waktu panjang karena dapat menimbulkan efek samping, contohnya obat golongan antibiotik dan golongan kortikosteroid (obat anti peradangan).


Baca juga: Tips Bersepeda Buat Pemula


Adapun waktu yang baik untuk minum obat yaitu beri waktu 2 jam sebelum atau sesudah minum obat. Untuk minum obat yang terbaik adalah menggunakan air putih. Hal ini dikarenakan air putih tidak mengandung senyawa lain, selain H2O.

Apakah kita boleh minum susu selain dengan air putih?

Bukan susu saja yang tidak boleh digunakan untuk minum obat, sebagai contoh kopi, tidak boleh digunakan untuk minum obat karena mengandung kafein yang bisa meningkatkan tekanan darah, dan bisa jadi berdampak berlawanan dari obat-obat yang sedang diminum. Jadi baik susu, kopi, teh, jus buah dan susu tidak disarankan untuk meminum obat, karena ada senyawa-senyawa lain yang terkandung di dalamnya.

Tapi, ada juga obat-obat tertentu yang disarankan untuk diminum bersamaan dengan susu. Kenapa demikian? Temukan jawabannya di vidio selengkapnya, kamu bisa klik gambar di atas atau klik DI SINI.

Sumber : jawaban.com

Ikuti Kami