#FaktaAlkitab: Delila, Wanita Pujaan Simson yang Menggairahkan dan Berbahaya

#FaktaAlkitab: Delila, Wanita Pujaan Simson yang Menggairahkan dan Berbahaya

Claudia Jessica Official Writer
804

Delilah, wanita pujaan Simson. Seorang wanita cantik dan cerdik yang menggunakan semua kelebihannya untuk satu tujuan, yaitu uang. Apa saja yang tertulis dalam Alkitab mengenai Delilah?

Asal Muasal

Delila adalah perempuan Filistin yang dicatat dalam Perjanjian Lama dalam Alkitab, namanya disebut enam kali, dan pertama kali muncul dalam Hakim-Hakim 16:4. Nama Delila memiliki bermanja-manja.

Alkitab tidak memberi kita pengetahuan tentang orang tua dan latar belakangnya, kecuali fakta bahwa dia berasal dari lembah Sorek. Lembah Sorek adalah salah satu cekungan drainase terbesar dan yang paling penting di Pegunungan Yudea. Wilayah Lembah Sorek menjadi wilayah perbatasan antara Filistin dan Israel. Sekarang, wilayah ini dipenuhi dengan perkebunan penghasil anggur Merlot.

Berasal dari bangsa penyembah berhala

Delila berasal dari Filistin, sebuah bangsa yang cukup banyak disebutkan dalam Alkitab. Bangsa Filistin dikenal sebagai musuh sekaligus seteru bagi kerajaan Israel.

Dimulai dari kepemimpinan Yosua, zaman para Hakim, sampai dengan zaman raja Saul. Mereka dipukul mundur oleh Daud tetapi berhasil mempertahankan diri di pesisir.

Karakteristik dari orang-orang Filistin adalah sombong (Zak. 9:6), menyembah berhala (Hak 16:23), percaya kepada takhayul (Yes. 2:6), dan suka berperang (1 Sam. 17:1; 28:1).

Mampu Memikat Simson

Sebagai seorang wanita yang lahir dan besar di Filistin, Delila mampu memikat Simson, seorang Nazir Allah yang memiliki kekuatan besar yang melayani sebagai Hakim terakhir Israel. Delila sangat dicintai Simson, ia menjadi satu-satunya wanita dalam cerita asmara Simson yang disebutkan namanya dalam Alkitab.

Suatu hari, raja-raja Filistin datang kepada Delila untuk memanfaatkan kisah asmaranya dengan Simson. Filistin yang merupakan seteru bangsa Israel kala itu, dipermalukan oleh Simson dengan kekuatannya. Maka dari itu, bagsa Filistin ingin sekali menangkap Simson.

Raja-raja Filistin menawarkan uang dalam jumlah yang besar kepada Delila jika ia mau membantu menangkap Simson dengan mencari tahu rahasia kekuatan Simson. Delila pun setuju akan kesepakatan tersebut.


Baca juga: #FaktaAlkitab: Batsyeba, Wanita Cantik di Alkitab yang Buat Raja Daud Jatuh Ke Perzinahan


Delila memohon kepada Simson agar diberitahukan dari mana kekuatannya berasal. Tiga kali Delila menanyai Simson mengenai rahasia kekuatannya, dan tiga kali pula Simson memberikan jawaban yang salah.

Setelah tiga kali gagal melakukannya, Delila terus membujuk Simson hingga Simson mau memberi tahu bahwa rahasia dari kekuatannya berasal dari rambutnya.

Delila kemudian memberi tahu rahasia kekuatan Simson kepada orang Filistin, dan membuat Simson tertidur di pangkuannya lalu menyuruh seseorang memotong rambut Simson. Tidak beberapa lama Delila berteriak, ‘Simson, ada orang Filistin!’ Simson terbangun, namun kekuatannya hilang.

Lalu orang Filistin menangkap Simson, dan mencongkel kedua matanya, kemudian memasukkannya ke dalam penjara.

Pendapat tokoh, dan pelajaran dari kisah Simson dan Delila

Caesarius dari Arles memandang godaan Delila terhadap Simson mirip dengan godaan Setan terhadap Kristus. Sementara itu Isidorus dari Seville seorang Uskup dan Bapa gereja (560 - 636), melihat Simson sebagai gambaran Kristus, tetapi berpendapat bahwa ketika Simsin menyerah kepada Delila, iatidak menggambarkan Kristus. Sebaliknya dia mencontohkan kejatuhan orang berdosa.

Sementara itu, Billy Graham melihat mata Simson dicungkil setelah dia diserahkan kepada orang Filistin sebagai hukumannya karena menyerah pada nafsunya untuk Delilah; Graham juga melihat ini sebagai contoh konsep bahwa seseorang menuai apa yang dia tabur.

Sedangkan Joyce Meyer menulis bahwa Setan bekerja melalui Delilah, karena dia sadar bahwa Simson memiliki kelemahan bagi wanita. Meyer melihat hubungan Delila dengan Simson sebagai contoh bagaimana iblis mengeksploitasi kelemahan orang.

Kisah Delila mempengaruhi budaya modern

Tidak berhenti di zaman perjanjian lama, kisah Simson dan Delila juga mempengaruhi budaya masa kini.


Baca juga: #FaktaAlkitab: Efraim, Keturunan Yusuf yang Menjadi Pemimpin Bangsa Israel (12/12)


Dari kisah tersebut, industri film Hollywood pun pernah merilis kisah legendaris ini ke layar lebar tahun 1950 dengan judul “Samson and Delilah”. Tidak hanya Film, lirik lagu berjudul Delilah juga pernah diciptakan dan dipopulerkan oleh Tom Jones.

Jauh sebelumnya sebuah novel karya HG Wells yang berjudul “The Invisible Man” terbit di tahun 1897, penggunaan nama Delilah muncul di dalamnya yang berkonotasi penipuan dan pengkhianatan.

Menurut Encyclopædia Britannica, nama Delilah telah menjadi sinonim dengan “wanita yang menggairahkan dan berbahaya.”

Jika saat ini JCers sedang memiliki pergumulan, kamu bisa menghubungi sahabat 24. Seorang sahabat untuk bercerita, meminta nasihat, meminta semangat ataupun  mendukungmu dalam doa. Hubungi WA: 0822 1500 2424 atau klik http //bit.ly/inginKonseling

Itulah fakta Alkitab tentang Delilah, seorang perempuan yang kontraversial di Alkitab.

Fakta Alkitab lainnya dan video inspiratif lainnya bisa kamu temukan langsung di YouTube Jawaban. KLIK DI SINI.

Apakah JCers merasa terberkati dengan Fakta Alkitab mengenai Delilah? Yuk jadi bagian dari kami untuk memberitakan Injil kepada dengan bergabung bersama kami sebagi mitra CBN! Caranya, klik DI SINI!

Mau nonton video lengkap tentang Delilah? Klik DI SINI.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami