Masa Depan Mungkin Tampak Gelap, Tapi Rencana Tuhan Jauh Lebih Besar

Masa Depan Mungkin Tampak Gelap, Tapi Rencana Tuhan Jauh Lebih Besar

Lori Official Writer
      773

Ester 4: 14

Sebab sekalipun engkau pada saat ini berdiam diri saja, bagi orang Yahudi akan timbul juga pertolongan dan kelepasan dari pihak lain, dan engkau dengan kaum keluargamu akan binasa. Siapa tahu, mungkin justru untuk saat yang seperti ini engkau beroleh kedudukan sebagai ratu.

 

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 12; Matius 12; Kejadian 23-24

Tuhan adalah satu-satunya, yang berkuasa mengubahkan hal buruk menjadi kebaikan. Jangan pernah ragu jika Tuhan itu mampu melakukannya. 

Tak ada yang mustahil bagi-Nya!

Dia selalu bekerja bahkan saat kita tidak bisa melihat keseluruhan ceritanya atau saat segala sesuatu tampak tidak pasti.

Tapi Tuhan mengizinkan situasi yang tidak menyenangkan terjadi untuk sesuatu yang besar. “mungkin justru untuk saat yang seperti ini..” (Ester 4: 14)

Dalam kisah Ester, kita bisa menemukan bahwa sebenarnya dia punya pilihan. Saat Mordekai mengirim pesan kepada Ester tentang bahaya besar yang dihadapi bangsa sesukunya, dia bisa saja mencoba menyelamatkan dirinya sendiri. Dia bisa saja memilih diam. Hanya berharap yang terbaik terjadi.

Tapi Ester dan Mordekai sama-sama tahu bahwa Tuhan menaruh tujuan besar-Nya melalui posisi mereka. Dia pun menimbang dengan bijaksana, membuat rencana dan tidak terjebak dalam ketakutan atau kekuatiran.

Ester memilih berdoa dan berpuasa, meminta supaya sebangsanya melakukan hal serupa. Dia bersedia bertindak, mengikuti tuntunan Tuhan dan menyelamatkan nyawa banyak orang, bahkan jika itu artinya dia harus kehilangan nyawanya. 

 

Baca Juga: Menjadi Tenang di Tengah Himpitan Hidup

 

Walaupun situasi kita saat ini terlihat berbeda dari apa yang Ester hadapi, kita mungkin masih bergumul dengan ketakutan dan ketidakpastian yang besar. Masa depan mungkin terlihat gelap, sakit penyakit yang seakan tak akan sembuha atau mungkin duka cita kehilangan orang terkasih yang membuat kita terus berputar-putar. 

Ketahuilah, Tuhan menempatkan kita di posisi yang berpengaruh atau di sebuah lokasi yang strategis, untuk tujuan yang besar. Seringkali, tempat di mana kita menemukan diri kita tidak benar-benar bicara tentang diri kita sendiri. Tapi jauh lebih besar dari itu, ini tentang Dia, tentang Tuhan. Semua yang kita hadapi terjadi untuk menggenapi rencana-Nya yang lebih besar.

Kiranya Tuhan menolong kita untuk mengikuti pimpinan-Nya, percaya bahwa waktu-Nya tepat dan Dia akan tetap setia.

Kalau kamu saat ini sedang berada dalam masa-masa sulit, yakinlah bahwa Tuhan sedang bekerja di tengah situasi ini. Dia bekerja dalam dirimu dan melaluimu, seberapapun sulitnya hal itu. Apapun yang kita hadapi, Tuhan tetap menjadi pribadi yang lebih berkuasa. Tidak ada yang terlalu sulit bagi-Nya.

Jadi, jagalah supaya matamu selalu tertuju kepada Tuhan. Dia tidak akan mengecewakanmu atau membiarkanmu berjuang sendiri. 

Dia selalu setia mengubah rasa sakit menjadi tujuan yang lebih besar, dalam hidup kita dan bagi orang-orang di sekitar kita.

 

Hak cipta Debbie McDaniel, disadur dari Crosswalk.com

Ikuti Kami