Kembalikan Pengharapanmu Seperti yang Yunus Lakukan

Kembalikan Pengharapanmu Seperti yang Yunus Lakukan

Claudia Jessica Official Writer
      920

Yunus 1: 17

"Maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan Yunus; dan Yunus tinggal di dalam perut ikan itu tiga hari tiga malam lamanya."

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 8; Matius 8; Kejadian 15-16

Menjadi keluarga yang melakukan homeschooling terkadang membuat kami melakukan beberapa eksperimen menarik yang kami nikmati sebagai keluarga. George, salah satu ikan mas peliharaan kamu adalah salah satu subjek eksperimen kamu.

George memiliki teman yang berupa mangkuk namun sayang mangkuknya telah hancur. Saya menugaskan anak saya untuk mengajari ikan mas itu naik ke atas mangkuk ketika dia mengetuk kaca. Setelah beberapa minggu menyadap dan memberi makan George, akhirnya ikan itu belajar naik ke atas mangkuk.

Hebat bukan? Kemudian ikan kami mulai lebih banyak berbuat. Setiap kali ada orang yang berjalan di dekat mangkuk, dia akan menjadi bersemangat dan mulai menggerakkan mulutnya seakan dia berteriak kepada siapapun orang yang lewat di dekat mangkuk. Semakin sering hal ini terjadi, kami menganggapnya jadi kebiasaan yang normal dan mengabaikannya.

Kemudian, suatu hari anak saya mendengarkan lagu FFH yang berjudul “Big Fish.” Saat itulah George benar-benar memamerkan apa yang bisa dia lakukan. Ketika lagu diputar, George akan mulai berenang seakan dia menari di air dan sepertinya mulutnya bergerak dan mengeluarkan kata-kata.

Saya menyukai bait pertama dari lagu ini yang berbunyi:

Apakah kamu berada di dalam ikan besar

Apakah kamu duduk di dalam perut dunia yang menggila

Apakah kamu telah berpaling dari keinginan-Nya

Pada kehendak -Nya untuk hidupmu

Apakah kamu telah membuat Dia sedih

Apakah kamu ingin keluar dari ikan besar

Dengarkan Tuhan dan ikuti rencana-Nya.

Dan kamu tidak akan menjadi bagian dari hidangan utama

 Dia akan meludahi kamu ke tanah kering

Terkadang saya merasa seperti berada di dalam perut ikan besar. Saya telah memutuskan untuk melakukan sesuatu dengan cara saya daripada mencari pentunjuk dan bimbingan Tuhan terlebih dahulu.

Kamu, siapapun kamu, Tuhan memiliki rencana hidup untukmu. Mungkin kamu merasa membuang-buang waktu untuk pekerjaan yang hendak berakhir. Atau mungkin kamu tidak memiliki pekerjaan tapi kamu nyaman dengan hal itu. Atau mungkin kamu memiliki impian tetapi Tuhan berbicara kepadamu denga suara yang lembut untuk menyerah akan mimpimu demi suatu pekerjaan yang lain.

Seperti Yunus, kamu mungkin tidak terlalu menyukai misi yang Tuhan berikan untukmu tetapi Dia berniat membuatmu sangat cocok untuk melaksanakan misi itu.

Maukan kamu mengikuti rencana-Nya atau akankah kamu berbalik?

Mungkin kamu sudah memilih untuk berbalik dan merasa tidak ada jalan keluar sekarang. Jika demikian, saya punya kabar baik untukmu. Alkitab telah mengatakan tentang Yunus, “Berdoalah Yunus kepada TUHAN, Allahnya, dari dalam perut ikan itu,” (Yunus 2: 1). Tuhan adalah Tuhan bagi kesempatan kedua, ketiga, dan seterusnya.

Buatlah komitmen jalan kehidupanmu kepada Tuhan hari ini.

Iman dan kehidupan yang berpotongan: Ingatlah bahwa Tuhan memiliki tujuan dan rencana untuk kehidupanmu. Mintalah Dia untuk mengungkapkannya kepadamu setiap hari.


Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

 

Ikuti Kami