Biar Natal Anak di Rumah Tetap Fun, Yuk Bikin 5 Permainan Ini!

Biar Natal Anak di Rumah Tetap Fun, Yuk Bikin 5 Permainan Ini!

Lori Official Writer
1190

Ini adalah Natal pertama yang harus dilewati anak-anak sekolah minggu dengan tetap tinggal di rumah saja. Kalau di tahun-tahun sebelumnya, mereka masih bisa merayakan Natal di gereja dengan acara-acara seru, maka kali ini anak harus merayakannya dari layar zoom di rumah. Gak ada sama sekali interaksi secara fisik yang bisa mereka lakukan.

Kondisi inipun memaksa setiap guru sekolah minggu untuk lebih kreatif dalam membuat bahan pengajaran. Sama seperti saat merayakan Paskah beberapa bulan yang lalu, para guru sangat mungkin menyusun beberapa permainan seru yang bisa membuat anak tetap interaktif walaupun lewat layar zoom.

 

Baca Juga: Gak Bisa Kemana-mana Karena Pandemi? 10 Film Natal Ini Siap Temani Liburan Kamu! (2/2)

 

Permainan fun dan seru apa aja itu?

1. Perjalanan Santa

Permainan ini akan sangat seru karena melibatkan semua anak yang hadir di zoom meeting. 

Cara bermain ‘perjalanan Santa’ ini terbilang sederhana. Pertama-tama, pastikan anak mengenakan kostum berbau Natal, setelah itu pilih satu objek dengan abjad tertentu. Misalnya dari ‘B’. Lalu sebutkan nama benda yang berawalan dari B. Contohnya ‘Bintang’. Teruskan permainan ini ke anak berikutnya. Lalu lanjutkan dengan memilih benda dari abjad tertentu kemudian minta mereka menyebutkan satu benda dari abjad tersebut.

Supaya permainan ini berlangsung dengan tertib dan teratur, mintalah orangtua anak untuk ikut mendampingi.

2. Permainan Bola Salju

Walaupun permainan ini biasanya dilakukan bersama tim secara tatap muka. Tapi bukan berarti anak tidak bisa melakukannya sendiri. 

Buat anak sekolah minggu, cobalah memainkan permainan ini dengan cara kreatif. Minta anak-anak untuk menyediakan bola salju masing-masing di rumah. Pastikan untuk menjelaskan cara bermain lebih dulu kepada anak, sebelum mulai memainkannya.

Cara bermainnya  terbilang mudah. Mintalah setiap anak berdiri beberapa meter di depan laptop, lalu minta mereka untuk menaruh bola salju di sendok dan mengingitkan di mulut. Setelah itu, instruksikan kepada anak bahwa bola salju yang digigit di sendok jangan sampai jatuh saat hendak berjalan sampai di garis finish yaitu tepat di depan layar. Kemudian mereka harus kembali dengan kondisi bola salju masih tetap ada di sendok dan tidak terjatuh. 

Setiap anak yang gagal atau kejatuhan bola salju di tengah jalan harus mengulang perjalanan dari awal.

Duh, membayangkan anak-anak memainkan permainan ini pasti seru!

 

Baca Juga: 5 Snack Ini Biasanya Selalu Ada Dalam Tradisi Natal Anak

 

3. Membungkus kado Natal

Untuk mengasah kreativitas anak, guru sekolah minggu juga bisa membuat permainan membungkus kado Natal.

Minta orangtua anak menyediakan beberapa peralatan pembungkus kado. Setelah itu, berikan anak tenggat waktu untuk menyelesaikan karya mereka. Setelah itu minta mereka menunjukkan hasilnya di depan layar zoom dan mulailah menilai hasil kerja mereka.

4. Memburu Harta Karun

Permainan ini sangat cocok untuk anak-anak berusia 6-9 tahun. Permainan memburu harta karun bisa dilakukan dengan meminta anak untuk mencari sebuah benda yang sudah ditaruh di suatu tempat. Setelah itu minta mereka untuk menemukan benda-benda tersebut.

Bendanya bisa berupa apa saja, entah itu permen, boneka santa, bola salju atau pesan kertas yang sebelumnya sudah dikirimkan guru sekolah minggu kepada para orangtua.

Sembunyikanlah harta karun di tempat yang bisa dijangkau oleh anak. Sehingga mereka bisa lebih bersemangat untuk mencarinya.

5. Lomba Mengarang Puisi

Tentu saja lomba ini hanya berlaku bagi anak berusia 7 tahun ke atas. Nah, sebelum meminta mereka mengarang sebuah puisi tentang Natal. Mulailah ibadah dengan permainan mengarang puisi secara spontan. Mintalah anak untuk melengkapi sebuah kalimat dengan pilihan kata mereka sendiri. 

 

Baca Juga: Gak Bisa Kemana-mana, Seru-seruin Natal Bareng Keluarga Dengan Cara Ini Yuk

 

Pertama, lontarkanlah satu kata ke anak. Misalnya, Natal. Lalu mintalah satu anak sesuai gilirannya untuk melengkapi kata itu. Seperti Natal tahun ini….dan anak berikutnya harus melengkapi dengan satu kata pilihannya. Mainkan permainan ini sampai setiap kata membentuk sebuah kalimat bermakna.

Nah, buat guru sekolah minggu yang masih bingung merayakan Natal secara online sangat bisa mencoba lima permainan seru ini.

Jangan lupa untuk tetap kreatif ya. 

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami