Kurangi Beban Keuangan Sandwich Generation Dengan Lakukan 3 Langkah Ini

Kurangi Beban Keuangan Sandwich Generation Dengan Lakukan 3 Langkah Ini

Lori Official Writer
365

Sandwich generation adalah istilah baru bagi mereka yang harus bekerja demi menanggung kebutuhan orangtua, saudara maupun anak-anak mereka yang sudah dewasa. Biasanya mereka adalah generasi berusia 25-an tahun ke atas. 

Hal inilah yang membuat sandwich generation menjadi sulit untuk mengalokasikan pendapatannya untuk tabungan masa depan maupun untuk kesenangannya sendiri.

Seperti beberapa waktu lalu, seorang pengguna Twitter berbagi kisahnya sebagai seorang sandwich generation, dimana gaji setiap bulan yang dia terima harus dialokasikan untuk kebutuhan orangtua dan pendidikan adik-adiknya. Beban tanggungan inipun membuatnya harus mengirit untuk diri sendiri, bahkan untuk tabungan sama sekali tak pernah tersisa. 

Ada banyak dari kita yang mungkin mengalami kondisi serupa. Kita harus bertanggung jawab sebagai pencari nafkah atau pengasuh bagi keluarga. Sehingga kadang-kadang mulai berpikir kapan kondisi itu akan berakhir supaya kita bisa fokus menikmati hidup untuk diri sendiri.

 

Baca Juga: Curhatan Dari Generasi Sandwich Yang Uangnya Selalu Kurang, Kamu Ngerasain Juga Nggak?

 

Jika kamu adalah salah satu sandwich generation yang merasakan hal ini, ada 3 tips yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi beban keuanganmu.

1. Buat Rencana Jangka Panjang

Saat naik pesawat, kita bisa melihat bagaimana seorang pramugari menginstruksikan para penumpangnya untuk memakai masker oksigen untuk diri sendiri lebih dulu sebelum menolong orang lain. Hal ini berlaku dalam urusan keluarga. Sebelum menolong orangtua dan anak-anakmu yang sudah dewasa, periksalah lebih dulu kondisimu. 

Ini adalah langkah yang direkomendasikan supaya beban yang ditanggung para sandwich generation sedikit berkurang. 

Jadi, mulailah membuat rencana jangka panjang dalam hal keuangan. Misalnya dengan membuat asuransi jiwa dan dana pensiun untuk diri sendiri. Pastikanlah untuk menjamin keamanan dirimu lebih dulu sendiri baru mulai memikirkan orangtua, saudara dan anak yang ditanggung.

2. Cari Tambahan Pendapatan

Kebanyakan kaum sandwich generation mengalami kasus yang sama. Dimana mereka hanya bisa mendapatkan sedikit sisa hasil pendapatan mereka, bahkan sama sekali tidak ada, untuk diri sendiri. 

Karena itu, penting untuk memiliki pendapatan tambahan di samping gaji bulanan. Pilihan pendapatan sampingan ini pun cukup banyak. Seperti misalnya jualan, bekerja freelance atau membantu usaha orang lain dengan skill yang kamu punya.

 

Baca Juga: Biar Anak Nggak Jadi Generasi Sandwich, Ini 3 Pentingnya Persiapkan Dana Pensiun Dini!

 

3. Jangan Lupakan Mimpimu

Beban tanggungan atas keluarga bisa saja jadi alasan terbesar bagimu untuk mempertahankan pekerjaan saat ini. Walaupun sebenarnya kamu tidak terlalu tertarik melakukannya. 

Seberat apapun beban tersebut, jangan pernah melupakan mimpimu. Bangunlah kembali mimpimu dengan bekerja sedikit lebih keras lagi. Lakukan sesuatu yang kamu sukai. Jangan pernah mengubur mimpimu. 

Sesulit apapun menjadi sandwich generation, kita patut mengapresiasi bahwa sebagai anak maupun orangtua, mereka adalah para pejuang keluarga. Yang dengan rela mau melepaskan kesenangannya sendiri demi memenuhi kebutuhan orang yang mereka kasihi. Jadi berbangga dirilah sebagai bagian dari sandwich generation karena apa yang kamu hadapi diizinkan terjadi untuk membentukmu menjadi pribadi yang lebih kuat.

 


 

 

Anda butuh didoakan langsung? Klik link di bawah ini untuk terhubung dengan Tim doa kami: http://bit.ly/InginDidoakan. Anda butuh konseling? Klik link di bawah ini untuk konseling: http://bit.ly/inginKonseling.

 

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami