Kunci Hidup Bahagia

Kunci Hidup Bahagia

Claudia Jessica Official Writer
      1031

Mazmur 28: 7

“TUHAN adalah kekuatanku dan perisaiku; kepada-Nya hatiku percaya. Aku tertolong sebab itu beria-ria hatiku, dan dengan nyanyianku aku bersyukur kepada-Nya.”

 

Bacaan Alkitab setahun: Mazmur 146; Wahyu 2; Zakharia 13-14

Banyak hal yang harus kita syukuri dalam hidup ini setiap harinya. Tetapi terkadang kenyataan tuntutan hidup, perjuangan, dan kekhawatiran memberi lebih banyak ruang untuk kalah dari rasa syukur. Atau kita lupa, di tengah kesibukan dan tekanan yang kita hadapi, kita perlu menundanya sebentar untuk bersyukur atas semua hal yang telah dilakukan oleh Tuhan lalu melanjutkan kembali kehidupan kita.

Terkadang perlu pengorbanan untuk memberikan pujian dan mengucap syukur. Kita mungkin tidak menyukainya. Kita sedang berjuang. Kita lelah. Atau mungkin, kita merasa Tuhan telah mengecewakan kita.

Kita berpikir bahwa Tuhan tampak jauh, Dia seperti berada di tempat yang sangat jauh dan tidak peduli dengan apa yang mengganggu kita.

Tapi inilah yang membuat kita memiliki perbedaan. Kita punya pilihan setiap hari untuk berterima kasih pada-Nya. Dengan hati yang penuh syukur, kita menyadari bahwa apapun yang kita hadapi, Tuhan tidak hanya bekerja untuk mengubah situasi dan membantu kita melalui masalah ini, tetapi Dia melakukan lebih banyak hal.

Dia mengubah hati kita. Kuasa-Nya, melalui hati yang penuh syukur dan pikiran yang terfokus pada-Nya, melepaskan cengkraman pergumulan kita. Kita dikuatkan oleh damai sejahtera-Nya, diisi oleh sukacita-Nya.

Tidak peduli seperti situasi kita saat ini, atau pergumulan yang kita hadapi, inilah hal yang perlu dilakukan untuk dapat memilih bersyukur:

- Mengalihakan pandangan kita dari diri kita sendiri, dan mengarahkan fokus kita pada Tuhan.

 

- Kita tidak memegang kendali, tetapi kita melayani Tuhan yang penuh kuasa. Hal ini membuat kita tetap berada pada kerendahan hati dan ketergantungan pada-Nya, karena kita menyadari betapa kita membutuhkan-Nya.

- Ini membantu kita untuk menyadari bahwa kita memiliki begitu banyak hal untuk disyukuri, bahkan untuk semua hal kecil yang seringkali kita lupakan untuk berterima kasih kepada-Nya. Ini mengalihkan perhatian kita dari masalah kita dan sebaliknya, membantu kita untuk merenungkan kebaikan dari banyak berkat yang diberikan-Nya.

- Ini mengingatkan kita bahwa Tuhan adalah pemberi semua pemberian yang baik. Kita tidak pernah dimaksudkan untuk menjadi mandiri sepenuhnya dalam kehidupan ini. Hati yang bersyukur mengingatkan kita bahwa pada akhirnya Tuhan dalah penyedia kita, bahwa semua berkat dan anugerah diberikan dengan murah hati kepada kita melalui tangan-Nya.

Berikut adalah beberapa kebenaran lagi yang perlu diingat tentang rasa syukur:

- Hati yang bersyukur tidak menyisakan ruang untuk mengeluh. Karena tidak mungkin kita bisa benar-benar bersykur apabila hati kita dipenuhi dengan hal-hal negative dan tidak tahu berterima kasih pada saat yang bersamaan.

- Ini membuat musuh pergi. Kekuatan kegelapan tidak tahan berada di sekitar hati yang mengucap syukur dan menghormati Tuhan. Pujian dan ucapan syukur kita akan membuat mereka lari.

- Ini membuka pintu untuk berkat yang berkelanjutan. Ini mengundang hadirat-Nya. Tuhan senang memberikan hadiah yang baik untuk anak-anakNya. Dia senang dengan rasa syukur kita dan mencurahkan Roh-Nya dan kebaikan atas mereka yang memberikan hormat dan syukur kepada-Nya.

Mungkin saat ini kamu sedang berada di tempat yang sulit. Mungkin kamu merasa Tuhan telah meninggalkanmu sendiri, membela diri sendiri, atau perjuangan yang tampaknya terlalu sulit. Mungkin tidak pernah ada cukup uang yang tersisa di akhir bulan dan kamu tidak tahu bagaimana membuat semuanya berjalan lancar.

Tidak peduli apapun, yakinlah bahwa Tuhan menyertaimu dan Dia peduli terhadap-Mu. Pilih hati yang bersyukur. Buatlah semua daftar yang telah Tuhan berkati dalam kehidupanmu yang terkadang berkat itu datang begitu saja.

Percayalah bahwa Dia tahu apa yang sedang kamu perhatikan dan kerjakan saat ini untuk membawamu melewati musin yang tidak pasti ini. Berterima kasih kepada-Nya karena telah menyediakan semua yang kamu butuhkan.

Anda butuh didoakan langsung? Klik link dibawah ini untuk terbubung dengan Tim doa kami http://bit.ly/InginDidoakan

 

Anda butuh konseling? Klik link dibawah ini untuk konseling. http://bit.ly/inginKonseling

Disadurkan dari crosswalk.com

Ikuti Kami