Keterampilan Ini Tidak Bisa Kamu Dapatkan Di Sekolah Tapi Sangat Bermanfaat di Masa Depan

Keterampilan Ini Tidak Bisa Kamu Dapatkan Di Sekolah Tapi Sangat Bermanfaat di Masa Depan

Claudia Jessica Official Writer
494

Soft skill memang tidak dipelajari di sekolah, tapi bukan berarti soft skill tidak penting. Sebelumnya, apa kamu sudah tahu perbedaan soft skill dan hard skilli? Jika belum, kamu bisa baca di: Hard Skill Aja Gak Cukup, Asah Soft Skillmu Dari Sekarang Agar Siap Menghadapi DuniaKerja.

Keterampilan soft skill tidak bisa dipelajadi dengan belajar formal seperti ketika kita belajar hard skill. Soft skill dapat kita pelajari melalui kegiatan informal yang berguna dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Jadi, giat belajar aja tidak cukup! Kamu perlu mecari pengalaman di luar seperti berorganisasi atau bersosialisasi. Nah apa sih soft skill yang ga bisa kita pelajari secara formal, tapi sangat berguna untuk masa depan?

1. Menjadi pendengar yang baik. Mendengarkan orang lain dengan baik dan membuat mereka nyaman dapat menumbuhkan rasa percaya terhadap dirimu. Dari sini kamu bisa belajar dari pengalaman mereka sekaligus membangun relasi.

2. Bisa dikritik. Jangan langsung marah ketika dikritik. Kritik yang kamu dapat bisa berguna sebagai evaluasi untuk mengembangkan diri menjadi baik.

3. Adaptif. Kemampuan menyesuaikan diri dengan lingkungan secara cepat membuat kamu lebih mudah untuk survive dan nggak gampang ‘tenggelam’ dalam kedinamisan.

4. Asertif ketika dibutuhkan. Asertif, kemampuan untuk mengkomunikasikan apa yang diinginkan dan dipikirkan kepada orang lain namun tetap menjaga dan menghargai perasaan pihak lain. Sifat ini nggak dimiliki oleh semua orang, tapi setidaknya kamu harus berusaha membiasakan diri untuk mengkomunikasikan apa yang kamu inginkan, rasakan dan pikirkan kepada orang lain. Pastinya dengan mempertimbangkan perasaan orang lain juga.

5. Fokus. Bagi kamu generasi milenial yang dikenal memiliki short-attention span, akan lebih bagus jika kamu bisa fokus untuk melakukan satu kegitan tertentu.

6. Teamwork yang baik. Hampir tidak ada pekerjaan yang dapat kita selesaikan sendiri. Maka kamu harus bisa menjadi bagian dari team yang baik untuk bisa berjalan beriringan dengan timmu dan memiliki toleransi dan solidaritas yang baik.

7. Well-mannered. Tata krama adalah harga mati bagi kamu yang ingin sukses.

8. Bisa menyelesaikan konflik. Amsal 27:17 mengatakan “Besi menajamkan besi, orang menajamkan sesamanya.” Artinya, pergesekan dapat terjadi kapan pun dan dimana pun. Sehingga dibutuhkan orang-orang berkepala dingin untuk dapat menengasihi dan menyelesaikan masalah dengan adil.

9. Mengelola stress. Terdengar berat. Namun, kamu tidak akan bisa mencapai kesuksesan jika tidak bisa mengatasi rasa stress yang kamu alami. Semakin tinggi kamu meraih sesuatu, makin besar juga risiko yang harus ditanggung, saat itulah stress dan kecemasan datang.

10. Senang melayani orang lain. Senang melayani yang dimaksud adalah kamu bersedia untuk membantu orang lain tanpa rasa pamrih.


Baca juga: Cuma Nganggur Aja di Rumah? Pakai Waktumu Kembangkan Diri Dengan 4 Soft Skill Ini Yuk...

7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Lejitkan Karir

10 Soft Skill Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha 


11. Mampu membuat keputusan dengan cepat. Membuat keputusan tentu bukanlah hal yang mudah. Apa lagi jika harus membuat keputusan besar dengan cepat dan tepat. Ketika kamu harus melakukan hal ini, mintalah rahmat dari Tuhan seperti yang dikatakan oleh Amsal 2:6 “Karena TUHANlah yang memberikan hikmat, dari mulut-Nya datang pengetahuan dan kepandaian.”

12. Mau belajar hal baru. Kita tidak akan pernah berhenti belajar. Jika kita berhenti belajar, maka kita berhenti berkembang.

13. Mampu berpikir kreatif. Ini adalah kunci utama untuk dapat membiasakan diri untuk berpikir kritis. Ada begitu banyak permasalahan yang terjadi yang tidak bisa diselesaikan dengan hanya membaca buku sehingga dibutuhkan kemapuan untuk berpikir secara out of the box.

14. Persuasif. Jika kamu mampu berkomunikasi dengan efektif, maka kamu bisa menarik perhatian orang-orang. Kemudia, kika kamu mampu berkomunikasi persuasif, kamu dapat mendapatkan perhatian dengan lebih mudah.

15. Inovatif. Kreatif saja nggak cukup. Kamu harus bisa berpikir melalui sudut pandang orang lain dalam perspektif kamu untuk bisa memberikan solusi yang tepat.

Itulah 15 soft skill yang tidak kita pelajari di sekolah namun sangat bermanfaat dalam dunia kerja. Kamu bisa mendapatkan kemampuan tersebut dengan terlibat dalam organinasi atau komunitas.

Pengkhotbah 2:24 “Tak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada makan dan minum dan bersenang-senang dalam jerih payahnya. Aku menyadari bahwa ini pun dari tangan Allah.”

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami