7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Lejitkan Karir
Sumber: solusiibuattack.com

Career / 24 June 2015

Kalangan Sendiri

7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Lejitkan Karir

Lori Official Writer
19439
<!-- endif]-->

Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skill saja tetapi juga dilengkapi dengan beragam soft skill. Universitas Harvard AS pernah mengadakan penelitian (2002), ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) tetapi juga harus dilengkapi dengan kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill).

Soft skill merupakan kemampuan di luar dari kemampuan akademis. Sering tidak diperhitungkan, tetapi menentukan keberhasilan seseorang dalam hidupnya. Untuk itu Anda patut memiliki beberapa kemampuan ini untuk mendukung kesuksesan Anda dalam berkarir.

1.Kemampuan berkomunikasi

Bukan berarti Anda harus berubah menjadi orator atau penulis handal. Anda hanya perlu mengekspresikan diri dengan baik. Apakah itu menulis memo yang bermutu, mampu mempengaruhi orang lain lewat presentasi atau mampu membuat banyak orang terperanjak dengan perkataan sederhana yang Anda ucapkan sembari duduk santai.

2. Kemampuan bekerja dalam tim

Setiap pemimpin berharap agar anggotanya bisa bekerja sama yang baik dalam tim. Sehingga proses pengerjaan bisa dalam selesai dengan maksimal. Bekerja dalam tim, artinya Anda bisa saja kadang kala menjadi pemimpin, dan kadang kala menjadi pengikut saja, memantau kemajuan, memenuhi tenggat waktu untuk mengerjakan target yang ditentukan, kata Lynne Sarikas, Direktur Pusat MBA Career di Northeastern University.

3. Mampu beradaptasi

Hal yang juga tak kalah penting untuk dimiliki adalah kemampuan untuk bisa beradaptasi. “Untuk berhasil dalam kebanyakan organisasi, Anda harus memiliki gairah untuk belajar dan keinginan untuk terus bertumbuh dan meregangkan kemampuan Anda untuk beradptasi dengan perubahan kebutuhan sebuah organisasi,” ucap Sarikas. “Di resume, surat lamaran dan wawancara jelaskan dan tunjukkan bahwa Anda adalah seorang yang mau belajar dan bertumbuh sepanjang karir yang akan Anda geluti,” tambahnya.

4. Pemberi solusi

  Bersiaplah menjadi pribadi yang mampu menjadi solve problem atau pemecah masalah. Anda patut memiliki benih pemikiran yang membawa Anda untuk tampil menjadi figur yang selalu dicari untuk memberi solusi terhadap sebuah masalah di tengah pekerjaan. Pikirkan bagaimana Anda bisa ikut berpartisipasi dalam membahas sebuah persoalan dan mampu menjelaskan, menganalisis dan menyimpulkan hasil diskusi dengan bijaksana.

5 Pengamat kritis  

Tak cukup hanya sekedar mengumpulkan data. Anda juga harus mampu menganalisis dan menafsirkannya. Saat pimpinan Anda meminta untuk mengerjakan sesuatu, maka jangan hanya bertujuan untuk menyelesaikan pekerjaan itu dengan cepat, tetapi pahami dan ketahui lebih banyak soal pekerjaan itu. Sehingga saat pemimpin Anda menanyakan tentang hal yang dia tidak sebutkan sebelumnya, Anda sudah memiliki data dan informasi lebih soal hal itu.

6. Kemampuan untuk bernegosiasi

Kemampuan ini mungkin akan timbul seiring Anda memiliki kemampuan berkomunikasi yang mumpuni. Dalam artian, Anda bisa mengembangkan hubungan yang saling menguntungkan yang menyangkut masalah pekerjaan dengan orang lain. Kemahiran bernegosiasi dapat menjadi alat bagi Anda untuk membujuk dan mempengaruhi orang lain.

7. Manajemen waktu

“Tujuan tanpa rencana hanya sebuah keinginan,” ungkap Antoine de Saint-Exupery. Manajemen waktu yang baik berarti telah memiliki pengaturan waktu yang terorganisir sepanjang harinya untuk melakukan hal-hal yang produktif, seperti mengerjakan pekerjaan tepat waktu dan mengambil kesempatan sesempit apapun untuk membangun diri.

 Apakah Anda sudah memiliki beberapa poin dari daftar soft skill di atas? Mulailah melatih diri menjadi pribadi yang akan diperhitungkan di tempat kerja Anda, sehingga bukan tak mungkin kemampuan itu akan mmebawa Anda melejitkan karir hingga ke puncak.


Anda diberkati dengan artikel ini, yuk share artikel ini di Facebook-mu dan ajak teman-temanmu untuk re-share link artikelnya. Semakin banyak yang re-share, semakin keren hadiahnya. Keterangan lebih lanjut, KLIK DI SINI

Sumber : Career-advice.monster.com/ls
Halaman :
1

Hot Topics

  1. Hari Valentine
  2. Makna Kasih
  3. Ayat Alkitab
  4. Tokoh Alkitab yang Paling Taat
  5. Devotional

Related Articles

Ikuti Kami