10 Soft Skill Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha

Entrepreneurship / 20 June 2015

Kalangan Sendiri

10 Soft Skill Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha

Puji Astuti Official Writer
16635

Untuk mencapai keberhasilan Anda membutuhkan keahlian, terlebih jika Anda seorang pengusaha. Namun setiap usaha mencapai keahlian tertentu dibutuhkan kerja keras, waktu dan juga kegigihan. Beberapa keahlian bahkan membuat Anda harus berinvestasi cukup mahal, namun pastinya akan sangat berarti.

Dalam dunia kerja dan usaha, bukan hanya hard skill atau keahlian secara akademis saja yang penting namun juga soft skill atau keahlian emosi dan kepribadian. Berikut ini adalah 10 soft skill yang harus dikuasai untuk bisa sukses seperti yang dirilis laman Entrepreneur.com  :

1. Time management

Waktu adalah mata uang dalam kehidupan yang terbatas. Jika seseorang tidak menggunakannya sebaik mungkin, maka penyesalan akan sia-sia belaka. Untuk itu seorang penguasa harus memiliki keahlian dalam pengaturan waktu sehingga ia bisa bekerja secara efektif dan efesien. Dengan demikian diharapkan keberhasilannya dalam dunia usaha diikuti juga dengan kesuksesan dalam rumah tangga maupun kepuasan secara pribadi dan spiritual.

Hal ini bisa dimulai dengan membiasakan diri untuk membuat jadwal apa yang akan Anda kerjakan. Kesulitannya adalah pada bagaimana Anda merancang hari yang Anda jalani dan menentukan prioritas. Selanjutnya yang terpenting adalah bagaimana Anda bisa menjalani jadwal tersebut.

2. Memiliki empati

Salah satu tanda akhir jaman yang pernah diungkapkan Yesus adalah "kasih kebanyakan orang akan menjadi dingin." Mereka yang kasihnya menjadi dingin membuat bisnis yang dijalani tidak sehat karena fokusnya hanya mencari keuntungan diri sendiri saja, yang seringkali mengorbankan kepentingan konsumen atau klien.

Jika Anda ingin berbisnis dengan cara yang benar maka Anda harus memiliki empati. Anda harus memiliki keahlian untuk merasakan apa yang orang lain rasakan, baik mereka patner Anda, atasan atau bawahan Anda, konsumen atau bahkan calon konsumen Anda.

3. Menguasai waktu tidur Anda

Banyak para pengusaha bekerja terlalu keras sehingga mengabaikan waktu istirahat mereka, namun hal tersebut tidak sehat. Tanpa istirahat yang cukup, tubuh Anda tidak dapat mencapai kinerja yang baik dan membuat pikiran Anda tidak bisa bekerja dengan cermat. Jadi jangan bekerja hingga larut malam, namun kembali kepada elemen pertama, buatlah time management yang baik.

4. Pikiran dan perkataan internal yang positif

"Pada akhirnya tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang Anda," tulis Shobhit Singhal, "tapi apa yang Anda pikirkan tentang diri Anda tentu tidak, dan dibutuhkan waktu untuk membangun tingkat kepercayaan dan kemampuan untuk percaya pada diri sendiri ketika tidak seorang yang mempercayai Anda."

Bahayanya pikiran dan perkataan negatif kepada diri sendiri menurut Betsy Myers, pendiri The Center for Women and Business di Bentley University adalah bisa menghancurkan rasa percaya diri seseorang.

5. Konsistensi

Apapun yang Anda kerjakan, menurut Khaleel Syed menuliskan bahwa konsistensi penting untuk mencapai dan menjaga keberhasilan. Banyak orang berhenti bekerja keras ketika ia sudah mencapai puncak kesuksesan, namun jika seseorang ingin tetap berada di puncak, maka orang itu harus bekerja lebih keras dan bekerja secara konsisten.

6. Meminta pertolongan

Salah satu keahlian yang sulit dipelajari dan dikuasai adalah kerendahan hati dan mengakui bahwa Anda butuh pertolongan orang lain. Hal ini karena tidak seorang pun ingin dilihat sebagai seorang yang lemah dan tidak berkompeten. Namun menurut penelitian terbaru yang dirilis oleh Harvard Business School, meminta tolong tidak membuat orang dilihat lebih atau kurang berkompeten. Bahkan menurut penulis penelitian tersebut orang yang meminta nasihat orang lain, membuat Anda mengakui kepandaian atau pengalaman orang itu, sehingga Anda mendapatkan rasa percaya dari orang tersebut.

7. Tahu kapan harus diam

Biasanya orang yang sedang marah, kecewa, gundah atau jengkel secara tidak sengaja mengucapkan hal-hal yang kemudian akan disesalinya.  Jadi menguasai lidah Anda saat-saat kondisi tidak menyenangkan adalah keahlian yang penting, karena Anda bisa menyelamatkan hubungan dengan klien potensial atau rekan kerja Anda.

8. Mendengar

Selain diam, keahlian selanjutnya yang mengikuti hal itu adalah mendengarkan. Hal ini butuh pengendalian diri yang besar, karena sebagai manusia kita lebih suka didengarkan dari pada menjadi pendengar. Namun dengan jadi pendengar yang baik, Anda bisa mendapatkan ide apa yang menjadi kebutuhan orang tersebut, dan mungkin saja dari sana Anda bisa menawarkan jasa atau produk Anda yang menjadi solusi bagi permasalahannya.

Salah satu cara untuk melatih kemampuan mendengar dengan baik adalah mengulangi apa yang Anda dengar kepada orang tersebut. Contohnya saat orang itu menceritakan tentang pekerjaannya, Anda bisa mengulangi kembali fakta yang ia ungkapkan.

9. Tidak mencampuri urusan orang lain

Mengurusi urusan dan pekerjaan orang lain tidak akan membuat Anda mencapai kesuksesan, sebab kunci keberhasilan adalah fokus pada target dan pekerjaan Anda.

10. Menguasai pikiran

Banyak orang dibatasi oleh pengalaman masa lalu, hal itu membuat orang tersebut kehilangan keberanian untuk mencoba sesuatu yang baru. Untuk itu sangat penting menguasai pikiran kita, sehingga masa depan kita tidak dikendalikan apa yang terjadi di masa lalu. Belajarlah dari kegagalan kita, namun jangan ijinkan kegagalan itu membuat Anda merasa trauma.

Inti dari 10 softskill di atas adalah bagaimaka kita melatih tubuh dan pikiran kita untuk fokus kepada target atau apa yang ingin kita raih, seperti Rasul Paulus yang melatih tubuhnya dan menguasai seluruhnya sehingga ia berhasil dalam misinya (1 Korintus 9:27). Bagaimana dengan Anda, sudahkan Anda melatih dan menguasai tubuh serta pikiran Anda?

Sumber : Entrepreneurs.com | Jawaban.com | Puji Astuti
Halaman :
1

Ikuti Kami