Hard Skill Aja Gak Cukup, Asah Soft Skillmu Dari Sekarang Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Hard Skill Aja Gak Cukup, Asah Soft Skillmu Dari Sekarang Agar Siap Menghadapi Dunia Kerja

Claudia Jessica Official Writer
517

Mengapa kita perlu meningkatkan soft skill? Apakah hard skill saja tidak bisa menopang kita dalam pekerjaan? Dalam dunia kerja, kita akan dihadapkan dengan begitu banyak hal yang tidak cukup untuk diatasi hanya dengan hard skill.

Sebelumnya, apakan kamu tahu perbedaan soft skill dan hard skill? Hard skill pada dasarnya adalah kemampuan spesifik yang berhubungan dengan pekerjaan, mencakup ilmu pengetahuan, keterampilan teknis, dan teknologi.

Sedangkan soft skill adalah keahlian yang mendukung hard skill, seperti kepribadian, atribut personal, hingga kemampuan komunikasi.

Jika hard skill adalah sesuatu yang bisa didapatkan dengan dipelajari, soft skill adalah atribut ‘bawaan’ kita sebagai individu. Tapi bukan soft skill tidak bisa dilatih.

Karena soft skill ini sama pentingnya dengan hard skill, kita perlu mengasahnya dengan cara berikut ini:

1. Ikut Kursus

Mengikuti kursus pengembangan kepemimpinan dan manajemen bisa mengasah banyak soft skil yang kamu miliki seperti komunikasi, cara memecahkan masalah, berpikir dengan kritis hingga berbicara di depan umum.

Mengikuti program pelatihan dan pengembangan diri juga cukup efektif untuk meningkatkan kesadaran diri dan meningkatkan kemampuan komunikasi.

Baca juga: 

Yuk Belajar Public Speaking, Agar Selepas Wabah Corona Karirmu Bisa Berkembang

2. Memiliki Mentor

Seseorang yang sudah berpengalaman atau mentor, bisa memberikan perspektif baru untuk kamu. Mereka juga dapat memberikanmu bimbingan dalam jangka pendek maupun panjang.

Selain itu, seorang yang bisa menilai dengan objektif dan jujur tentang soft skill yang kamu miliki dan bagaimana cara mengasahnya. Mereka juga bisa menilai apa kelemahan dan kekuatanmu serta memberikan saran tentang apa yang harus kalian lakukan.

3. Menjadi Relawan

Meluangkan waktu untuk menjadi volunteer/relawan bisa menjadi alternative untuk mengasah soft skill yang tidak bisa kamu dapatkan di tempat kamu. Ada begitu banyak kegiatan volunteer yang bisa dilakukan seperti, Taman Baca Masyarakat (TBM) yang di sekitar tempat tinggal kamu.

Disana kamu bisa membagikan ilmu dengan anak-anak di taman baca sembari mempraktekkan keahlian yang kamu miliki.

Bersama dengan volunteer lainnya, kamu bisa berbagi dan mengasah soft skill seperti kerjasama tim, rasa percaya diri, kesabaran, komunikasi dan empati.

Selain berbuat baik, ada begitu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menjadi volunteer ya?

4. Banyak Berdiskusi

Berdikusi dengan orang lain sama dengan kita menyerap ilmu dari orang tersebut hingga akhirnya kita juga membangun soft skill kita sendiri.

Jika kita merasa kurang baik dalam berkomunikasi, maka berdiskusilah dengan mereka yang memiliki soft skill tinggi dalam bidang komunikasi. Serap ilmu yang mereka ajarkan dan kembangkan menjadi soft skill kita sendiri.

Baca juga:

10 Soft Skill Penting Yang Harus Dikuasai Pengusaha

7 Soft Skill yang Harus Dimiliki Untuk Lejitkan Karir

5. Membaca dan Menonton Video Mengenai Soft Skill

Seiring dengan kesadaran banyak orang akan pentingnya soft skill, hal ini juga membuat banyak orang berinisiatif untuk membagikan ilmu yang mereka miliki mengenai soft skill melalui tulisan atau bahkan video kreatif.

Ada begitu banyak buku yang bisa kita baca untuk menambah wawasan. Namun, jika kamu tidak begitu suka membaca, ada juga video-video lain yang dapat kamu temukan di media online mengenai pengembangan soft skill.

Tidak hanya bermafaat dalam dunia pekerjaan, soft skill juga bisa membuat kamu lebih peka terhadap lingkungan sekitar.

Sumber : berbagai sumber | jawaban.com

Ikuti Kami