Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 1)

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 1)

Claudia Jessica Official Writer
693

Orang tua mana yang tidak senang jika memiliki anak berbakat? Semua anak memiliki bakat yang berbeda dan mampu suskes di masa depan jika mereka dapat menyalurkan dan mengembangkan bakatnya dengan maksimal.

Bakat didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki yang bersumber dari dalam dirinya sendiri atau bahkan diturunkan dari orang tuanya.

Umumnya bakat anak mulai terlihat ketika memasuki usia 10 tahun. Pada fase ini biasanya anak sudah mengeksplorasi berbagai macam hal. Jika bakat seorang anak bisa ditemukan dan mendapatkan dukungan dari lingkungan sekitar untuk semakin dikembangkan maka ia akan menjadi anak berbakat.

1. Pelajari tentang bakat

Sebelum mencari tahu apa bakat yang dimiliki anak, penting bagi orang tua untuk mempelajari mengenai bakar sehingga tidak terjadi kesalahpahaman atau keputusan yang kurang tepat nantinya.

Sebelum menindaklanjuti pencarian bakat anak, orang tua perlu mencari tahu apa saja yang berkaitan dengan bakat, minat dan kecerdasan. Kemudian apa yang dimaksud dengan bakat, jenis-jenis bakat dan cara menindaklanjuti bakat.

2. Perhatikan ketertarikannya sehari-hari

Setelah kamu memiliki cukup pengetahuan tentang bakat, mulai perhatikan aktivas anak, apa saja yang ia kerjakan dan apa saja yang menarik perhatiannya? Amati apa yang sering dilakukan, dimainkan ataupun yang dibicarakannya.

Hal-hal yang menarik minatnya sering kali menjadi tanda awal minat dan bakat anak terkait hal tersebut.

Baca juga:

Pengembangan Minat dan Bakat Anak, Apa Yang Perlu di Perhatikan?

Sulit Ajar Anak Dengarkan Suara Tuhan? Yuk Parents Pasti Bisa Lewat Cara Ini

Bukannya Membuat Anak Disiplin, Yang Kamu Lakukan Ini Justru Memanjakannya Lho

3. Perkenalkan anak dengan banyak keterampilan

Biarkan anak mengeksplorasi hal-hal yang ia sukai dalam berbagai hal. Perkenalkan mereka kepada banyak bidang dan biarkan mereka mencoba hal-hal baru.

Dengan begitu, dia akan mengenal banyak hal dan meningkatkan peluang untuk menemukan ketertarikannya. Bagaimana dia bisa menjadi programmer jika dia tidak pernah tahu apa itu coding?

4. Amati anak ketika sedang belajar keterampilan tertentu

Peran penting yang harus orang tua lakukan adalah mendukung anak-anaknya. Jika kamu bisa melakukan komunikasi dua arah dengan baik maka, anak juga pasti akan terbukan tentang apa yang menarik perhatiannya.

Setelah anak mengetahui keahlian atau minatnya, dia tidak akan segan untuk mengutarakan keinginannya. Namun, untuk mencapai hal ini dibutuhkan komuskasi yang baik seperti yang disebutkan sebelumnya.

5. Cermati keunggulannya pada hal tertentu

Jika anakmu tidak unggul dalam hal akademis dan tidak meraih prestasi apapun, jangan langsung menyimpulkan bahwa anakmu bodoh dan tidak berbakat. Ingatlah bahwa bakat itu sangat luas dan tidak semua anak berbakat dalam hal akademis.

Jangan berkecil hati karena mungkin saja bakat anakmu berhungan dengan hal-hal nonakademis. Jika benar begitu, maka tugasmu adalah menggali kembali apa yang menjadi keunggulannya. Mungkin ia memiliki suara yang indah atau unggul dalam membuat puisi atau bahkan memasak.

Nah jcer, itulah lima cara pertama mencari tahu bakat yang dimiliki anak. Kita akan membahas lima cara lainnya di artikel berikutnya ya.

Baca juga: Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 2)

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami