Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 2)

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 2)

Claudia Jessica Official Writer
737

Siapa yang tidak ingin memiliki anak yang sukses? Tentu saja tidak ada kan? Salah satu faktor anak untuk mencapai kesuksesannya adalah bakat.

Bakat pada anak biasa dapat dicari tahu ketika anak memasuki usia 10 tahun.

Sebelumnya kita telah membahas 5 poin pertama yang dapat kita lakukan untuk menemukan bakat anak. Kali ini kita akan membahas 5 poin lainnya.

Baca juga:

Bingung Apa Bakat yang Dimiliki Anakmu? Temukan Dengan 10 Cara Ini (Part 1)

6. Gali informasi aktivitas anak di luar rumah

Orang tua dan anak memiliki keinginan dan ketertarikan yang berbeda. Jika orang tua melihat anak baik dalam bidang tertentu, kamu harus pastikan apakah dia menyukainya juga atau tidak.

Biarkan anak fokus pada bidang yang mereka gemari. Kemudian ketika mereka sedang mendalami hal yang mereka senangi, jangan sekali-kali orang tua menyuruh anak untuk berpindah ke bidang yang lain. Nikmati setiap proses yang dilakukan si kecil.

7. Lakukan tes bakat anak

Salah satu tes yang dapat dilakukan untuk mengetahui bakat anak adalah tes bakat anak, bukan tes IQ. Tes IQ adalah tes yang dilakukan untuk menunjukkan kecerdasan secara umum. Sedangkan tes bakat dapat memberikan informasi terkait kecerdasan khusus.

8. Konsultasi dengan ahli

Mencaritahu bakat anak juga bisa dilakukan dengan menggunakan jasa konsultasi dengan ahli. Orang-orang yang memiliki keahlian di bidang ini adalah mereka yang memiliki pendidikan psikologi atau berpengalaman di bidang parenting dan pendidikan.

Baca juga: Sulit Ajar Anak Dengarkan Suara Tuhan? Yuk Parents Pasti Bisa Lewat Cara Ini…

9. Berikan anak kesempatan untuk mendalami suatu bidang secara serius

Semakin anak tumbuh dewasa, semakin mantap juga dia akan pilihannya. Jangan meragukannya atas apa yang dilakukannya. Akan ada masanya dimana mereka akan menujukkan keseriusannya untuk mendalami mendalami hal tertentu yang kemungkinan besar ia sudah menemukan bakatnya.

10. Tantang anak dengan sebuah proyek nyata

Cobalah tantang anak untuk menghasilkan karya nyata dalam sebuah proyek yang nyata. Contohnya, jika anak gemar memasak cobalah tantang dia untuk membuat makanan khasnya sendiri. Mulailah dari yang paling sederhana dan mudah.

Jika kamu telah menemukan bakat dan minat anak, yang bisa kamu lakukan adalah mendukung, mengarahkan dan mengawasi apa yang akan dilakukan untuk kedepannya.

Amsal 22:6 mengatakan “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Membekali anak untuk masa depannya bisa dimulai sedari mereka masih kecil. Tidak hanya pendidikan formal di sekolah yang harus diberikan pada anak. Akan lebih baik jika kamu sebagai orang tua dapat membantu anak menemukan bakatnya sejak dini.

Sumber : berbagai sumber

Ikuti Kami