Kamu Masih Pacaran Dengan ‘Main-main’ ? Coba Deh Baca 8 Hal Kenapa Pacaran Itu Penting

Kamu Masih Pacaran Dengan ‘Main-main’ ? Coba Deh Baca 8 Hal Kenapa Pacaran Itu Penting

Claudia Jessica Official Writer
1428

Di zaman sekarang, anak muda sudah gak malu-malu lagi untuk nunjukkin kalau dirinya tengah berada dalam status pacaran. Tapi gak sedikit juga dari mereka yang berpacaran hanya untuk mengangkat status, atau supaya diakui oleh teman-temannya.

Tapi disamping itu semua, pacaran itu memang penting. Selain untuk memberikan kita pengalaman, pacaran juga bisa membentuk karakter kita lho… Masih ada banyak lagi manfaat pacaran lainnya, ayo coba simak ya.

1. Pacaran itu menyenangkan

Pacaran bisa menjadi sumber kesenangan. Inilah tujuan pacaran itu sendiri karena pasangan ingin bersantai dan mengalami bentuk hiburan bersama.

Baca juga: Resolusi Cinta 2020 : Perbaiki Hubungan Tidak Sehat Dalam Pacaran!

2. Pacaran adalah bagian besar dalam proses sosialisasi

Berkencan juga merupakan proses membangun kepercayaan sosial, membantu orang mempelajari keterampilan sosial seperti sopan santun, perhatikan orang lain, kerja sama, dan interaksi.

3. Pacaran membantu perkembangan kepribadian

Manusia bergesekan untuk saling menajamkan. Karenanya, identitas pribadi dapat dikembangkan melalui hubungan dengan orang lain. Ketika pengalaman kencan berhasil, akan membantu membangun kepribadian kita.

Baca juga: Perjalanan Cinta Caesar Hito dan Felicya Angelista, 7 Tahun Pacaran dan Gak Pernah Ciuman

4. Kencan memungkinkan orang untuk menemukan perannya

Pria dan wanita, masing-masing memiliki peran yang berbeda. Untuk menemukan perannya, bukankah manusia harus belajar? Dalam proses belajar kita bisa saja gagal. Namun kita masih bisa kembali bangkit dan belajar kembali hingga sukses.

5.  Kencan melibatkan belajar tentang keintiman dan berfungsi sebagai kesempatan untuk membangun hubungan yang unik dan bermakna dengan seseorang dari lawan jenis

Tuhan menciptakan kita untuk saling membutuhkan dengan sesame manusia lainnya atau bisa dibilang, manusia adalah makhluk sosial. Dalam Kejadian 2:18 mengatakan “Tidak baik, kalau manusia itu seorang diri saja. Aku akan menjadikan penolong baginya, yang sepadan dengan dia.”

Seperti yang diperlihatkan oleh adam dan hawa, tidak peduli berapa banyak teman yang kita miliki, untuk memenuhi kebutuhan mendalam kita akan cinta dan kasih sayang, kita membutuhkan hubungan dekat dengan orang lain, terutama lawan jenis.

Baca juga: Wajarkah Jika Pacaran Itu Berantem? Ini Jawabannya dan Hal Yang Perlu Kamu Lakukan!

6. Kencan dapat memberikan persahabat melalui interaksi dan kegiatan bersama dengan lawan jenis

Salah satu hal yang sulit dihadapi oleh manusia adalah ketika mereka merasa kesepian. Seringkali, kesepian menyebabkan seseorang merasa tertekan, tidak sabar, bosan, depresiasi diri, dan putus asa karena mereka merasa panik dan tidak berdaya. Salah satu penghalang terbaik untuk kesepian adalah membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain.

7. Pacaran membantu menemukan pasangan yang tepat

Pacaran dapat kita katakan sebagai proses penyaringan. Penyaringan atas siapa yang kita anggap cook dan memenuhi syarat atau kriteria tertentu hingga akhirnya menemukan satu orang yang tepat dan menjadi pasangannya seumur hidup.

Baca juga: Pengen Nikah, Tapi Rasanya Belum Siap Padahal Kan Sudah Lama Pacaran. Simak Tips Ini Yuk!

8. Pacaran bisa membantu mempersiapkan pernikahan

Kencan dapat membantu pasangan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk pernikahan yang sukses. Misalnya, berkencan membantu mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang sikap dan perilaku masing-masing, cara bergaul, dan dapat meningkatkan kemampuanmu untuk berdiskusi dan menyelesaikan masalah relasional.

Jadi, kalau kamu merasa pacaran hanya untuk main-main, segeralah menahi mindset kamu ya. Jadikan masa pacaran ini sebagai masa pembelajaran kamu dan bekal di masa depan. Dia yang sama kamu sekarang bisa jadi pendamping hidupmu di masa depan lho..

Sumber : CBN

Ikuti Kami