Lori Mora

Official Writer
430


Makanan yang kita konsumsi sangat berkaitan dengan tingkat energi dan perubahan mood. Ada dua bukti ilmiah untuk mendukung hal ini dimana ditemukan bahwa perubahan pola makan bisa berdampak positif bagi tubuh, metabolisme otak dan peningkatan mood dan energi.

Makanan dan Energi Tubuh

Makanan bermanfaat untuk meningkatkan energi karena dari sanalah sumber kalori. Makanan bisa merangsang tubuh untuk melakukan pembakaran lebih efektif di dalam tubuh.

Beberapa makanan yang mengandung kafein juga menghasilkan energi. Tapi jenis makanan yang terbaik bagi tubuh adalah makanan yang mengandung kadar gula darah yang stabil dan mampu merangsang sekreasi zat secara positif. Jenis makanan inilah yang akan mempengaruhi suasana hati.

Beberapa pilihan makanan yang baik bagi energi dan mood adalah:

Karbohidrat

Salah satu sumber energi adalah karbohidrat.

Walaupun banyak orang yang menghindari karbohidrat karena alasan diet. Tapi karbohidrat memiliki manfaat penting bagi mood dan energi tubuh.

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar di dalam tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan kadar serotonin, zat kimia di dalam otak yang berguna untuk meningkatkan dan menstabilkan mood.

Tapi memang tidak semua jenis karbohidrat baik untuk mood. Seperti contoh permen yang bisa menyebabkan peningkatan dan penurunan mood yang sangat drastis. Kandungan gulanya bisa menyebabkan kelelahan dan mood yang buruk.

Gandum seperti roti gandum, beras merah dan sereal adalah jenis karbohidrat yang mengalami proses penyerapan yang lebih lama, mampu meningkatkan gula darah dan energi yang stabil.

Biji-bijian atau Kacang-kacangan

Selain karbohidrat, tubuh juga memerlukan kandungan magnesium yang bisa dipenuhi dengan beragam biji-bijian seperti kacang mete, almond dan hazelnut.

Saat kadar magnesium di dalam tubuh rendah, maka tubuh akan kekurangan energi. Kacang-kacangan adalah biji-bijian yang kaya akan magnesium yang baik bagi tubuh.

Sementara kacang brazil juga berguna untuk menjaga mood. Kandungannya setara dengan mineral yang terkandung dalam makanan laut, daging, dan biji-bijian lain. Tapi perlu diperhatikan bahwa mengkonsumsi acing brazil secara berlebihan justru sangat berbahaya bagi tubuh.

Daging

Asam amino tirosin dalam daging berfungsi meningkatkan zat kimia dalam otak dan meningkatkan kwaspadaan dan fokus. Daging tanpa lemak seperti babi, sapi, kalkun dan ayam tanpa kulit adalah sumber protein yang mengandung tirosin. Di dalam daging terkandung vitamin B12 yang berguna untuk meredakan depresi dan insomnia.

Ikan Salmon

Ikan berlemak seperti salmon sangat baik bagi kesehatan jantung. Karena kandungan omega-3 nya yang tinggi. Kandungan ini juga bisa mengurangi risiko depresi.

Selain ikan salmon, makanan yang tinggi omega-3 juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan sayuran hijau.


Baca Juga: 

Cuma Makan Tempe Selama di Rumah Aja? Jangan Bosan Manfaatnya Banyak Loh Buat Kesehatan

Resolusi Hidup Sehat Bakal Terjadi Jika Rajin Makan Makanan Sehat Ini


Sayuran Hijau

Kandunagn folat yang ditemukan dalam sayuran hijau bermanfaat mencegah depresi. Selain sayuran hijau sumber folat juga bisa didapatkan dari jeruk dan kacang-kacangan.

Serat

Banyak orang kekurangan serat dalam tubuh. Padahal serat sangat penting agi tubuh untuk menghasilkan energi tubuh. Adapun beberapa sumber serat diantaranya kacang-kacangan, biji-bijian, sayuran dan buah-buahan.

Buah-buahan Segar

Mengkosumsi buah-buahan segar jadi cara untuk tetap terhidrasi dan menjaga energi tubuh tetap tinggi. Buah-buahan dan sayuran segar mengandung kadar air yang tinggi sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti cemilan yang tidak sehat sepanjang hari.

Air

Pernahkah kamu menahan untuk tidak minum padahal kamu sudah merasa haus?

Bahkan saat tubuh terdehidrasi ringan pun bisa menyebabkan efek negatif pada kesehatan seperti penurunan metabolism dan energi. Karena itulah sangat penting untuk memenuhi cairan tubuh sepanjang hari karena air mineral bermanfaat untuk memompa oksigen ke dalam otak. Saat otak kekurangan oksigen, akan muncul rasa lelah dan pusing di kepala.

Supaya kondisi tubuh tetap fit sepanjang hari, hindarilah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang tidak baik. Karena hanya akan merusak mood dan kesehatan organ tubuh yang lain.

Selamat menjalani aktivitas selama masa-masa ini di rumah dengan sehat dan sukacita.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7254

advertise with us