Cuma Makan Tempe Selama di Rumah Aja? Jangan Bosan Manfaatnya Banyak Loh Buat Kesehatan

Cuma Makan Tempe Selama di Rumah Aja? Jangan Bosan Manfaatnya Banyak Loh Buat Kesehatan

Lori Official Writer
731

Apakah kamu udah mulai bosan makan tempe atau tahu saja selama masa-masa tinggal di rumah ini? Sebagian dari teman-temanku mengaku bosan dengan masakan sendiri karena keseringan hanya bisa masak tahu atau tempe di rumah.

Rasa bosan dengan satu jenis makanan tertentu emang wajar. Tapi kamu akan sangat bersyukur masih bisa mengkonsumsi makanan sehat seperti tempe atau tahu. Kamu mungkin hanya tahu kalau tempe salah satu sumber protein yang tinggi.

Tapi lebih dari itu, kamu perlu tahu manfaat besarnya bagi kesehatan.

Tempe adalah salah satu makanan tradisional Indonesia yang dibuat dengan cara fermentasi kedelai. Mengkonsumsi lebih banyak makanan berbahan kedelai sangat baik bagi kesehatan. Terutama untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti penyakit jantung dan kanker.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa makanan dari bahan kedelai umumnya rendah lemak jenuh, tidak mengandung kolesterol dan mengandung fitonutrien yang disebut isoflavon yang bersifat antikanker.

Secara tekstur tempe sendiri terbilang berbahan kering dan kenyal. Rasanya pun mirip dengan jamur. Tapi selain digoreng kering, tempe juga bisa dihidangkan dengan berbagai kombinasi bahan lain seperti dicampur dengan gandum atau kacang-kacangan yang lain.


Baca Juga: 

5 Jenis Makanan Unik dan Berbeda dari Olahan Tempe

Makanan Wong Ndeso, Sepiring Nasi Dan Tempe Ternyata Bisa Penuhi Kebutuhan Makan Kita, Lho


Bagi kamu yang sudah bosan dengan hidangan tempe yang begitu-begitu saja, kamu bisa mencoba beberapa resep yang bisa membuat tempe jauh lebih nikmat. Diantaranya bisa disajikan dengan dikukus, dipanggang atau diiris, dipotong dadu dan dihancurkan lalu dibuat menjadi gorengan. Atau kamu juga bisa menjadikannya sebagai tambahan untuk pasta atau saus spaghetti.

Kamu juga bisa menjadikan tempe sebagai burger nabati yaitu dengan mencampurkannya dengan kentang.

Sementara dibandingkan dengan tahu, tempe terbukti jauh lebih unggul dalam kandungan nutrisi. Karena tempe dikemas dengan kandungan protein dan serat dua kali lipat dari tahu.

Proses fermentasi tempe sendiri menghasilkan kandungan probiotik yang tinggi  yang berfungsi untuk meningkatkan penyerapan kalsium.

Selain itu, tempe juga mengandung lebih banyak kalsium, zat besi, kalium dan vitamin B daripada jenis makanan kedelai lainnya.

Yang paling menguntungkannya, tempe bisa kamu jadikan sebagai bahan makanan tahan lama. Salah satunya mengolahnya jadi orek tempe atau dicampur kering dengan ikan teri. Kapan pun kamu merasa lapar atau pengen ngemil, kamu bisa menikmatinya baik dengan nasi maupun tanpa nasi. Sangat bermanfaat ya!

Nah, sekarang yuk coba cari-cari resep cara mengolah tempe yang lebih menarik buat kamu dan cobalah berkreasi dengan masakanmu.

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami