Claudia Jessica

Official Writer
582


Karantina bikin kamu ga bisa kemana-mana dan mulai lesu? Atau kesehatan mulai menurun karena kurangnya aktivitas di luar? Kalau ini sudah terjadi, segera perbaiki sistem imun kamu dengan cara sederhana berikut.

Fokus Pada Makanan

Makanan yang kita konsumsi dapat meningkatkan sistem imun. Seperti makanan berikut:

- Bawang putih: Allicin, senyawa dalam bawang putih, terkenal karena kemampuannya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

- Prebiotik: Bakteri usus yang kuat melindungi kita dari infeksi. Jagalah agar bakteri tersebut tetap sehat dengan prebiotik yang mengandung serat, khususnya serat inulin.

- Makanan kaya vitamin C: Vitamin C dikenal untuk meningkatkan kekebalan tubuh, dan akan lebih baik jika mendapatkan vitamin C dari jeruk, brokoli, kiwi, atau blewah karena mengandung lebih sedikit gula.

- Antioksidan: Buah dan sayuran berwarna termasuk buah beri, wortel, dan bayam memiliki antioksidan yang melindungi kamu dari stres oksidatif, yang berarti sistem kekebalan kamu lebih kuat.

Baca juga: Biar Sistem Imun Kuat Tangkal Virus, Yuk Olahraga Dengan Cara yang Tepat

Perbaiki Gaya Hidup

Hidup di bawah tekanan yang terus-menerus sepanjang hari, menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak kortisol, dan hormon stress. Lindungi diri dari stres dan perbaiki sistem kekebalan dengan gaya hidup sehat seperti:

- Tidur: Beberapa orang mungkin mengalami kesulitan untuk tidur. Namunm, tidur tetaplah hal yang penting untuk menghindari stres. Usahakan untuk dapat tidur yang cukup. Jika kamu kesulitan tidur, kamu bisa melakukan konsultasi ke dokter untuuk menyembuhkannya.

- Saat Teduh: Duduk diam dan mengambil nafas dengan rileks, mengambil waktu bersama Tuhan juga baik untuk menengkan rasa depresi atau stres. Tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga baik untuk hubunganmu bersama Tuhan yang lebih intim.

- Olahraga: Setiap ada masalah kesehatan, olahraga selalu menjadi hal yang dianjurkan untuk mengatasinya. Ini karena olahraga dapat meningkatkan ketahanan tubuh melawan infeksi. Dr. Darling merekomendasikan setidaknya lakukan oalahraga selama 10 menit sehari, idealnya 30 menit, dan melakukan campuran latihan kardio dan kekuatan.

Baca juga: Mengenal Penyakit Autoimun yang Buat Ibu Mikha Tambayong Meninggal, Ini Sebab & Jenisnya

Sikap adalah Segalanya

Pola pikir positif sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan. Penelitian menunjukkan bahwa pikiran positif mengurangi stres dan peradangan. Selain itu, bisa juga untuk meningkatkan daya tahan terhadap infeksi. Emosi negatif dapat membuat kita lebih rentan terhadap flu biasa.

Alat Bantu Kekebalam Alami

Selain itu, ada juga beberapa hal yang dapat kamu lakukan dengan mengkonsumsi bahan alami untuk meningkatkan sistem imun, diantaranya;

-Suplemen: Dapatkan udara yang segar dan sinar matahari. Juga dukung dengan suplemen vitamin D harian 1.000 hingga 2.000 IU.

- Minyak atsiri: Kayu putih dan pohon teh memiliki sifat antivirus yang dapat melindungi dari infeksi virus. Gunakan dalam diffuser minyak untuk menghirupnya atau kamu juga bisa membuat sanitizer menggunakan minyak pohon teh yang dicampur dengan gel lidah buaya dan alkohol. Selain itu, minyak esensial lavender memiliki efek menenangkan, sehingga dapat membantu mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga: Gampang Sakit? 5 Makanan Ini Siap Mendongkrak Sistem Imunitas Tubuh Kamu Jauh Lebih Baik.

Terkadang, banyak tidur dan vitamin C, menjadi pahlawan super dari sakit penyakit. Kuncinya, ambilah waktu istirahat untuk mengisi ulang energimu. 

Sumber : health.clevelandclinic.org


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7242

Banner Mitra Juli 1-2