Claudia Jessica

Official Writer
545


Seperti yang kita tahu, bahwa banyak hal yang terjadi karena adanya COVID-19 yang terjadi di berbagai negara termasuk Indonesia. Banyak ativitas dilarang dan sebisa mungkin pemerintah menghimbau kita untuk tetap di rumah saja agar pandemi ini segera berlalu.

Merebaknya virus ini, membuat banyak industri terganggu dan menambah angka pengangguran. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memprediksi, dalam skenario berat potensi pengangguran akan bertambah 2,92 juta orang dan kemungkinan besar bisa mencapai 5,23 juta.

Baca juga: Menariknya Peluang Bisnis Jamu, Minuman Herbal Kesehatan Yang Melejit di Masa Wabah COVID

Selain sektor usaha dan pengangguran, Pengamat Ekonomi dari Universitas Airlangga Wisnu Wibowo menilai pandemi Corona COVID-19 juga membawa perubahan dalam perilaku konsumen dan konsumsi ke depan. Hal ini juga sekaligus sebagai momentum ekonomi digital dan kreatif.

Dikutip dari Liputan6.com, Wisnu mengatakan “Untuk ke depan ekonomi kreatif dan digital akan sangat berkembang. Orang sudah mulai terbiasa dan terlibat menjalani pola konsumsi digital.”

Hal ini berkembang seiring dengan anjuran bekerja dari rumah, ibadah dari rumah, belajar dari rumah, menajaga jarak fisik, berdampak terhadap kebiasaan masyarakat. Anjuran ini pun dimaksudkan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.

Wisnu menuturkan bahwa akan ada perubahan pergeseran konsumsi. Hal ini juga mempengaruhi beberapa sektor usaha yang berpotensi tumbuh ke depan seperti; jasa pengantaran, produk makanan beku, sektor kesehatan, sektor pedidikan.

Baca juga: Belajar Dari Kasus Wuhan, Ini Loh 3 Peluang Usaha Dibalik Ancaman Wabah Corona Virus

Ada perubahan, maka ada juga peluang di tempat yang baru. Ada beberapa sektor usaha yang dapat dijadikan peluang. Ini akan menjadi peluang usaha bagi kamu yang mungkin sedang dirumahkan atau mengalami PHK.

Dalam jangka pendek, kamu bisa mencoba usah di bidang industri makanan beku. Social distancing yang saat kita lakukan, membuat kebutuhan makanan tahan lama meningkat karena kita harus mengurangi waktu belanja.

Beberapa orang masih suka mengkonsumsi jamu untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia. Memiliki daya tahan tubuh yang sehat dan kuat sulit terpapar virus corona.

Kemudian, ada juga industri alat kesehatan. Kebutuhan masyarakat dan tenaga medis akan alat pelindung diri (APD) seperti masker dan hand sanitizer pun meninggkat.

"COVID-19 juga mendorong berkembangnya inovasi untuk menangani kebutuhan baru yang muncul akibat COVID-19 seperti disinfection chamber, portable hospital dan isolation portable room,” kata dia

Baca juga: Nggak Dapet-dapet Kerja Bikin Sulit Tidur? Yuk Undang Peluang lewat 4 Cara Ini

Sedangkan dalam jangka panjang, sektor usaha yang berpeluang adalah industri berbasis online. Beberapa produk yang memiliki prospek pasar adalah game, software pendidikan, media pembelajaran, hiburan digital, dan belanja online.

Ada juga jasa layanan antar barang dan makanan. Dengan berubahnya kebiasaan menjalani pola konsumsi digital, akan ada banyak permintaan untuk memenuhi kebutuhan akan makanan dan barang konsumsi harian tanpa harus meninggalkan rumah.

Selain itu, ada juga layanan jasa gaya hidup sehat, kesehatan dan psikologi. "Kebutuhan konsultasi akan gaya hidup sehat untuk konsultasi untuk penanganan permasalahan kesehatan mental akan melonjak,” kata Wisnu.

Pandemi COVID-19 akan meningkatkan permintaan produk-produk yang dapat memperkuat imunitas sehingga akan meningkatkan omzet industri ini.

Di tengah kelesuan ekonomi karena wabah COVID-19, kita tidak boleh berputus asa dan harus berusaha untuk berpikir kreatif. Sertakan Tuhan dalam setiap strategi atau rencana yang akan kamu buat sehingga Dia akan memberikan hikmat kepadamu.

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7254

Banner Mitra April Week 2