Puji Astuti

Official Writer
867


Siapa yang tak kenal dengan jamu gendong, mungkin anak-anak jaman sekarang tidak terlalu mengenalnya ya? Tapi buat kamu yang lahir ditahun 80-90an, mbak jamu gendong bisa kamu temui dengan mudah semasa kecil. Ya, karena mereka berjualan keliling dari rumah ke rumah.

Nah, di masa wabah corona ini, jamu kembali menjadi primadona karena terbukti nyata memberi manfaat untuk kesehatan dan daya tahan tubuh. Tapi jamu ini tidak hanya  dijual keliling oleh mbak jamu gendong, tapi dijual online loh. Dengan berbagai kemasan menarik dan modern, banyak orang kembali menjual berbagai minuman herbal ini.

Apa sih menariknya memulai bisnis jamu ini?

1# Kamu bisa mulai dengan modal hanya ratusan ribu rupiah

Walau sejak wabah corona merebak harga-harga tanaman herbal melejit, namun dengan modal beberapa ratus ribu rupiah saja, kamu sudah bisa mulai membuat dan menjual jamu sendiri.  Apalagi kalau kamu bisa bertemu dengan para petani tanaman herbal ini, selain kamu bisa mendapatkan harga terjangkau dan mendapatkan suplai yang memadai.

Untuk itu, kamu bisa mulai dari meriset resep jamu, harga bahan dan juga mencari penjual bahan-bahan herbal terdekat denganmu.

2# Banyak peminat karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh

Sejak berita Presiden Jokowi rajin minum jamu temulawak, masyarakat semakin banyak yang mencari khasiat berbagai minuman jamu. Presiden Jokowi  pada awal bulan Maret lalu menyatakan bahwa dirinya minum jamu sampai 3 kali sehari selama wabah corona ini tersebara.

Jadi jamu bukan lagi dikonsumsi masyarakat kelas menengah ke bawah ya, dengan kemasan menarik dan promosi yang tepat kamu bisa menjual jamu kualitas premium untuk menyasar juga kalangan "sultan" loh.

3# Tidak harus produksi banyak jenis, pilihlah satu atau dua jenis jamu andalanmu

Beberapa waktu lalu saya tertarik dengan tawaran iklan online untuk menjadi penjual minuman herbal. Yang manarik perhatian saya adalah yang dijual hanyalah satu jenis minuman herbal saja.Hal itu membuat saya berpikir, bahwa satu produk pun sudah bisa untuk memulai bisnis ini.

Jadi, buatlah beberapa percobaan jamu buatanmu sendiri. Pilihlah yang terbaik, dan setelah itu mintalah beberapa kerabat dan temanmu untuk mencobanya.  Jika kamu mendapatkan masukan positif dari mereka, kamu sudah bisa mulai menjualnya loh.

4# Kamu bisa melakukan promosi online dan menjangkau seluruh Indonesia

Dengan adanya wabah corona, maka banyak toko dan swalayan tutup. Namun bukan berarti usahamu harus berhenti, kamu bisa melakukan promosi online melalui social media dan iklan online.

Dengan iklan online, kamu bisa menjangkau seluruh Indonesia. Bahkan kamu juga bisa menawarkan system kemitraan, dimana orang bisa menjual produkmu dengan  system distributor atau bahkan dropship.

Nah, itulah empat hal yang menarik dari bisnis jamu minuman herbal. Pertanyaannya, apakah kamu sudah mengenal tanaman herbal yang bisa kamu gunakan untuk memulai usaha jamu tersebut?

Kalau belum, kamu bisa mulai melakukan riset tentang tanaman-tanaman herbal dan manfaatnya. Carilah bahan-bahan yang mudah untuk kamu dapatkan, sehingga ketika permintaan meningkat kamu tidak kewalahan untuk mendapatkannya.

Selamat mencoba ya JCers, dalam setiap masalah pasti ada peluang yang terbuka. Tetap berdoa dan berusaha, pasti Tuhan akan menolongmu. 

#LOVEINACTION : Yuk bantu sesama yang terdampak COVID-19 dengan pemberian sembako, donasi KLIK DISINI

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7239

advertise with us