21 Ayat Alkitab Soal Berbagi Yang Bisa Kita Lakukan Kepada Orang Lain di Masa Sulit Ini
Sumber: pexels.com

Finance / 6 March 2021

Kalangan Sendiri

21 Ayat Alkitab Soal Berbagi Yang Bisa Kita Lakukan Kepada Orang Lain di Masa Sulit Ini

Lori Official Writer
94919

Di tengah masa isolasi saat ini, ada ribuan masyarakat yang terdampak secara ekonomi. Para pedagang keliling gak lagi bisa mencari nafkah setiap hari. Karyawan pabrik maupun harian di-PHK karena produksi perusahaan mandet. Serta banyak kondisi lain yang membuat masyarakat mengalami kendala dalam hal keuangan.

Sementara sebagian orang lain ada yang masih bisa menikmati hidup yang nyaman hanya dengan tinggal di rumah saja dan masih terus bekerja.

Sebagian besar dari mereka yang tidak merasakan dampak bisa saja adalah orang-orang percaya. Dan di masa-masa inilah kita harusnya membuka mata dan digerakkan oleh belas kasihan sama seperti yang dilakukan Yesus saat dalam pelayanan-Nya.

Ada banyak kutipan firman Tuhan yang mendorong kita untuk berbagi dengan orang lain. Mungkin ada banyak dari kita yang mampu memberi tapi justru terlalu egois.

Karena itulah, firman Tuhan mengingatkan kita untuk memakai kekayaan yang diberikan kepada kita dengan bijak dan bahkan bisa dikelola untuk berbagi dengan orang lain yang membutuhkan.

Di dalam Amsal 11: 24-26 dikatakan, ‘Ada yang menyebar harta, tetapi bertambah kaya, ada yang menghemat secara luar biasa, namun selalu berkekurangan.Siapa banyak memberi berkat, diberi kelimpahan, siapa memberi minum, ia sendiri akan diberi minum.Siapa menahan gandum, ia dikutuki orang, tetapi berkat turun di atas kepala orang yang menjual gandum.’

Tuhan gak melihat seberapa banyak yang bisa kita bagikan untuk orang lain. Tapi seberapa tulus dan pedulinya kita memberinya.

Untuk lebih memahami tentang berbagi, mari renungkan 21 ayat Alkitab di bawah ini:

 

Berbagi Tidak Harus Diketahui Orang Lain, Tapi Lakukanlah Dengan Rahasia

1. Matius 6: 1-2 - Ingatlah, jangan kamu melakukan kewajiban agamamu di hadapan orang supaya dilihat mereka, karena jika demikian, kamu tidak beroleh upah dari Bapamu yang di sorga.Jadi apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya mereka dipuji orang. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.

Saat kamu memberi ke orang lain, kamu gak perlu membeberkan atau mengumumkannya ke orang lain. Jangan menjadi serupa dengan orang fasik yang ingin mencari kehormatan dan pujian dari orang lain.

2. Matius 6- 3-4 - Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah diketahui tangan kirimu apa yang diperbuat tangan kananmu.Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi, maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu.

3. Matius 23: 5Semua pekerjaan yang mereka lakukan hanya dimaksud supaya dilihat orang; mereka memakai tali sembahyang yang lebar dan jumbai yang panjang.

Perhatikan Apa Motivasimu Berbagi Dengan Orang Lain

4. Matius 6: 20-21 - Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya.Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.

 

5. 1 Timotius 6: 17-19 - Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.Peringatkanlah agar mereka itu berbuat baik, menjadi kaya dalam kebajikan, suka memberi dan membagi dan dengan demikian mengumpulkan suatu harta sebagai dasar yang baik bagi dirinya di waktu yang akan datang untuk mencapai hidup yang sebenarnya.

 

Baca Juga:

Saat Takut Kekurangan Menyerang, Yuk Dengarkan Nasihat Dari Ayat-ayat Alkitab Ini

Memberi Dengan Sukacita, Apa Artinya Bagi Orang Kristen?

 

 

Tujuan Berbagi Menurut Alkitab

6. Lukas 6: 38 - Berilah dan kamu akan diberi: suatu takaran yang baik, yang dipadatkan, yang digoncang dan yang tumpah ke luar akan dicurahkan ke dalam ribaanmu. Sebab ukuran yang kamu pakai untuk mengukur, akan diukurkan kepadamu.

7. Amsal 19: 17 - Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.

8. Matius 25: 40Dan Raja itu akan menjawab mereka: Aku berkata kepadamu, sesungguhnya segala sesuatu yang kamu lakukan untuk salah seorang dari saudara-Ku yang paling hina ini, kamu telah melakukannya untuk Aku.

9. Amsal 22: 9Orang yang baik hati akan diberkati, karena ia membagi rezekinya dengan si miskin.

10. Amsal 3: 27Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.

11. Mazmur 41: 1 - Berbahagialah orang yang memperhatikan orang lemah! TUHAN akan meluputkan dia pada waktu celaka.

Berbagi atau Memberi Harus Dengan Senang Hati

12. Ulangan 15: 7-8 - Jika sekiranya ada di antaramu seorang miskin, salah seorang saudaramu di dalam salah satu tempatmu, di negeri yang diberikan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu, maka janganlah engkau menegarkan hati ataupun menggenggam tangan terhadap saudaramu yang miskin itu,tetapi engkau harus membuka tangan lebar-lebar baginya dan memberi pinjaman kepadanya dengan limpahnya, cukup untuk keperluannya, seberapa ia perlukan.

13. 2 Korintus 9: 6-7 - Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.

14. Ulangan 15: 10-11 - Engkau harus memberi kepadanya dengan limpahnya dan janganlah hatimu berdukacita, apabila engkau memberi kepadanya, sebab oleh karena hal itulah TUHAN, Allahmu, akan memberkati engkau dalam segala pekerjaanmu dan dalam segala usahamu.Sebab orang-orang miskin tidak hentinya akan ada di dalam negeri itu; itulah sebabnya aku memberi perintah kepadamu, demikian: Haruslah engkau membuka tangan lebar-lebar bagi saudaramu, yang tertindas dan yang miskin di negerimu.

15. Amsal 21: 26 - Keinginan bernafsu sepanjang hari, tetapi orang benar memberi tanpa batas.Yang Kita Punya Semua Milik Tuhan

16. Mazmur 24: 1 - Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

17. Ulangan 8: 18 - Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

18. 1 Korintus 4: 2 - Yang akhirnya dituntut dari pelayan-pelayan yang demikian ialah, bahwa mereka ternyata dapat dipercayai.

 

Baca Juga:

Ketika Yang Memberi dan Menerima Sama-sama Diberkati

 

Bukan Bersaing, Tapi Inilah yang Tuhan Mau Kamu Lakukan Lewat Pekerjaanmu

 

19. Ibrani 6: 10Sebab Allah bukan tidak adil, sehingga Ia lupa akan pekerjaanmu dan kasihmu yang kamu tunjukkan terhadap nama-Nya oleh pelayanan kamu kepada orang-orang kudus, yang masih kamu lakukan sampai sekarang.

20. Matius 6: 24Tak seorangpun dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian, ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

21. 1 Tawarikh 29: 4-5 - tiga ribu talenta emas dari emas Ofir dan tujuh ribu talenta perak murni untuk menyalut dinding ruangan,yakni emas untuk barang-barang emas dan perak untuk barang-barang perak dan untuk segala yang dikerjakan oleh tukang-tukang. Maka siapakah pada hari ini yang rela memberikan persembahan kepada TUHAN?

 


Jangan tunggu sampai kamu punya lebih untuk memberkati orang lain. Berilah sekecil apapun yang kamu punya saat ini. 

Bagi kamu yang tergerak, yuk berpartisipasi jadi bagian dari pelayanan kami untuk memberkati orang lain. Jadilah mitra CBN dan bantu ribuan orang yang membutuhkan kasih Tuhan di luar sana hari ini.

DAFTAR DI SINI

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami