Saat Takut Kekurangan Menyerang, Yuk Dengarkan Nasihat Dari Ayat-ayat Alkitab Ini

Saat Takut Kekurangan Menyerang, Yuk Dengarkan Nasihat Dari Ayat-ayat Alkitab Ini

Lori Official Writer
981

Ada banyak bagian Alkitab yang mengingatkan kita supaya jangan pernah takut dengan semua keadaan yang kita hadapi, termasuk soal uang.

Tapi pada kenyataannya, sebagai manusia biasa ada banyak dari kita yang tetap saja takut.

Di Yesaya 41: 10 jelas disampaikan, "…janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan."

Di bagian Alkitab yang lain, Paulus memberikan solusi terbaik kepada orang Filipi supaya mereka yang cemas dan takut lebih memilih untuk berdoa kepada Tuhan.

“Janganlah hendaknya kamu kuatir tentang apapun juga, tetapi nyatakanlah dalam segala hal keinginanmu kepada Allah dalam doa dan permohonan dengan ucapan syukur. Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4: 6-7)

Bagi sebagian orang, rasa cemas dan takut ini bisa saja mengalahkan mereka. Sehingga dorongan untuk berdoa pun rasanya gak ada. Dalam kondisi inilah kita perlu berhati-hati, karena semakin kita kuatir akan keuangan kita, maka semakin jauh pertolongan yang Tuhan sediakan buat kita.

Jadi supaya gak terpuruk berlarut-larut dalam ketakutan, renungkanlah ayat-ayat ini.

Percayakan Tuhan yang pegang kendali

“Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.” (Roma 8: 28)

Allah berdaulat dan ambil kendali atas semua keadaan. Gak peduli apa yang kita alami, gak peduli seberapa berat masalah keuanganmu saat ini. Pertama-tama, jangan panik. Lalu percayakan Tuhan untuk menuntunmu. Setelah itu, temukan cara untuk menyelesaikan masalah itu. Tuhan memberikan kita hikmat-Nya untuk menaklukkan segala keadaan yang kita hadapi, jadi selalu andalkan Dia.

Fokus hanya kepada Tuhan

Petrus mengartikan tentang arti fokus kepada Kristus dengan pengalamannya saat berjalan di atas air (Matius 14: 22-33).  

Waktu pikirannya goyang dan dia terusik dengan angin dan ombak yang ada di sekitarnya, dia mulai merasa takut dan akhirnya tenggelam. Di sinilah kita belajar tentang pentingnya memusatkan mata kita kepada Kristus.

“Marilah kita melakukannya dengan mata yang tertuju kepada Yesus, yang memimpin kita dalam iman, dan yang membawa iman kita itu kepada kesempurnaan, yang dengan mengabaikan kehinaan tekun memikul salib ganti sukacita yang disediakan bagi Dia, yang sekarang duduk di sebelah kanan takhta Allah.” (Ibrani 12: 2)

Serahkan hasil akhirnya kepada Tuhan

Paulus mengajarkan orang Filipi untuk mengusir rasa takut dan cemas dengan doa.

Jadi, waktu kita sedang dalam masalah seperti tagihan yang terus membengkak, uang sekolah anak yang belum dibayar dan biaya-biaya lain yang mendesak, kita hanya perlu berlutut dihadapan Tuhan.


Baca Juga: 

6 Tips Berbisnis Sukses Menurut Kitab Pengkhotbah, Apa Itu?

Buat Anak Muda, Kalau Mau Kerjanya Keren Ikuti Aja Nasihat Ini…


Belajarlah dari teladan Yesus Kristus yang sempurna. Waktu dia akan menghadapi kematian, Dia memilih berlutut, menundukkan kepada dan berdoa kepada Tuhan. Momen itu terjadi di Taman Getsemani semalam sebelum dia disalibkan (Yohanes 17: 1-5).

Bagaimana kamu harus berdoa meminta pertolongan untuk memenuhi kebutuhan keuanganmu?

  • Sampaikan doa spesifik. Waktu kita berdoa, sampaikanlah kebutuhan apa yang kamu mau. Kalau kamu terlilit hutang, sampaikanlah kepada Tuhan tentang hal itu. Kalau kamu dikejar-kejar oleh debt kolektor, mintalah pertolongan dan kebijaksanaan bagaimana cara untuk menghadapinya.
  • Minta doa untuk kebijaksanaan. Waktu kamu tidak tahu apa yang harus dilakukan dan jalani tampaknya gak jelas. Mintalah hikmat dari Tuhan untuk membimbingmu menemukan cara untuk mengatasi masalah keuangan yang kamu hadapi. Waktu Tuhan memberi tahumu tentang satu hal, segeralah bertindak.
  • Minta bantuan doa dari komunitas. Tuhan bisa memakai siapapun untuk membantumu. Karena itulah kamu bisa meminta bantuan dari komunitas rohanimu dalam doa. Sehingga kamu gak merasa sendirian dalam masalah ini.
  • Serahkan sepenuhnya kepada Tuhan. Setelah menyampaikan semua doa-doa kita kepada Tuhan, serahkanlah sepenuhnya masalahmu kepada Tuhan. Belajarlah untuk percaya sepenuhnya kalau Tuhan sudah memberikan jalan keluar atas masalah keuanganmu.

Jadi, sebelum kamu mulai takut karena masalah uang, pilihlah untuk berlutut dan mencari Tuhan dan kebenaran-Nya. Usirlah segala kecemasan itu dari pikiranmu.

Waktu kita menghadapi masalah keuangan, ingatkan bahwa Tuhan tahu kondisimu dan Dia mau kita untuk tidak takut dan cemas.

“Di dalam kasih tidak ada ketakutan: kasih yang sempurna melenyapkan ketakutan; sebab ketakutan mengandung hukuman dan barangsiapa takut, ia tidak sempurna di dalam kasih.” (1 Yohanes 4: 18)

Sumber : Jawaban.com

Ikuti Kami