#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yudas Tadeus

#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Yudas Tadeus

Puji Astuti Official Writer
1468

Hi JCers, Fakta Alkitab kali ini membahas murid Yesus yang bernama Yudas. Tapi jangan sampai kamu salah persepsi ya, Yudas disini berbeda dengan Yudas Iskariot. Rasul Yudas ini adalah murid yang menulis kitab Yudas.

Sekalipun jarang disebut di kitab Injil dan sosoknya tidak terlalu menonjol, namun Rasul Yudas memiliki beberapa fakta menarik yang patut kita ketahui :

1# Yudas, rasul dengan banyak nama

Yudas adalah nama dalam bahasa Yunani dan disebut juga Yudah (Yuda atau Yehuda dalam Bahasa Ibrani),  dan Injil juga  menyebutnya sebagai Tadeus. 

Ia memiliki nama belakang atau nama keluarga yaitu Lebbaeus, hal ini tertulis dalam Alkitab terjemahan lama di Matius 10:3 atau versi King James.

Tetapi dalam  Yohanes 14:22, Rasul Yohanes menuliskan tentang dia dengan sebutan "Yudas, yang bukan Iskariot" untuk membedakan dia dari murid yang mengkhianati Yesus itu. Ia juga disebut sebagai Yudas anak Yakobus di Lukas 6:16, namun di Yudas 1:1 ia menyebut sebagai saudara Yakobus.

2# Lahir dari keluarga Yahudi, dan berasal dari Banias,Galilea

Rasul Yudas lahir dari keluarga Yahudi dari kota Banias, Galilea. Sebuah kota yang kemudian dibangun kembali oleh Kekaisaran Roma dan di beri nama baru Kaisarea, Filipi. Lokasi kota ini berada di sebelah barat daya Gunung Hermon, dan dekat dengan sumber mata air grotto,  disana dibangun kuil-kuil pemujaan dewa Yunani bernama Pan.

Saat ini kota tersebut tidak dihuni lagi, dan menjadi situs arkeologi di wilayah Dataran Tinggi Golan.

3# Ia adalah saudara sepupu dari Tuhan Yesus

Orangtua Yudas dipercaya adalah Klopas dan isterinya adalah Maria. Maria ibu Yudas ini adalah saudara sepupu dari Maria ibu Tuhan Yesus.

Jadi bisa dikatakan bahwa Yudas dan Tuhan Yesus adalah saudara sepupu sehingga mereka memiliki kedekatan yang cukup istimewa. Walau demikian sosoknya tidak begitu menonjol diantara ke dua belas murid.

4# Ayah Yudas menjadi martir karena  imannya

Tradisi gereja percaya bahwa ayah Yudas, Klopas menjadi martir karena imannya kepada Yesus yang telah bangkit dari kematian. Sosok Klopas dipercaya memiliki karakter pemberani, terutama dalam memberitakan injil yang membawanya menjadi martir.

5# Menuliskan kitab Yudas

Dalam suratnya yang cukup pendek, Rasul Yudas mengingatkan umat percaya mula-mula untuk tetap kuat dalam masa sulit dan tetap berpegang kepada kebenaran yang diajarkan Yesus dan para rasul.

Karena pada masa gereja mula-mula tersebut banyak bermunculan ajaran-ajaran apokaliptik  (pewahyuan) yang  melenceng dari ajaran Tuhan Yesus.

Baca juga :

#FaktaAlkitab - Kisah Tentang Murid-murid Tuhan Yesus - Simon Orang Zelot

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus,Yudas Iskariot Sang Pengkhianat

6# Misi penginjilan Rasul Yudas

Diperkirakan Rasul Yudas memulai penginjilannya  dari wilayah Yudea, Samaria, Idumaea, Syria, dan baru ke Mesapotamia dan Libya.

Walau demikian tradisi gereja juga percaya bahwa Rasul Yudas bersama dengan Rasul Bartoleomeus menjadi pemberita injil yang pertama di wilayah Armenia, itu sebabnya sosok mereka menjadi patron orang kudus bagi Gereja Apostolik Armenian.

7# Akhir Hidup Rasul Yudas, menjadi martir di Beirut, Libanon

Menurut tradisi, Rasul Yudas menjadi martir di wilayah Beirut pada tahun 65 M. Beirut saat itu adalah sebuah provinsi di bawah kekuasaan Romawi dan letaknya di Syria kuno atau Libanon pada saat ini.

Saat itu Yudas bersama dengan Simon orang Zelot mengalami mati martir. Kapak yang sering muncul dalam gambar Rasul Yudas menjadi symbol bagaimana ia mati dibunuh.

Catatan tentang kematiannya ditulis dalam “Act of Simon and Jude” yang merupakan salah satu koleksi tentang kisah-kisah dan legenda para rasul, yang dipercaya ditulis oleh Abdias, Uskup Babylon dan diterjemahkan dalam Bahasa latin oleh muridnya, Tropaeus Africanus.

Dikemudian hari, tubuh Rasul Yudas dipindahkan dari Beirut ke Roma, dan kemudian di semayamkan di Basilika Santo Petrus. Saat ini tulang-tulangnya di percaya berada di altar utama Santo Yoseph, di salah satu kubur bersama dengan Rasul Simon orang Zelot.

Itulah 7 fakta Alkitab tentang Rasul Yudas, sosok dengan banyak nama namun tidak terlalu menonjol. Semoga JCers terinspirasi dengan kerendahan hati Yudas, dan bagaimana ia menekankan kepada ajaran yang benar tentang Injil Kristus ya.

Itulah Fakta Alkitab kali ini, kalau kamu mau menonton video-video inspiratif dan membangun lainnya, yuk kunjungi dan Subscribe JC Channel di link YouTube ini. God bless you!

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami