#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus,Yudas Iskariot Sang Pengkhianat
Sumber: JC Channel

Kata Alkitab / 17 February 2020

Kalangan Sendiri

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus,Yudas Iskariot Sang Pengkhianat

Puji Astuti Official Writer
15270

Mungkin banyak dari kalian yang sudah familiar dengan salah satu murid Yesus bernama Yudas Iskariot. Banyak orang mengenal Yudas Iskariot hanya sebagai murid yang mengkhianati Tuhan Yesus, namun ternyata banyak fakta dari tokoh ini yang menarik untuk kita ketahui.

Kali ini JC Channel  akan membahas 10 Fakta menarik mengenai Yudas Iskariot ini:

1 Arti nama Yudas Iskariot

Namanya nbsp; dalam Bahasa Ibrani di sebut Yehudah Iskariyot (Ibr - יהודה איש־קריות Yəhûḏāh ʾΚ-qəriyyôṯ) dan dalam Bahasa Yunani di sebut Iodas (Yun Ιούδας), anak Simon Iskariot (Yohanes 6:71). 

Nama Yudas sendiri memiliki tiga arti berbeda: Pertama, orang yang berasal dari daerah Keriot. Kedua, Orang Sika atau pembawa belati, yang merupakan sebuah sekte Yahudi yang fanatik. Dan yang terakhir, diambil dari bahasa Aram, yaitu orang yang hidup berpura-pura atau penghianat.

 2. Asal Yudas Iskariot

Yudas Iskariot berasal dari Keriot, sebuah kota yang terletak di sebelah selatan Yudea.  Yudas menjadi satu-satunya murid Yesus yang bukan berasal dari Galilea.

3. Yudas merupakan salah satu dari murid utama Tuhan Yesus .

Murid-murid Yesus terbagi dalam beberapa kelompok, seperti kumpulan 120 murid (Kisah 1:15), 70 murid (Lukas 10:1) dan 12 murid utama (Lukas 6:13) yang merupakan para rasul. Yudas menjadi salah satu dari 12 murid utama tersebut. Ia mempunyai hak yang luar biasa sebagai murid atau rasul Tuhan. Sehingga Yudas mendapatkan pengajaran-pengajaran yang penting dan luar biasa langsung dari Tuhan Yesus sendiri.  

4. Selama 3 tahun lebih hidup bersama Tuhan Yesus. 

Yudas melakukan pelayanan dan hidup bersama dengan Yesus selama tiga tahun lebih. Itu berarti Yudas mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung mujizat yang Yesus kerjakan. Yudas melihat langsung kuasa Allah yang terjadi di dalam pelayanan Yesus, dan Yudas melihat langsung nubuat-nubuat Yesus yang tergenapi. 

5. Murid yang dipercayakan sebagai bendahara

Selain menjadi bagian dari 12 Rasul atau murid Yesus, Yudas juga dipercayakan tugas pelayanan yang sangat strategis dengan menjadi bendahara (Yohanes 13:29). Namun lagi-lagi Alkitab mencatat justru Yudas jatuh gara-gara hatinya terikat pada mamon. Ia sering mengambil uang yang disimpan dalam kas yang dipegangnya (Yohanes 12:6)

6. Sosok Yudas Iskariot bukan penulis Kitab Surat Yudas dalam Perjanjian Baru. 

Banyak murid Yesus yang akhirnya menulis kitab-kitab dalam Perjanjian Baru, namun JCers harus ingat, Yudas Iskariot berbeda dengan Yudas yang menulis kitab Surat Yudas, penulis Surat Yudas ialah Yudas saudara Yakobus (Yudas 1:1). 

7. Ciuman Yudas

Yudas Iskariot mengidentifikasikan Yesus yang ingin ditangkap oleh para prajurit dengan cara menciumnya (Matius 26:48-49). Kejadian itu dikenal sebagai ciuman Yudas yang terjadi di Taman Getsemani setelah Perjamuan Terakhir. Ciuman Yudas sampai saat ini menjadi symbol pengkhianatan, bahkan banyak seniman menyematkan hal ini dalam lagu dan film mereka. 

8. Menjual Yesus seharga Tiga Puluh Keping Perak

Tiga puluh keping perak adalah bayaran yang diterima oleh Yudas Iskariot ketika ia mengkhianati Yesus (Matius 26:15). Uang itu ia peroleh dari Imam-Imam Kepala yang membenci Yesus. 

Setelah Yudas menjual Yesus, ia menyesal dan mengembalikan uang tersebut kepada para imam kepala. Selanjutnya, imam kepala menggunakan uang tersebut untuk membeli sebidang tanah yang kemudian disebut Tanah Darah (Kisah Para Rasul 27:7-8)

9.Tokoh yang kontroversial

Sepanjang sejarah Gereja, Yudas Iskariot telah menjadi tokoh yang kontroversial. Sebagian orang menganggap Yudas Iskariot sebagai pengkhianat karena telah menjual Yesus, sebagian lain menganggapnya pahlawan karena pengkhianatan yang dilakukannya telah membuat Yesus mati di kayu salib yang kita tahu peristiwa tersebut mendatangkan penebusan bagi manusia.

10. Kematian Tragis Yudas Iskariot

Cerita mengenai kematian Yudas Iskariot sangatlah mengerikan. Setelah Yudas menjual Yesus, ia sangat menyesali perbuatannya namun tidak bertobat. Yudas melampiaskan penyesalannya dengan cara gantung diri (Matius 27:5). Setelah itu tubuhnya terlepas dari tiang gantungan dan  jatuh tertelungkup, perutnya terbelah, sampai isi perutnya tertumpah keluar (Kisah Para Rasul 1:18–19). 

Nah itulah Fakta-fakta menarik lainnya dari Yudas Iskariot. Apakah Fakta Alkitab kali ini menguatkan dan memberi inspirasi buat kamu semakin dekat dengan Tuhan? 

Ya yang paling penting pelajaran dari kisah Yudas Iskariot adalah sebesar apapun kesalahanmu,  jangan pernah putus asa apalagi sampai bunuh diri. Karena Tuhan selalu membuka pintu kasih karunia-Nya bagi siapapun yang mau bertobat dan datang kembali kepada Dia, contohnya adalah Petrus yang menyangkal Dia dan Paulus yang menganiaya umat Tuhan.

Tetap semangat ya JCers, pastikan kamu menyaksikan video Fakta Alkitab lainnya di akun YouTube JC Channel. God bless you. 

Baca juga : 

#FaktaAlkitab – Kisah Tentang Murid-murid Yesus, Rasul Yohanes

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Petrus

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Andreas

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus, Rasul Yakobus Murid Yang Jadi Martir Pertama


Sumber : JC CHANNEL
Halaman :
1

Ikuti Kami