Claudia Jessica

Official Writer
366


Dilansir dari CNN, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan 818 ribu mahasiswa mendapatkan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Apa itu KIP-Kuliah?

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya untuk membantu asa para siswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Baca juga: Kemendikbud Ancam Sekolah yang Ketahuan Mem-bully Siswa Baru 

Pemegang KIP-Kuliah nantianya akan mendapat bantuan biaya kuliah dan juga bantuan biaya hidup. Dikutip dari kip-kuliah.kemdikbud.go.id KIP-Kuliah ini sendiri memberikan beberapa fasilitas sebagai berikut:

1. Pendaftaran KIP-Kuliah tidak dikenakan biaya

2. KIP-Kuliah membebaskan biaya pendaftaran seleksi masuk SBMPTN serta seleksi lain yang ditetapkan oleh masing-masing panitia dan PT

3. Penggantian biaya kedatangan pertama untuk pendaftar KIP-Kuliah yang ditetapkan sebagai penerima KIP-Kuliah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan

4. Bebas biaya pendidikan yang dibayarkan kepada perguruan tinggi

5. Subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 / bulan yang disesuaikan dengan pertimbangan biaya hidup di masing masing wilayah

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Ainum Na'im mengatakan 418 ribu di antaranya adalah mahasiswa yang sudah menerima Beasiswa Bidikmisi sejak 2016 sampai 2019, dan sebanyak 400 ribu lainnya adalah mahasiswa baru.

Baca juga: Menyelami Karakter Murid, Seluruh Guru Balmong Diharuskan Ikut Workshop Pendidikan Kristen

"Tidak ada perubahan apapun terhadap program bantuan pendidikan yang sedang diterima. Sesuai rencana, dana Bidikmisi semester genap akan dicarikan pada awal Maret 2020," dikutip dari CNNIndonesia.

Selain itu, KIP-Kuliah ini juga bisa dimanfaatkan berdasarkan dua kategori, yakni KIP Kuliah dan KIP Kuliah Afirmasi yang mencakup mahasiswa penyandang disabilitas, peserta program Afirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) untuk Orang Asli Papua di wilayah Papua dan Papua Barat, termasuk mahasiswa di wilayah terdepan, terluar atau tertinggal (3T) dan wilayah terdampak bencana atau konflik sosial.

Baca juga: Cerdaskan Indonesia Timur, GMIT Gelontorkan Persembahannya Untuk Biaya Pendidikan

Kemudian, pendaftaran juga bisa dilakukan pada awal Maret melalui laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

"Bagi calon mahasiswa yang membutuhkan dukungan KIP kuliah, diharapkan untuk tenang dan memantau perkembangan di kanal Kemendikbud. Informasi lebih lengkap terkait KIP Kuliah akan diumumkan pada awal Maret," tutur Ainun.

Berikut ini juga adalah beberapa persyatan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan KIP-Kuliah 2020:

1. Penerima KIP-Kuliah adalah siswa SMA atau sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya;

2. memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen yang sah;

3. lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada Prodi dengan Akreditasi A atau B, dan dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada Prodi dengan Akreditasi C.

KIP Kuliah merupakan salah satu kebijakan besutan Presiden RI Joko Widodo di periode keduanya menjabat, menyusul KIP yang sudah ada sejak 2014 lalu. Melalui kartu ini, Jokowi membebaskan siswa memilih jurusan pada universitas yang diinginkan.

Luar biasa bukan? Sekarang JCers yang mau kuliah namun terhalan oleh biaya, sudah pemerintah siapkan programnya untuk menolong kamu! Jangan lupa untuk bersyukur, berdoa dan lakukan yang terbaik!

Baca juga: Tindaklanjuti RUU Pendidikan Kegamaan, PPP Buka Pintu Untuk Gereja

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 2


7269

Banner Mitra april Week 2