Claudia Jessica

Official Writer
537


Pada awal tahun 2020 kemarin, Indonesia diguyur hujan lebat yang terus menerus hingga menyebabkan banjir dan merendam beberapa wilayah. Bahkan hujan pun turun saat pergantian tahun.

Curah hujan yang cukup tinggi pun mengakibatkan banjir di 182 titik dengan ketinggian air maksimum mencapai enam meter. Sebanyak 397.171 jiwa terpaksa mengungsi ke tempat lebih aman.

Sama seperti bencana alam lainnya, banjir di awal tahun baru lalu juga tidak bisa diprediksi oleh siapa pun. Namun, meskipun begitu orang bisa mengantasipasi datangnya bencana untuk meminimalisir risiko serta dampak yang terjadi.

Misalnya dengan melindungi diri dan orang-orang terkasih ataupun asset yang berharga dengan menggunakan jasa asuransi.

Baca juga: Perlu Gak Sih Orang Kristen Bikin Asuransi Kesehatan? Ini Jawabannya…

Berikut ini, jawaban.com telah merangkum 6 jenis asuransi yang dapat membantu kamu meminimalisir kerugian akibat bencana alam.

1. Asuransi Jiwa

Bukan berarti dengan menggunakan asuransi jiwa, nyawa seseorang akan aman dari bencana. Alih-alih melindungi diri sendiri, ahli waris si tertanggung akan mendapatkan perlindungan finansial jika si tertanggung meninggal dunia.

Misalnya pertanggungan asuransi jiwa yang diberikan kepada ahli waris adalah Rp50-100 juta. Kemudian jika si tertanggung merupakan tulang punggung keluarga, saat dia tiada, siapa yang akan membiayai segala kebutuhan keluarganya? Dengan mengikuti asuransi, maka si tertanggung seolah tetap menghidupi keluarganya lewat dana perlindungan asuransi dari pihak asuransi yang diberikan per bulan.

2. Asuransi Kesehatan

Bencana tidak hanya menyebabkan kerugian materi namun juga kesehatan. Misalnya saja seperti banjir kemarin, terdapat beberapa penyakit yag wajib diwaspadai pasca banjir. Misalnya penyakit kulit, Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), diare, demam, kolera, leptospirosis, hingga hepatitis A.

Dari sini, kita bisa memanfaatkan asuransi kesehatan yang memberikan manfaat penggantian biaya rumah sakit jika ada anggota keluarga yang dirawat akibat banjir atau bencana alam lainnya.

Baca juga: Sering Diteror Oleh Telemarketing Asuransi Atau Kartu Kredit? 4 Hal Ini Wajib Kamu Ketahui

3. Asuransi Kendaraan

Tidak hanya tubuh yang memerlukan perlindungan. Kamu bisa menambahkan kendaraan ke dalamnya. Banjir kemarin juga telah banyak mengahayutkan kendaraan seperti sepeda motor dan mobil. Asuransi kendaraan dilakukan agar tidak mengalami kerugian besar jika tiba-tiba terjadi risiko berupa bencana alam juga ikut menggerus kendaraan yang dimiliki.

Karena pada umumnya asuransi kendaraan hanya melindungi dari biaya perbaikan karena kecelakaan, atau kehilangan. Maka dari itu, perlu diperhatikan apakah kendaraanmu mendapat jaminan dari bencana alam atau tidak.

4. Asuransi Properti

Rumah adalah aset yang berharga. Rumah juga merupakan kebutuhan primer setiap orang yang wajib dipenuhi. Berapa banyak biaya yang harus dihabiskan jika rumah yang kamu idamkan rusak atau hancur karena bencana alam?

Jadi, untuk melindungi asset property primer ini, ada perusahaan asuransi khusus yang menyediakan produk asuransi properti yang secara khusus memberikan perlindungan finansial terhadap rumah.

5. Asuransi Perjalanan

Cuaca buruk bisa saja datang tiba-tiba tanpa prediksi. Bagaimana jika kamu sedang diperjalanan kemudian terjadi gempa, tanah longsor, atau mungkin hujan badai? Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi bukan?

Karenanya, asuransi perjalanan hadir untuk meminimalisir kerugian yang timbul akibat keterlambatan perjalanan, kehilagan bagasi, hingga kematian karena kecelakaan.

Baca juga: Asuransi Dunia Hanya Janjikan Keselamatan Sementara, Tapi yang Kekal Datangnya dari Atas

Setelah mengetahui pentingnya asuransi dan jenis asuransi yang penting untuk dimiliki sebagai langkah antisipasi dari bencana alam bisa datang kapan saja, pilihlah asuransi yang paling sesuai dengan kebutuhanmu. Pilih perlindungan apa saja yang kamu butuhkan dan lihatlah risiko yang paling berpotensi terjadi padamu. Selain itu jangan lupa juga untuk proteksi dirimu secara rohani dengan dekat pada Tuhan. God bless you!

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us