Puji Astuti

Official Writer
1044


Setelah membaca sekilas tentang penyanyi Vidi Aldiano yang baru-baru ini menjalani operasi pengangkatan ginjal karena menderita kanker ginjal, jadi ingat betapa pentingnya menjaga organ tubuh kita, salah satunya ginjal kita.

Sering kita mendengar orang yang kesulitan keuangan atau butuh duit dan berujar ingin jual ginjalnya. Hal itupun beralasan, karena harga ginjal untuk transplantasi terbilang sangat mahal, yaitu mulai 70 juta hingga 2 miliar rupiah. Tapikan ngga segampangan itu juga ya, kita jual ginjal. Bayangkan jika kita sudah sakit ginjal, menderita loh.

Tahukah kamu bahwa saat ini di Indonesia jumlah penderita penyakit ginjal kronis meningkat pesat, yaitu sebesar 3,8 persen pada 2018 lalu. Pada tahun 2017 saja, BPJS Kesehatan mencatat ada 3,6 juta orang lebih yang menjalani sianalisis ginjal dengan total biaya 3,1 triliun rupiah.

Ya, pengobatan untuk penyakit ginjal ini terbilang sangat mahal dan bukan hanya butuh waktu lama, bahkan bisa-bisa harus menjalaninya seumur hidup.

Apa sih fungsi ginjal itu?

Walaupun ginjal adalah organ kecil, namun dia menerima 20% aliran darah dalam tubuh kita. Karena ginjal berfungsi untuk membersihkan darah dari sampah dan racun-racun. Setiap hari sekitar 189 liter cairan melewati ginjal, dan 187 liter kembali masuk ke tubuh, sedangkan sekitar 1-2 liter dibuang melalui urin/kencing.  

Fungsi ginjal akan semakin menurun bersamaan dengan bertambahnya usia. Untuk itu sangat penting untuk mengjaga kesehatan ginjal agar bisa tetap fit hingga usia lanjut.


Nah, sebenarnya ngga terlalu sulit kok menjaga kesehatan ginjal kita. Yuk kita jalankan tips berikut ini:

1# Memastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi

Jangan anggap remeh minum air putih ya, karena air putih membantu untuk membuang racun-racun agar keluar dari tubuhmu. Nah, kebutuhan air pada tubuh kita berbeda-beda, hal ini pengaruhi oleh aktivitasmu, cuaca, usia, apakah sedang hamil atau menyusui  dan juga jika sedang sakit.

Dipercaya sih, kita butuh enam hingga delapan gelas air setiap hari. Mungkin kita bisa ukur dari urin yang kita buang ya, jika setiap hari kita mengeluarkan urin sekitar 1-2 liter, maka air dalam tubuh kita harus diisi sejumlah itu juga.

2# Jaga kadar gula darahmu

Tahukah kamu kalau diabetes menjadi salah satu masalah utama penyebab gagal ginjal. Jadi, menjaga agar gula darah kamu tetap normal itu sangat penting, terlebih jika dalam keluargamu ada sejarah penderita diabetes.

3# Hati-hati dengan darah tinggi

Ya, darah tinggi selain meningkatkan resiko sakit jantung juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Jadi jangan anggap remeh sakit darah tinggi ya.

4# Olahraga dan jangan sampai mengalami kelebihan berat badan atau obesitas

Pastikan kamu selalu olahraga secara teratur ya, minimal 3 sampai 4 kali seminggu. Hal ini penting, karena olahraga selain menjaga stamina tubuhmu juga bisa membantumu untuk tidak mengalami obesitas. Sebab obesitas bisa menjadi sumber penyakit seperti, darah tinggi, jantung, diabetes dan juga masalah ginjal.

5# Jalani diet yang sehat dan kurangi konsumsi garam

Diet makanan sehat meliputi makanan yang rendah gula, kolestorol, garam dan mengandung serat yang cukup. Pilihlah makanan seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makan terlalu banyak karbohidrat, seperti nasi, roti, dan mie ya.

6# Jangan konsumsi minuman beralkohol dan rokok

Minuman beralkohol bisa meningkatkan tekanan darah, dan bisa menambah kalori pada tubuh yang merangsang obesitas. Sedangkan rokok, bisa mengurangi aliran darah ke ginjal. Jadi, dua hal ini sangat berbahaya untuk ginjalmu, jangan pernah mengkonsumsinya ya.

7# Banyak bersyukur dan berdoa, dan hindari stress

Stres bisa meningkatkan tekanan darah, yang akan berdampak pada fungsi ginjalmu. Jadi, pilihlah untuk banyak bersyukur, berdoa dan berserah kepada Tuhan. Bersukacitalah senantiasa, sehingga kamu bisa menikmati kehidupan yang sehat yang Tuhan anugerahkan.

Nah, itulah pembahasan seputar ginjal yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk hidup sehat. Ingat ya, bahwa tubuhmu itu adalah asset terbesarmu. Nilainya mahal loh, bayangkan kalau ginjal saja harganya bisa sampai milyaran, kalau seluruh organ tubuhmu dinilai dengan uang, tentu jumlahnya sangat besar kan.

Jadi, bersyukurlah kalau kamu sampai hari ini masih bisa menikmati kehidupan dengan tubuh yang sehat. 

Baca juga : 

Tuhan Berikan Ginjal yang Baru

Ditanya Soal Transplantasi Ginjal Selena. Francia : Satu-satunya Alasan Saya Adalah TUHAN

Selena Gomez Jalani Transplantasi Ginjal, Sang Ibu Mengaku Ketakutan

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra April Week 2