Ginjalmu Bukan Untuk Dijual Walau Harganya Bisa Miliaran, Dijaga Yuk Biar Tetap Sehat
Sumber: Brilio

Health / 16 January 2020

Kalangan Sendiri

Ginjalmu Bukan Untuk Dijual Walau Harganya Bisa Miliaran, Dijaga Yuk Biar Tetap Sehat

Puji Astuti Official Writer
4897

Nah, sebenarnya ngga terlalu sulit kok menjaga kesehatan ginjal kita. Yuk kita jalankan tips berikut ini:

1# Memastikan kebutuhan cairan tubuhmu terpenuhi

Jangan anggap remeh minum air putih ya, karena air putih membantu untuk membuang racun-racun agar keluar dari tubuhmu. Nah, kebutuhan air pada tubuh kita berbeda-beda, hal ini pengaruhi oleh aktivitasmu, cuaca, usia, apakah sedang hamil atau menyusui  dan juga jika sedang sakit.

Dipercaya sih, kita butuh enam hingga delapan gelas air setiap hari. Mungkin kita bisa ukur dari urin yang kita buang ya, jika setiap hari kita mengeluarkan urin sekitar 1-2 liter, maka air dalam tubuh kita harus diisi sejumlah itu juga.

2# Jaga kadar gula darahmu

Tahukah kamu kalau diabetes menjadi salah satu masalah utama penyebab gagal ginjal. Jadi, menjaga agar gula darah kamu tetap normal itu sangat penting, terlebih jika dalam keluargamu ada sejarah penderita diabetes.

3# Hati-hati dengan darah tinggi

Ya, darah tinggi selain meningkatkan resiko sakit jantung juga bisa menyebabkan gagal ginjal. Jadi jangan anggap remeh sakit darah tinggi ya.

4# Olahraga dan jangan sampai mengalami kelebihan berat badan atau obesitas

Pastikan kamu selalu olahraga secara teratur ya, minimal 3 sampai 4 kali seminggu. Hal ini penting, karena olahraga selain menjaga stamina tubuhmu juga bisa membantumu untuk tidak mengalami obesitas. Sebab obesitas bisa menjadi sumber penyakit seperti, darah tinggi, jantung, diabetes dan juga masalah ginjal.

5# Jalani diet yang sehat dan kurangi konsumsi garam

Diet makanan sehat meliputi makanan yang rendah gula, kolestorol, garam dan mengandung serat yang cukup. Pilihlah makanan seperti buah, sayuran, dan biji-bijian. Hindari makan terlalu banyak karbohidrat, seperti nasi, roti, dan mie ya.

6# Jangan konsumsi minuman beralkohol dan rokok

Minuman beralkohol bisa meningkatkan tekanan darah, dan bisa menambah kalori pada tubuh yang merangsang obesitas. Sedangkan rokok, bisa mengurangi aliran darah ke ginjal. Jadi, dua hal ini sangat berbahaya untuk ginjalmu, jangan pernah mengkonsumsinya ya.

7# Banyak bersyukur dan berdoa, dan hindari stress

Stres bisa meningkatkan tekanan darah, yang akan berdampak pada fungsi ginjalmu. Jadi, pilihlah untuk banyak bersyukur, berdoa dan berserah kepada Tuhan. Bersukacitalah senantiasa, sehingga kamu bisa menikmati kehidupan yang sehat yang Tuhan anugerahkan.

Nah, itulah pembahasan seputar ginjal yang semoga bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk hidup sehat. Ingat ya, bahwa tubuhmu itu adalah asset terbesarmu. Nilainya mahal loh, bayangkan kalau ginjal saja harganya bisa sampai milyaran, kalau seluruh organ tubuhmu dinilai dengan uang, tentu jumlahnya sangat besar kan.

Jadi, bersyukurlah kalau kamu sampai hari ini masih bisa menikmati kehidupan dengan tubuh yang sehat. 

Baca juga : 

Tuhan Berikan Ginjal yang Baru

Ditanya Soal Transplantasi Ginjal Selena. Francia : Satu-satunya Alasan Saya Adalah TUHAN

Selena Gomez Jalani Transplantasi Ginjal, Sang Ibu Mengaku Ketakutan

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami