Lagu Ulang Tahun Pertama Untuk Yesus
Kalangan Sendiri

Lagu Ulang Tahun Pertama Untuk Yesus

Lori Official Writer
      4163

Lukas 2: 8, 9-10

Di daerah itu ada gembala-gembala yang tinggal di padang menjaga kawanan ternak mereka pada waktu malam...Lalu kata malaikat itu kepada mereka: "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa:Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud.

 

Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 16; Wahyu 22; Ayub 8-10

Walaupun musim Natal gak akan lengkap tanpa nyanyian lagu Natal berjudul Noel yang merdu. Tapi hanya sedikit dari kita yang tahu asal usul lagu ini.

Lagu ini diyakini dikenal luas di Perancis selama abad ke-15. Noel berasal dari bahasa Latin yang berarti ulang tahun. Lagu ini diduga sudah tersebar melintasi negara Inggris sebelum tahun 1823 oleh para pengembara.

Noel dalam bahasa Inggris disebut dengan Nowell ini jadi lagu favorit di Malam Natal, terutama di bagian barat Inggris. Waktu itulah seluruh desa berkumpul untuk menyanyikan dan merayakan kedatangan kayu Yule. Waktu itu, lagu-lagu Natal dianggap sebagai lagu-lagu keagamaan yang populer dinyanyikan di luar gereja.

Lagu First Noel sendiri menceritakan gaya naratif yang jelas tentang kisah kelahiran Yesus. Keseluruhan lagu yang terdiri dari enam bait ini biasanya akan dinyanyikan disepanjang acara. Bait keenam mendesak kita untuk bersama-sama menyanyikan pujian kepada Tuhan atas keajaiban ciptaan-Nya dan untuk keselamatan yang disediakan melalui darah Kristus uan dicurahkannya. Pengulangan noel yang menggembirakan dalam refrain itu sama dengan menyanyikan selamat ulang tahun untuk seseorang.

Yang paling menarik adalah mengamati bahwa ‘Raja Israel’ untuk pertama kali diberitakan kepada kaum gembala saja, tapi dalam bait terakhir frasa ‘mari kita semua' dan kata 'umat manusia’ mengingatkan kita bahwa Kristus datang untuk menebus semua umat manusia.

Ucapan ulang tahun yang pertama disampaikan oleh malaikat kepada gembala-gembala di ladang saat mereka hendak menjaga domba-domba mereka, di malam yang saat itu sedang musim dingin.

Mereka mendongak dan melihat bintang yang bersinar di timur, jauh dari mereka, dank e bumi itu memberi cahaya besar, dan itu berlanjut dari siang hingga malam.

Dan oleh cahaya dari bintang yang sama, orang majus datang dari negeri nan jauh, mencari raja dan mengikuti kemanapun bintangnya pergi.

Bintang itu mendekat ke arah barat laut, di sebelah Betlehem bintang itu berhenti, dan di sanalah Yesus berbaring.

Lalu orang-orang majus itu masuk dan berlutut menyembah bayi Yesus dan mempersembahkan emas, kemenyan dan mur.

Jadi, marilah menyanyikan satu nyanyian pujian kepada Tuhan, yang sudah menjadikan bumi dan menebus umat manusia dengan darah-Nya.

Noel, noel! Noel, noel! Sang Raja Israel telah lahir!

 

Digunakan dengan ijin Devotion Book, Amazing Grace: 366 Inspiring Hymn Strories for Daily Devotions oleh Kenneth W. Osbeck

Ikuti Kami