Lori Mora

Official Writer
15460


Mayjen TNI Dr.dr.Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) RI baru saja dilantik menjadi Menteri Kesehatan (Menkes) menggantikan Nila Moeloek.

Kehadiran sosok pria lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada (UGM) ini di Kabinet Indonesia Maju periode kerja 2019-2024 memang hal yang tak disangka-sangka. Pasalnya dia sempat menghadapi kontroversi soal metode pengobatan stroke yang ia kembangkan atau yang dikenal dengan sebutan terapi cuci otak. Pasalnya, terapi ini dianggap melanggar kode etik kedokteran.

Terawan akhirnya dipecat dari keanggotaan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sejak 26 Februari 2018-25 Februari 2019 dan mencabut izin praktek dokternya.

Namun siapa sangka dibalik kontroversi metode cuci otaknya, Terawan justru sudah banyak menyembuhkan pasien yang mengalami stroke. Selama menjabat sebagai Kepala RSPAD Gatot Subroto, Terawan sudah banyak menyelamatkan nyata para prajurit TNI.

Karena hal itulah, banyak pihak yang memprotes tindakan pemberian sanksi oleh IDI terhadapnya. Mereka menilai, harusnya bangsa menghargai kerja keras yang dilakukan oleh dokter Terawan dalam menyelamatkan nyawa banyak orang.

Terlepas dari kontroversi tersebut, kehidupan pribadi sang dokter ini ternyata begitu menarik. Sang dokter religius, begitulah julukannya. Dalam kehidupannya sehari-hari, penganut Kristen Protestan ini dikenal gak pernah lupa berdoa sebelum menangani pasiennya.

Kebiasaan ini ternyata menular dari hasil didika dari orangtuanya. Terawan menjelaskan bahwa kebiasaan keluarga sejak kecil telah mendarah daging di dalam dirinya, termasuk kebiasaan berdoa dan mengandalkan Tuhan.

“Sejak lahir saya dibesarkan oleh keluarga yang religius. Bapak ibu memang mendidik saya seperti itu, sehingga itu terbawa terus sampai sekarang. Dan mereka selalu mengutamakan untuk kamu itu yang penting jadi orang yang jujur saja, apa adanya yang kuasa pasti menjaga kamu. Yang penting kamu terus rajin berdoa,” jelasnya.

Salah satu tindakan dokter Terawan dalam mengandalkan Tuhan saat sedang menangani pasien adalah selalu mengiringi proses pengobatan pasien dengan memutarkan instrumen-instrumen rohani. Dia percaya bahwa dia hanyalah alat yang dipakai Tuhan untuk menyembuhkan pasien. Sementara hasilnya ditentukan sepenuhnya oleh Tuhan sendiri. Keyakinan inilah yang selalu dipegang oleh dokter Terawan.

“Saya mengerjakan sesuai keilmuan saya yang diberikan yang kuasa. Saya berikan hal yang terbaik untuk pasien dan ternyata diberkati Tuhan. Jadi dia (pasien) bisa melihat dengan baik..Menurut saya (pasien sembuh) bukan karena saya. Saya percaya Tuhan yang mengatur dan ayat yang sering menjadi pegangan saya ada satu jangan kuatir akan apapun juga,” terangnya.

“Karena itu Aku berkata kepadamu: Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum, dan janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian?” demikian kutipan Matius 6: 25, yang selalu jadi pegangan dalam hidup dokter Terawan.

Selain dikenal sangat cinta Tuhan, Terawan juga adalah sosok yang peduli. Sebagai dokter dia tak pernah membeda-bedakan pasien dari status ekonominya. Bahkan dengan senang hati Terawan selalu membuka pintu bagi pasien yang tidak mampu untuk mendapatkan pengobatan yang layak.

“Banyak orang yang menjalani tindakan (pengobatan) dan tidak semua harus membayar. Saya percaya pada jalan Tuhan,” ungkapnya.

Dengan teladan kebiasaan, keyakinan dan namanya yang sudah dikenal di banyak kalangan pejabat maupun masyarakat mancanegara, dipastikan menjadi nilai plus yang dicatat oleh Presiden Jokowi dalam mempercayakannya menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

Bukan berarti jabatan ini ringan. Karena di Kementerian Kesehatan sendiri ada banyak pekerjaan rumah yang sedang menanti untuk dibereskan. Dan semoga dengan segala kemampuan dan keyakinannya akan penyertaan Tuhan, dokter Terawan bisa mengemban tugas ini dengan baik.

Untuk lebih tahu soal biografi lengkap dokter Terawan Agus Putranto, bisa dibaca di bawah ini:

PROFIL

Nama Lengkap: Terawan Agus Putranto

Tempat Tanggal Lahir: Yogyakarta, 5 Agustus 1964

Istri: Ester Dahlia

Anak: Abraham Apriliawan

 

PENDIDIKAN

S1, Fakultas Kedokteran, Universitas Gadjah Mada (UGM), 1990

S2, Spesialis Radiologi. Universitas Airlangga (Unair), Surabaya, 2004

S3, Doktor Fakultas Kedokteran, Universitas Hassanuddin (Unhas), Makassar, 2013

 

KARIER

dokter tahun 1990

Tim Dokter Kepresidenan, 2009

Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia

Ketua World International Committee of Military Medicine

Ketua ASEAN Association of Radiology

Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, 2015-sekarang

Anggota, Akademi Ilmu Pengetahuan Yogyakarta (AIPYo), 2016

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

advertise with us


7255

Banner Mitra Juni Week 1-2