Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
318


Yang namanya kesehatan badan, kita memang harus hati-hati dan menjaganya. Siapa sih yang ingin terbujur sakit di rumah sakit hanya karena lalai mengenali penyakit dalam tubuh kita? Tampaknya sih nggak ada.

Nah, buat kamu yang berusia 20-an, bersyukurlah bahwa kamu sedang berada dalam fase di mana semangatmu masih begitu membara. Kamu ngerasa sangat enerjik dan penuh gairah karena memang, tubuhmu masih dalam kondisi fit. Inilahyang membuat banyak orang di usia ini tergerak untuk mencoba hal-hal baru seperti bepergian ke tempat-tempat yang menantang, bertemu oran-orang baru dan lain sebagainya.

Tapi, jangan selalu berpikir kalau usia kamu yang masih muda ini sesuatu yang patut kamu sepelekan ya. Coba deh lihat, kamu memiliki gaya hidup yang bebas, minum alkohol sesuka kamu, pulang sampai larut malam, sering menghadap layar labtob dan lain sebagainya.

Itu sebabnya kamu pun harus mengambil waktu untuk mengecek kesehatan kamu sebelum menyesal. Kuat bukan berarti sehat loh!

1. Coba lakukan tes kesehatan mata, berlama-lama di depan komputer dan hape bisa bikin mata kamu rusak

Kondisi mata bisa berubah-ubah seiring berjalannya waktu loh, apalagi kamu masih muda dan setiap hari menghabiskan waktu di depan layar komputer, kemudian lanjut lagi ke depan hape sampai larut malam.

Meskipun kamu nggak ngerasa ada masalah dengan mata kamu, tapi kebiasaan seperti itu bisa bikin mata kamu lambat laun jadi rusak loh.

Jadi, coba deh lakukan tes kesehatan mata, apalagi kalau kamu sering merasa pandangan kamu kabur, pusing dan nyeri pada mata

2. Cek kesehatan gigi kamu, nggak ada salahnya loh!

Biasanya, yang pergi ke dokter gigi untuk cek kesehatan gigi adalah anak kecil. Yah, setelah dewasa begini, kadang-kadang memang nggak kepikiran, tapi pas gigi sudah mulai sakit karena belubang, baru deh tuh kita gercep pergi ke rumah sakit.

Padahal nih ya, kalau kita nonton TV dan lihat iklan pasta gigi, pasti kita hafal banget pernyataan mereka tentang runtin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Cuma kita nggak ngeh bahkan nggak pernah dilakukan.

Coba deh kamu pikirkan, berapa kali sehari kamu ngunyah makanan? Sering kan? Belum lagi jajanan dan lain sebagainya. Nah,  karena kebiasaan itu, mulut kita menjadi rawan sarangnya kuman, itu sebabnya gigi dan mulut harus rutin di cek. Sekalipun kamu nggak ngerasa sakit, tapi setidaknya lakukan deh 3,6, atau setahun sekali.

3.  Nggak harus jadi orangtua dulu baru cek kolestrol, di usia sekarang juga perlu!

Hey, cek kolestrol itu perlu banget apalagi kalau keluargamu ada riwayat penyakit jantung, dan ditambah lagi gaya hidup dan diet kamu yang nggak sehat.

Tau nggak sih kalau kolestrol tinggi itu bisa mengundang banyak penyakit seperti penyakit jantung ataupun stroke. Jadi, kamu memang perlu untuk melakukan cek rutin, selain itu mintalah dokter melakukan tes tambahan berupa tes lipoprotein. Karena tes ini dinilai lebih sensitif dibanding tes darah biasa, jadi pastikan melakukannya setidaknya 5 tahun sekali.

BACA JUGA : Bisa Bikin Bayi Lahir Dengan Autis, Jadi Hati-hati Dengan Polusi Udara Mom!

4. Buat kamu yang usianya 20 an tapi sudah nikah, sebaiknya lakukanlah tes penyakit seksual atau STI

Walaupun mungkin, kamu nggak ngerasain ada masalah dengan organ reproduksimu, akan lebih baik kalau kamu tetap melakukan tes penyakit menular seksual atau STI. Terlebih bagi kamu yang udah menikah dan aktif secara seksual. Ini penting banget untuk mendeteksi penyakit seperti klamidia, genorea, hepatitis dapai HIV.

5. Cek kondisi payudara kamu yuk, karena biasanya kanker payudara akan berkembang di usia 20-an

Sadarilah kalau memeriksa payudara sendiri bisa kamu lakukan secara rutin di rumah. Aapalgi buat kamu yang usianya 20-an, ini wajib banget kamu lakukan karena biasanya kanker payudara itu berkembang di usia kamu sekarang. Bila perlu, kamu bisa melakukan tes mammografi untuk mendeksi sel kanker yang mungkin berkembang di payudara kamu.

Gimanapun, lebih baik mencegah dari pada mengobati kan?

Jadi itulah 5 tes yang wajib kamu coba untuk menjaga kesehatan kamu supaya terhindar dari penyakit yang berbahaya ya. Jangan abaikan kesehatan kamu, karena tubuhmu harus terus menjadi sehat untuk melayani Tuhan. Kasihi tubuhmu sebagaimana Tuhan menciptakannya dengan tanganNya sendiri ya.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2