Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
305


Semua dari kita pasti sepakat bahwa polusi udara memang berbahaya bagi kesehatan, kan? Apalagi bagi ibu hamil, yang kita tahu kondisinya cenderung lebih rentan karena dia membawa bayi. Jadi, dia nggak cuma menyelamatkan kesehatannya tapi bayi yang ada dalam perutnya.

Penelitian menyebutkan bahwa dampak polusi kepada ibu hamil berkaitan dengan kelahiran prematur, berat bayi yang terlalu rendah, kematian anak di usia dini, bahkan gangguan pernapasan pada sang anak.

Nah, dikutip dari Sains.kompas.com, Dr. Lisa Miyashita yang adalan ikmuwan peneliti mengatakan, " Kami sudah lama mengetahui bahwa dampak polusi udara bisa memengaruhi tumbuh kembang janin, dan dampak buruknya bisa berlanjut hingga bayi lahir dan sepanjang hidup mereka.”

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan Europan Respiratory Society Internasional Congress menemukan sebuah bukti baru setelah memeriksa plasenta dari 5 ibu yang melahirkan bayinya dengan sehat dan tak pernah merokok seumur hidup.

Nah, hasil penelitiannya menunjukkan bahwa ketika ibu hamil menghirup udara yang berpolusi , ada partikel hitam seperti jelaga yang masuk ke dalam plasenta si ibu. Partikel hitam tersebut berbentu persegi, dan akan berbahaya bagi kesehatan janin.

Setelah diteliti, ternyata zat atau partikel hitam itu dipercaya sebagai partikel karbon yang kalau di hirup akan berpindah dari paru-paru ibu hamil, kemudian mengikuti sirkulasi darah dan masuk ke dalam plasenta.

Nggak cuma itu, dokter lain yang meneliti hal ini yaitu Dr. Liu juga mengatakan bahwa polusi yang masuk ke dalam plasenta kemungkinan besar akan berefek kepada janin yang di dalam kandungan.

Nah, buat ibu-ibu yang belum tahu, ini nih dampak yang terjadi pada anak ketika kamu melulu terpapar polusi apalagi rokok :

1.  Bayi lahir dengan berat badan yang rendah

Pada umumnya, berat ideal seorang bayi yang baru lahir itu sekitar 2,7 kg sampai 4 kg. Sementara itu, polusi udara bisa menyebabkan resiko buruk seperti rendahnya berat badan bayi ketika lahir. Yah, bisa 22kg ke bawah. Bayangkan betapa kecilnya sang bayi kan?

2. Bisa mengakibatkan bayi lahir dengan prematur

Dikutip dari Medcom.id, sebuah studi dari The Stockholm Environment Institude menemukan bahwa hampir 3 juta bayi lahir secara prematur setiap tahunnya karena polusi udara.

Jadi bisa kamu bayangkan betapa polusi udara benar-benar berpengaruh banget buat kesehatan kandungan kamu?

3. Menyebabkan bayi lahir dengan berkebutuhan khusus yaitu autis

Siapa sih yang ingin anaknya lahir dengan autis? Mungkin tidak banyak yang mengira akan buruknya polusi udara sampai bikin bayi lahir autis seperti ini. Yap, hal ini sudah terbukti oleh penelitian yang dilakukan oleh Harvard.

Menurut peneliti tersebut, wanita yang terpapar polusi dengan partikel yang tinggi selama trimester kehamilan akan mengalami 2 kali lebih besar melahirkan anak dengan autisme, terutama bagi kamu yang mungkin tinggal di jalan raya.

4. Memperburuk penyakit asma, teruntuk yang punya sakit asma

Polusi udara akan memperburuk penyakit asma. Pada waktu hamil, hal ini bisa berbahaya loh karena asma bisa menyebabkan preeklampsia, yaitu kondisi dimana tekanan darah kamu naik dan ginjal dan hati kamu tidak berfungsi dengan normal.

BACA JUGA :

7 Manfaat Berjalan Kaki di Pagi Yang Nggak Kamu Tahu. Abis Baca Ini, Pasti Nyesal Deh!

Nah, ketika asma kamu semakin buruk kemudian kamu ditangani, otomatis ini mempengaruhi janin kamu. Yap, dia akan kekurangan oksigen dan pertumbuhannya menjadi buruk, seperti kelahiran prematur dan berat lahir rendah tadi.

Sekarang, kamu sudah tahu kan betapa bahayanya polusi udara bagi kesehatanmu terutama bayi dalam kandunganmu.

Coba deh lindungi dirimu dan bayi dengan cara ini :

1. Menghindari area yang tingkat polusi udaranya tinggi banget

Kalau kamu tinggal di dekat jalan raya, maka upayakan untuk tidak sering-sering nongkrong depan teras, dan jangan sering-sering keluar rumah dan sengaja melewati lokasi yang penuh dengan polusi.

2.  Kalau tidak memungkinkan, maka pakai masker saja setiap keluar rumah

Nah, kalau memang kamu harus melewati tempat-tempat berpolusi, maka usahakan untuk selalu pakai masker. Karena masker akan membantu kamu terhindari dari paparan polusi secara langsung.

3. Kalau bisa, usahakan naik mobil kemana pun ya

Kenapa harus naik mobil? Karena dengan naik mobil, kamu akan terhindar dari paparan polusinya secara langsung.

4. Jauhi perokok

5. Taruh pot tanaman di sekitar rumah kamu biar bisa membantu menyerap polusi dan memberikan udara yang lebih segar.

 

Setelah mengetahui ini, semoga ibu-ibu atau calon ibu belajar sesuatu. Selain itu, untuk para suami juga ingatkan pasanganmu dan pastikan mereka tidak terpapar polusi ya. Demi anak yang sehat, lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan?

 

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3