Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
466


Istri manapun pasti gak suka kalau suaminya mulai berubah jadi pecandu alkohol. Bukan hanya karena alcohol bisa merusak pernikahan. Tapi minuman keras ini juga bisa merusak kesehatan diri perlahan-lahan.

Gak ada yang menginginkan tubuh yang sakit bukan? Begitu juga dengan seorang pria. Meskipun minum-minuman keras dirasa nikmat. Tapi tetap saja baik secara agama maupun kesehatan, minum dalam jumlah yang berleihan bahkan sampai menjadi pecandu berat alkohol dianggap bukan sesuatu yang baik.

Jadi, jangan heran kalau banyak dari para istri kerap marah atau bahkan kesal ketika mendapati suaminya pulang ke rumah dalam keadaan teller atau mabuk.

Tentu saja sebagai istri, dia mengkhawatirkan kesehatan pasangannya. Dan di sisi lain, dia juga ingin supaya suaminya jadi teladan yang benar buat anak-anaknya.

Bagi para suami pecandu alkohol yang mungkin sudah merasakan dampak buruk akohol dan bahkan yang baru saja mneyadari bahwa kebiasaan ini ternyata merusak hubunganmu dengan pasangan. Saatnya berani untuk melepaskan keterikatanmu.

Mungkin dalam prosesnya memang gak bakal gampang. Tapi dengan 8 cara ini kamu pasti bisa mengatasi kecanduanmu.

1. Ubah pergaulanmu

Tetapi yang kutuliskan kepada kamu ialah, supaya kamu jangan bergaul dengan orang, yang sekalipun menyebut dirinya saudara, adalah orang cabul, kikir, penyembah berhala, pemfitnah, pemabuk atau penipu; dengan orang yang demikian janganlah kamu sekali-kali makan bersama-sama. – 1 Korintus 5: 11

Perubahan hanya akan terjadi bagi pecandu alkohol, kalau mereka benar-benar mengubah pergaulannya.

Salah satu cara yang paling konkrit adalah menjauhi para pecandu lainnya. Lalu mulai bergaul dengan orang-orang yang termotivasi untuk hidup sehat. Mulailah bergabung dengan pria-pria gereja yang sama sekali bukan peminum, teman kantor yang lebih suka minum air putih, atau saudara terdekatmu yang punya gaya hidup sehat.

2. Lakukan kegiatan-kegiatan yang positif

Sebab tidak pernah orang membenci tubuhnya sendiri, tetapi mengasuhnya dan merawatinya, sama seperti Kristus terhadap jemaat.. - Efesus 5: 29

Salah satu penyebab seseorang terjebak dalam kecanduan alkohol adalah karena tekanan, kesepian, rasa lelah, kemarahan, dan lapar. Untuk bisa melawan keinginan untuk minum alkohol, jangan biarkan sedikitpun celah untuk kondisi-kondisi tersebut. Cara paling mudah menghindarinya adalah menyibukkan dirimu dengan melakukan hal-hal bermanfaat untuk tubuhmu. Misalnya, olahraga bersama teman-teman dekat. Atau melakukan hobi yang paling kamu gemari.

3. Berkomitmen menjalani terapi

Robert Downey, pemeran Iron Man adalah seorang mantan pecandu alkohol kronis. Karena kecanduan, pernikahannya hancur dan karirnya juga ikut kena imbas. Hanya dengan komitmen yang kuatlah Robert Downey akhirnya sembuh dan tak lagi tertarik kembali ke kelamnya.

Inilah bentuk dari sebuah komitmen untuk sembuh dari kecanduan. Hanya dengan kemauanlah kita bisa berubah.

4. Jangan pernah coba-coba

Salah satu kesalahan seorang pecandu alkohol yang hampir sembuh adalah anggap sepele. Pikiran sembuh sepenuhnya biasanya membuat pecandu menantang dirinya sendiri. Dan saat tiba mulai mencicipi sedikit alkohol, perlahan-lahan mereka akan kembali lagi ke kebiasaan buruknya.

Jadi, tetaplah berhati-hati. Jangan sampai usahamu untuk sembuh total sia-sia hanya karena kamu mencobai diri sendiri.

5. Perdalam agama

Sebuah studi yang meneliti tentang otak menemukan bahwa seorang pecandu alkohol akan lebih mudah sembuh saat mereka melibatkan keyakinannya. Dalam sebuah penelitian tahun 2006 menemukan bahwa agama bisa menurunkan tingkat stress dan meningkatkan kualitas kehidupan seseorang.

Agama membuat seseorang terkoneksi dengan Tuhan. Sehingga seseorang akan merasa lebih damai dalam menjalani hari-harinya.

6. Mulai cintai dirimu sendiri

 Mengucapkan kata-kata yang tidak membangun bagi diri sendiri hanya akan membuat seseorang mulai menyalahkan diri. Akibatnya, alkohol akan jadi jalan keluar untuk menghilangkan rasa benci terhadap dirinya.

Untuk tidak terjebak dalam lingkaran kebiasaan merusak ini, mulailah memperkatakan kata-kata membangun untuk dirimu sendiri. Perkatakan bahwa kamu berharga, punya potensi, dan dikasihi.

Demikianlah sekarang tidak ada penghukuman bagi mereka yang ada di dalam Kristus Yesus. - Roma 8: 1

7. Ikut kelompok konseling pecandu alkohol

Di Indonesia, beberap gereja sudah menyediakan semacam kelompok konseling untuk menangani orang-orang yang terikat dalam masalah tertentu. Biasanya orang-orang ini akan bertemu dalam suatu waktu, lalu berbagi tentang masalahnya dan mencari solusi untuk mendukung mereka lepas dari kebiasaan itu.

Jika kamu tahu ada gereja yang menyediakan pelayanan konseling semaca ini, segeraLah bergabung. Bersama mereka kamu bisa lebih cepat dan mudah untuk kembali menjalani kehidupan normalmu, jauh dari alkohol.

8. Jalani gaya hidup yang baru

Mulailah hobi yang baru. Bergabung dalam komunitas-komunitas sosial. Cobalah hal-hal baru dan nikmati apa yang kamu jalani.

Sadarilah bahwa menjadi pecandu alkohol bukanlah panggilan Tuhan atas hidupmu. Setiap suami dipanggil untuk menjadi pemimpin dalam rumah tangganya dan menjadi teladan yang baik bagi istri dan anak-anaknya. Jadi, jangan pernah merusak kepercayaan pasangan dan bahkan Tuhan atas hidupmu. Jadilah pria yang sehat dan tunjukkan bahwa kamu pantas dikasihi oleh semua orang.

Sumber : Crosswalk.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer

Brutal Fight 21 November 2019 - 09:37:32

Pacaran yang baik menurut alkitab

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3