Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

vjay

Official Writer
551


Seberapa sering kamu makan di luar atau sekedar beli kopi kegemaranmu lewat aplikasi ojek online? Tahukah kamu berdasarkan sebuah riset bahwa penghasilan anak milenial saat ini 80% dihabiskan untuk memenuhi gaya hidup, seperti makan di luar, ngopi di kafe dan juga liburan.

Berdasarkan artikel yang dirilis oleh Moneysmart.id, anak muda kelas menengah di Jakarta mengeluarkan uang sebesar Rp. 3.266.000,- setiap bulannya untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup mereka. Padahal saat ini Upah Minimum Provinsi (UMP) di Jakarta hanya 3,9 juta rupiah.

Bahkan menurut Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi (MRE), Andi Nugroho fenomena gaya hidup seperti ini terjadi di semua kota besar, bahkan merambah ke kota-kota kecil di Indonesia. Wah, sudah bahaya nih..

Apa kamu termasuk dari mereka juga? Kalau iya, harus berubah tuh…

Nongkrong bareng teman tentu boleh, apa lagi jalan-jalan. Tapi selain itu kita harus memikirkan masa depan juga loh. Apalagi buat kamu yang akan menikah dan sudah menikah, jangan sampai gaji mengalir begitu saja.

Daripada ngabisin duit buat gaya hidup nih, yuk alokasikan uang untuk hal yang penting dan mulai investasi. Apalagi kalau kamu sampai terjerat utang online cuma untuk memenuhi gaya hidupmu, jangan sampai dilakukan ya.

Cara mulainya gimana?

1# Bikin challenge stop makan di luar, klo bisa ajak teman-temanmu juga

Ya, ajaklah teman-temanmu untuk ikutan challenge ini, biar senasib sepenanggungan gitu. Kalau sekali makan di luar bisa habis 50 – 100 ribu,  kalau sebulan 10 kali saja, kamu bisa menabung 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

Nah, biar maksimal, nabungnya pilih yang memberi imbal balik tinggi, seperti surat berharga negara (SBN) yang memberikan imbal balik 7,5% setahun, reksadana  dengan imbal balik 7-20% per tahun dan juga nabung saham.

2# Tolak godaan diskon belanja online

Yang satu ini agak berat ya, gimana ngga? Smartphone selalu di tangan, tawaran diskon sering pop up muncul di layar. Apa lagi pas dekat-dekat gajian. Saat inilah kita harus menguatkan iman, dan menolak semua godaan diskon itu.

Selain itu kamu harus buat rencana belanja bulanan, jadi kamu ngga main pencet sana-sini dengan belanja online. Buatlah daftar kebutuhan kamu yang perlu kamu beli. Diluar daftar itu, jangan dibeli ya.

Kamu harus disiplin dengan pengeluaranmu, pastikan sudah sesuai dengan anggaran yang kamu buat.

3# Bikin target tabungan yang realistis

Selain menahan godaan belanja dan jajan nih, kamu juga harus buat target tabungan yang nilainya realistis, alias bisa dicapai. Jadi, jangan kamu bikin target punya tabungan 100 juta rupiah di akhir tahun 2019 ini kalau kamu cuma bisa nabung 500 ribu perbulan.

Dengan target yang bisa dicapai, akan membuat kamu semangat. Selain itu juga kamu juga harus punya alasan mengapa kamu harus menabung. Pastikan alasan itu penting buat kamu, sehingga kamu akan berusaha keras agar target kamu itu kamu penuhi.

4# Bikin reward dan punishment buat diri kamu sendiri

Nah, kalau kamu berhasil nih melakukan 3 langkah di atas, kamu juga harus buat reward and punishment buat dirimu sendiri jika kamu berhasil atau gagal.

Contohnya, kalau kamu bulan ini gagal memenuhi challenge bulan ini, yaitu mengurangi makan di luar dari 10 kali sebulan jadi 5 kali sebulan. Tapi ternyata kamu bulan ini 7 kali makan di luar, jadi kamu akan menghukum dirimu dengan mengalokasikan anggaran buat nonton film untuk kamu tabung. Atau kamu akan meningkatkan challenge di bulan depan jadi 7 kali tidak makan di luar.

Demikian juga sebaliknya, kalau kamu berhasil nih, kamu harus kasih hadiah pada dirimu sendiri. Seperti sepotong es krim untuk sebuah keberhasilan di challenge penghematan di bulan ini.

Jadi sobat milenial, penghasilan yang cuma UMR bukan alasan untuk kamu tetap jadi sobat misqueen. Kamu juga bisa jutawan atau milyader loh, kalau kamu mengelola keuangan dengan baik sejak masa muda kamu. Kamu bisa belajar tokoh-tokoh sukses seperti Warren Buffet atau Mark Zuckerberg yang hidup sederhana, dengan penampilan yang biasa saja walau mereka termasuk dalam daftar orang terkaya di bumi.

Apa lagi kita? Ya kan.. Pastikan harta yang Tuhan percayakan kepada kita dikelola dengan baik.

Baca juga:

Super Receh, Tapi Nyatanya Ini 3 Hal Yang Bikin Para Milenial Bangkrut!

Anda Pekerja Perantau Simak 7 Trik Ini Bantu Atur Pengeluaran

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dina Yohana 23 July 2019 - 12:41:40

lowongan kerja

0 Answer

Riama Manik 22 July 2019 - 18:53:22

Negara apa yang terletak paling utara

0 Answer

Buster street Wear 22 July 2019 - 12:34:35

Biseksual

1 Answer


Marlina - 21 July 2019 - 15:09:28
Saya Marlina saat ini saya sedang terlilit hutang ... more..

Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Testify Juli Week 4


7273

Banner Fun Run Week 4