Mega Permata

Official Writer
1936


Menjadi seorang perantau memang bukan perkara gampang. Bekerja di luar kota, jauh dari rumah atau bahkan di luar negeri sekalipun harus bisa mengatur keuangan kita. Salah satunya dengan mengelola penghasilan dengan tekun bisa membantu kamu belajar menggunakan uang dengan bijaksana. Banyak yang harus diperhatikan seperti biaya sewa rumah, tabungan, biaya sehari-hari, transportasi dan pengeluaran lainnya. Untuk itu perhatikan beberapa tips ini bagi Anda seorang perantau dalam mengatur keuangan;

Pertama, Meninjau Lokasi

Baik bagi yang baru kerja atau memang tuntutan pekerjaan yang mengharuskan pindah atau menempati lokasi perusahaan daerah lain, sebaiknya memang terlebih dulu meninjau langsung lokasi baru Anda itu. Bisa dengan bertanya-tanya kepada teman atau kerabat kerja yang pernah atau memang tinggal di daerah tempat Anda. Hal ini untuk mengetahui seperti apa situasi disana, memperhitungkan berapa biaya tempat tinggal, transportasi, strategis atau tidak, keamanan, dan lain-lainnya. Dan kalau bisa dapatkan tempat tinggal yang cocok dengan kondisi keuangan Anda.

Kedua, Buat Skala Prioritas

Dengan membuat skala prioritas ini, membuat Anda menjadi lebih bijaksana dalam pengeluaran. Bedakan untuk hal utama dan keinginan. Memang banyak sekali yang kita inginkan untuk bertahan hidup, tetapi pastikan dalam hal keinginan itu ada hal utama yang harus Anda lakukan, Anda sisihkan. Seperti biaya tempat tinggal, bayar air, listrik dan juga kebutuhan makanan harus dijadikan prioritas.

Ketiga, Sisihkan biaya untuk sehari-hari selama sebulan

Jika Anda sudah membuat skala prioritas itu, sekarang buatlah anggaranbiaya pengeluaran shari-hari untuk tiap bulannya. Dengan ini diharapkan bisa digunakan untuk mengatur jumlah pengeluaran Anda tiap bulannya. Yang penting adalah menggunakan uang secara efektif dan efisien yang nantinya di ‘tanggal tua’ Anda tidak kekurangan ataupun krisis.

Keempat, Memiliki rekening tabungan

Pastikan Anda memiliki rekening tabungan. Anda dapat mengirimkan uang tabungan atau hasil tabungan Anda kepada sanak saudara atau orangtua Anda yang berada jauh. Nah, untuk Anda dapat menghasilkan tabungan masa depan atau untuk orangtua, perhatikan caranya menabung ini. Setelah Anda memiliki rekening tabungan, dengan ini Anda bisa belajar mengelola secara bijak dengan menyisihkan penghasilan Anda untuk dipindahkan ke rekening tabungan sejak awal Anda menerima gaji. Normalnya dengan menyisihkan 10 persen dari gaji Anda untuk dimasukkan ke rekening tabungan.  

Kelima, Hindari Memakai Kartu Kredit

Pemakaian kartu kredit yang masih ada dibawah kontrol bukan menjadi masalah namun apabila Anda terlalu nyaman dengan kartu kredit sehingga membuat Anda menggunakannya diberbagai kesempatan, sebaiknya Anda sudah mulai untuk menjauhkannya. Sekali lagi pertimbangkan penggunaan kartu kredit ini, jangan terlalu loyal menggunakannya.

Keenam, Pintar melihat momen harga miring alias diskon

Jika Anda sedang berkeliling atau sedang jalan-jalan di pusat perbelanjaan atau supermarket dan sedang ada promo atau diskon, kenapa tidak dimanfaatkan saja. Siapa tahu barang atau sesuatu yang penting Anda butuhkan sedang didiskon tidak salahnya Anda meliriknya. Jauhkan anggapan oranglain yang negatif pada saat dia melihat diskon. Dengan membeli barang diskon tentu sekali lagi kita bisa jauh lebih hemat dalam pengeluaran lho. Tetapi dibalik harga diskon, Anda harus teliti benar melihatnya. Perhatikan harga awal dan harga sesudah diskon, jika memang menguntungkan Anda boleh saja Anda membelinya. 

Poin ini juga berlaku dalam hal membeli tiket pulang. Banyak maskapai penerbangan yang menawarkan harga tiket promo. Anda bisa melihatnya sebagai peluang baik untuk kembali pulang ke daerah asal. Biasanya harga tiket akan lebih murah saat jauh-jauh hari sebelumnya. Dengan harga promo dan merencanakan perjalanan sedini mungkin akan membuat biaya menjadi lebih imbang.

Ketujuh, Belajar Memasak

Pastinya kita memiliki sifat pemilih makanan dalam diri sendiri. Apalagi bagi yang mempunyai alergi atau gangguan kesehatan, harus teliti lagi dalam hal makanan. Untuk itu sebaiknya Anda mulai sekarang harus belajar memasak. Karena selain menghindari hal yang tidak diinginkan tubuh Anda, selain itu juga dapat menghemat pengeluaran Anda. Daripada Anda selalu makan atau jajan di luar yang mengeluarkan uang lebih, dengan memasak, jauh lebih efisien dan efektif dalam hal keuangan Anda. Apalagi bagi perantau di Luar Negeri biaya hidup pasti lebih banyak dikeluarkan, jadi setidaknya Anda belajar untuk memasak sendiri.

Ketujuh tips diatas semoga dapat membantu keuangan Anda tetap aman, tidak was-was, terkendali dan terhindar dari krisis di tanggal tua. Selamat mencoba dan hidup hemat.

Sumber : Berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra April Week 2