Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

intadestria

Official Writer
787


Goliat merupakan salah satu raksasa yang paling terkenal di Alkitab. Gimana tidak, kisah seorang yang berkali kali lipat dari seukuran manusia biasa ini bisa dikalahkan oleh Daud hanya menggunakan sebuah ketapel.

Selain Goliat, ternyata Alkitab cukup banyak menuliskan soal raksasa, lho. Sebenarnya, apakah raksasa itu benar-benar ada di bumi ini? Lalu, kok bisa sih mereka ada di bumi?

Yuk simak ulasannya bersama Fakta Alkitab berikut.

Secara terang-terangan, Alkitab memang mencatat kalau ada raksasa yang pernah hidup di bumi, terutama pada jaman-jaman Alkitab ditulis.

Dalam Kejadian 6:4, "Pada waktu itu orang-orang raksasa ada di bumi, dan juga pada waktu sesudahnya, ketika anak-anak Allah menghampiri anak-anak perempuan manusia, dan perempuan-perempuan itu melahirkan anak bagi mereka; inilah orang-orang yang gagak perkasa di zaman purbakala, orang-orang yang kenamaan."

Pada ayat di atas inilah kali pertama dimana raksasa ini ditulis.Dalam bahasa Ibrani, raksasa disebut degan nepilim, sementara anak-anak Allah adalah B'nei Ha'Elohim. Kata Ha'Elohim b'nei yang ada dalam Kejadian 6:4 merupakan kata yang sama persis dengan kata-kata yang digunakan dalam kitab Ayub yang menunjuk referensi kepada Para Malaikat.

Ayub 1:6, "Pada suatu hari, datanglah B'nei Ha'Elohim menghadap TUHAN dan diantara mereka datang juga iblis untuk menghadap TUHAN."

Artinya, Kejadian 6:4 merupakan kisah dimana malaikat yang jatuh ke dunia menyamar menjadi manusia dan menghampiri anak-anak manusia. Persilangan antara manusia dan malaikat tersebut menghasilkan para nepilim atau raksasa.

Sementara kata gagah perkasa yang ada dalam Kejadian 6:4, berasal dari kata Ibrani, Gibor. Gibor sendiri punya banyak arti, sehingga harus disesuaikan dengan konteks kalimat yang digunakan.

Gibor: berkuasa, tiran, jawara, pemenang, pemimpin, terkemuka, raksasa, manusia, manusia raksasa, orang kuat, gagah perkasa, mempunyai kekuasaan, pejuang, kuat, orang pemberani, dan pahlawan. Kata gibor juga digunakan untuk mendeskripsikan para pahlawan Raja Daud atau para raksasa.

Dalam Kejadian 6:4, teksnya secara jelas menunjukan bahwa mereka itu raksasa, khususnya bila dibandingkan dengan tulisan-tulisan ibrani kuno di luar Alkitab sebagai pertimbangan.

Apa yang dilakukan setan dan para malaikat yang jatuh dalam peristiwa Kejadian 6 adalah sebuah usaha yang digunakan untuk memusnahkan benih wanita yang suatu hari akan meremukan kepala iblis dalam Kejadian 3:15, "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya."

Caranya ini adalah dengan merusak ras murni manusia dan menggantinya dengan ras hybrid atau raksasa. Sejak Kejadian 6:4, tercatat bahwa sudah mulai ada raksasa di muka bumi sampai akhirnya Tuhan mendatangkan Air Bah dan membinasakan semua orang kecuali Nuh dan tiga orang anaknya yang adalah keturunan Ras Murni manusia.

Kejadian 6:9, "Inilah riwayat Nuh: Nuh adalah seorang yang benar dan tidak bercela di antara orang-orang sezamannya; dan Nuh itu hidup bergaul dengan Allah."

Kata tidak bercela dalam bahasa Ibrani berarti Tamim, yang juga berarti sempurna, tanpa cacat, tidak bercela, tidak tercemar, dan benar. Dengan kata lain, kalau Nuh secara genetika merupakan orang yang benar-benar murni.

Namun, bagaimana bisa raksasa masih ada di bumi setelah kejadian Air Bah bahkan sampai Raja Daud?

Setelah Air Bah, anak-anak Nuh mulai mempunyai keturunan. Anak-anak Nuh adalah Sem, Ham dan Yafet (Kejadian 9:18).

Ham merupakan bapak Kanaan. Kita tahu bahwa para raksasa tinggal di Kanaan, atau dengan kata lain, mereka adalah keturunan dari Ham. Kejadian 10:15-16, "Kanaan memperanakkan Sidon, anak sulungnya, dan Het, serta orang Yebusi, orang Amori dan orang Girgasi."

Beberapa raksasa seperti Goliat berasal dari Filistin. Darimanakah orang Filistin berasal? Jawabannya ada dalam Kejadian 10:13-14,

"Misraim memperanakkan orang Ludim, orang Anamim, orang Lehabim, orang Naftuhim, orang Patrusim, orang Kasluhim dan orang Kaftorim; dari mereka inilah berasal orang Filistin."

Miraim ini merupakan anak dari Ham yang merupakan sepupu dari Kanaan. Ras raksasa ada di daerah Kanaan yang terdiri dari 6 suku bangsa yang diperintahkan Tuhan untuk dimusnahkan oleh Israel: "Melainkan kautumpas sama sekali, yakni orang Het, orang Amori, orang Kanaan, orang Feris, orang Hewi, dan orang Yebus, seperti yang diperintahkan kepadamu oleh TUHAN, Allahmu." (Ulangan 20:17).

Kemudian, Daud dan orang Israel lainnya menumpas sisa-sisa keturunan Raksasa yang ada.

Jadi, menurutmu, apakah manusia raksasa masih mungkin ada di muka bumi ini? 

Sumber : JC CHANNEL

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Ivan Sitompul 9 June 2019 - 12:36:56

Tujuan tuhan yesus naik ke surga

0 Answer

Juan Sih 31 May 2019 - 22:21:57

Apakah hari sabat yang dimaksud alkitab adalah har.. more..

0 Answer

liana 27 May 2019 - 14:56:37

menikah tanpa sex

1 Answer


Yu55 Ch4nnel 28 May 2019 - 16:51:25
Bertahun2 saya meninggalkan Tuhan Yesus,hanyut dng... more..

Wellyanti Oktavia Selan Welly 19 May 2019 - 19:45:52
Selama 10tahun hidup berkeluarga, yang saya rinduk... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:05
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Dendank 15 May 2019 - 19:54:04
Saat Ini saya sangat membutuhkan Dana 400 ribu unt... more..

Banner Mitra Juni Week 3


7265

Fun Run