Fakta  Alkitab : Buah Dudaim Yang Begitu Diinginkan Rahel Yang Berbau Sangat Harum
Sumber: JC Channel

Kata Alkitab / 13 December 2017

Kalangan Sendiri

Fakta Alkitab : Buah Dudaim Yang Begitu Diinginkan Rahel Yang Berbau Sangat Harum

Puji Astuti Official Writer
20642

Apakah kamu pernah mendengar tentang buah dudaim? Ya, buah ini hanya muncul dua kali di Alkitab. Yang pertama ada di Kejadian 30:14-16, 

"Ketika Ruben pada musim menuai gandum pergi berjalan-jalan, didapatinyalah di padang buah dudaim, lalu dibawanya kepada Lea, ibunya. Kata Rahel kepada Lea: "Berilah aku beberapa buah dudaim yang didapat oleh anakmu itu."

Jawab Lea kepadanya: "Apakah belum cukup bagimu mengambil suamiku? Sekarang pula mau mengambil lagi buah dudaim anakku?" Kata Rahel: "Kalau begitu biarlah ia tidur dengan engkau pada malam ini sebagai ganti buah dudaim anakmu itu."

Ketika Yakub pada waktu petang datang dari padang, pergilah Lea mendapatkannya, sambil berkata: "Engkau harus singgah kepadaku malam ini, sebab memang engkau telah kusewa dengan buah dudaim anakku." Sebab itu tidurlah Yakub dengan Lea pada malam itu.

Apa yang membuat Rahel begitu menginginkan buah dudaim itu? Yuk simak penjelasan dari Bambang Kristanto Sitompul,S.Si, Kabid Museum Lembaga Alkitab Indonesia berikut ini: 

"Buah dudaim ini memang di Alkitab hanya disebut dua kali, di Kejadian lalu di Kidung Agung. Ini adalah buah yang jarang disinggung dibandingkan dengan buah-buah yang lain. Dalam budaya kuno (Timur Tengah) mereka percaya bahwa buah ini menimbulkan efek rangsangan jika makan buah itu."

Jika membaca lebih rinci di Kejadian 30 itu, kita bisa temukan bahwa Rahel saat itu belum memiliki anak sekalipun ia adalah istri yang sangat dicintai Yakub. Itulah sebabnya Rahel merelakan suaminya untuk tidur dengan Lea, kakaknya karena ia berharap bahwa dengan buah dudaim itu ia bisa mendapatkan keturunan. 

Dudaim, tanaman yang tumbuh ditempat kering

Buah Dudaim sendiri tumbuh di daerah-daerah yang kering dan berbatu. Dalam bahasa latin Dudaim dikenal sebagai Mandragora officinarum atau Mandragora autumnalis. Tanaman ini sejak jaman purba dikenal memiliki daya magis sehingga sering digunakan dalam ritual sihir atau perdukunan. 


Dampak buah dudaim

Kandungan alkaloid tropane deliriant halusinogen  dalam buah dudaim ini bisa berdampak seperti obat penenang tetapi jika dikonsumsi terlalu banyak bisa menimbulkan keracunan seperti muntah-muntah dan diare. 

Berbau sangat khas dan menyengat

Seperti yang dituliskan dalam Kidung Agung 7:13, "Semerbak bau buah dudaim; dekat pintu kita ada pelbagai buah-buah yang lezat, yang telah lama dan yang baru saja dipetik. Itu telah kusimpan bagimu, kekasihku!" Bau buah dudaim sangat khas dan menyengat. 

Nah buat JCers yang mau nonton video pembahasan buah dudaim ini, kamu bisa klik langsung gambar di atas dan kalau mau tahu berbagai pembahasan Fakta Alkitab lainnya bisa langsung kunjungi channel YouTube JC Channel dengan KLIK DISINI. 

Sumber : JC Channel
Halaman :
1

Ikuti Kami