Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

lori_mora

Official Writer
367


Ceritanya ada banyak kaum millennial yang bersemangat untuk mengubah dunia lewat beragam startupnya. Sayangnya, untuk memulai tujuan itu mereka seringnya harus dikejar-kejar pinjaman dan utang sana sini.

Pinjaman ini memang adalah untuk tujuan modal usaha. Tapi ya namanya usaha, pasti ada masa dimana mereka juga akan mengalami kegagalan. Akibatnya, mereka mulai dicengkeram rasa takut kalau-kalau tak mampu membayar kembali pinjaman mereka.

Kurangnya pelatihan soal keuangan dan tingginya pengeluaran juga jadi faktor yang membuat mereka terikat dengan utang. Dengan semua utang ini, tentu mereka akan lebih sulit untuk membeli rumah, punya mobil, menabung untuk dana pensiun dan berumahtangga.

Banyak kaum millennial yang mulai bertanya-tanya bagaimaan mereka bisa membuat perubahan di dunia kalau mereka saja masih belum bisa membayar utang.

Setiap orang sukses pasti sudah pernah berada di sana. Ada proses sulit yang pasti pernah dilalui sebelum meraih kesuksesan. Dan sebagai orang Kristen, kita bahkan beruntung karena punya panduan pengelolaan uang terbaik.

Ada 4 prinsip alkitabiah yang bisa kaum millennial adaptasi kalau mau keuangannya sukses.

1. Ganti kata ‘milikku’ jadi ‘milik Tuhan’

Banyak dari kita yang memandang uang, harta benda dan talenta kita sebagai miliki kita sendiri. Kita bahkan merasa bangga sekali dengan apa yang kita punya.

Maka janganlah kaukatakan dalam hatimu: Kekuasaanku dan kekuatan tangankulah yang membuat aku memperoleh kekayaan ini. Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu....(Ulangan 8: 17-18)

Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya. (Mazmur 24: 1)

Dua ayat di atas adalah prinsip yang harus kita ingat soal uang dan harta. Bahwa semua yang kita punya adalah milik Tuhan. Kita hanya sebagai pengelola dimana kita meminta supaya Tuhan memberikan kita kreativitas untuk cerdas mengelola keuangan.

2. Ganti kata ‘Kamu hanya hidup sekali’ dengan ‘Kamu harus hidup lebih baik dengan hikmat’

Kata ‘Kamu hanya hidup sekali’ membuat kaum millennial tak memiliki kontrol dalam hal membelanjakan uangnya. Slogan ini bahkan membuat kita hanya jadi manusia yang menikmati hidup hanya dalam satu hari saja tanpa memiliki perencanaan panjang ke depan.

Karena itulah kita diajak untuk menghindari slogan ini dan menggantinya dengan cara pandang yang baru tentang hidup yaitu hidup dengan hikmat dari Tuhan.

Alkitab mengajarkan lima prinsip dasar pengelolaan uang yang membanut kita aman secara finansial dan lebih baik.

  • Habiskanlah lebih sedikit dari yang kamu hasilkan.
  • Minimalkan berhutang dan ikuti prinsip Alkitab tentang meminjam uang.
  • Mudah memberi
  • Miliki simpanan
  • Buat rencana jangka panjang

3. Ganti kata ‘Jangan bilang apa yang harus aku lakukan’ dengan ‘Aku percaya dengan rencanamu atasku’

Materialisme dan utang berakar dari keinginan yang tak terkontrol. Saat kita berpegang erat pada uang, kita akan menolak untuk percaya kalau Tuhan memegang kendali atas keuangan kita. Berjalanlah bersama Tuhan dalam iman karena Dial ah yang bisa kita percaya untuk mengontrol dan memenuhi kebutuhan kita.

4. Ganti kalimat ‘Punya banyak uang bisa menyelesaikan masalahku’ dengan ‘Aku bersyukur atas apa yang aku miliki saat ini’.

Prinsip paling dasar dari mengelola uang adalah membelanjakan lebih sedikit dari yang kita dapatkan. Sebagian besar dari kita fokus menghasilkan lebih banyak daripada membelanjakan lebih sedikit. Masalahnya, kalau kamu belum bisa menghabiskan lebih sedikit dari uang yang kamu peroleh hari ini, bagaimana mungkin kamu bisa mengelola keuanganmu saat kamu memperoleh yang banyak?

Masalahnya bukan pada jumlah uang yang kita peroleh. Tapi pada kebiasaan dan pola pikir kita soal uang.

Belajarlah untuk mensyukuri apa yang kita dapatkan hari ini dan bebaskan diri dari godaan berbahaya dari gaya hidup kita yang tak terkendali.

Supaya kaum millennial sekarang bisa jadi orang-orang sukses, berkomitmenlah untuk menyerahkan semua yang kamu punya sebagai miliknya Tuhan. Jadi, mulailah buat anggaran tetap tiap minggunya, temukan teman yang bisa membuatmu maju. Mulailah memberi secara teratur ke gereja. Hormatilah Tuhan dengan penghasilanmu.


Apakah kamu memiliki pergumulan soal keuangan dan rindu Tuhan menolongmu saat ini juga? Yuk hubungi konselor Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DI SINI.

Sumber : Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

rina ashari 15 February 2019 - 04:48:52

makanan yang baik untuk ibu hamil usis di atas 40 .. more..

0 Answer

Ria Lukita 14 February 2019 - 20:53:48

Pelecehan

0 Answer

Margareth 12 February 2019 - 20:29:50

Sudah bertahun tahun saya tidak pernah berdoa, say.. more..

0 Answer


Abigail Eleanor 11 February 2019 - 18:23:08
Tolong doakan saya lg mencari kerja..usia saya 35t... more..

A 8 February 2019 - 17:48:57
Tes

Viona 7 February 2019 - 10:54:05
Saya mohon dukungan dalam doa untuk pasangan hidup... more..

Rio Hascaryo 7 February 2019 - 08:48:26
Thanks buat kemarin, saya dapat melalui hari denga... more..

Banner Mitra Week 3


7234

advertise with us