Naomii Simbolon

Official Writer
745


Jadi kaya dan punya banyak tabungan, tentu enak. Kamu bebas ingin liburan ke mana saja, tanpa harus puasa mutih selama berhari-hari demi terkumpulnya uang untuk bekal liburan. Kamu juga bebas mau membeli apapun yang kamu butuhkan, nggak seperti sekarang yang seringnya hanya sebatas 'ingin' saja. Dengan punya banyak uang serta tabungan, kamu bisa membahagiakan orang tuamu dengan memenuhi segala kebutuhan dan keinginan mereka. Dan tentu saja, kamu nggak harus galau setengah mati menunggu-nunggu tanggal gajian tiba.

Kerja kerasmu selama ini mungkin salah satu usahamu untuk menjadi kaya, dan serba berkecukupan. Tapi bila sekian lama bekerja, tapi kondisimu masih sama serupa, maka ada yang salah.

Gimana kamu bisa kaya kalau penghasilan bulananmu bagaikan sulap yang menghilang entah kemana setiap pertengah bulanan?

Ah, jangan dulu menyalahkan keadaan. Kalau kamu sering melakukan kebiasaan-kebiasaan ini, pantas saja kamu nggak kaya-kaya.

1. Padahal bisa bikin kopi dari rumah, kamu malah membeli kopi dalam perjalanan ke tempat kerja

Duh, ini sih bikin boros. Seberapa cintanya kamu sih sama kopi langganan setiap pagi itu? Cinta pada kopinya atau ngincar si mbak waiters disana?

Ayolah, sayang banget duitnya kalau harus beli kopi tiap hari.

Dari pada beli kopi di coffee shop, mending beli pembuat kopi yang mikro supaya kamu bisa bikin di rumah. Jadi bisa hemat uang deh!

2. Awal refreshing, lama-lama hobi. Nggak heran kalau uang kamu ludes di pertengahan bulan.

Semua orang punya hobi, tapi bukan malah habis-habisin uang banyak demi hobi itu,

Kamu suka baca buku? nggak apa-apa untuk memberi buku atau komik. Tetapi kurangi porsinya dalam membeli. Misalnya seminggu beli 3, kurangi jadi 1, habiskan baca dulu lalu beli lagi.

Sama halnya dengan game. Jika kamu suka dengan game, jangan habiskan uang untuk itu. Kurangi beberapa uang yang harus kamu habiskan untuk itu.Lumayan banget untuk berhemat.

3. Makanlah secukupnya. Bikin batasan dan biasakan perutmu untuk tidak meminta terlalu banyak!

Di keluarga kami, semua orang suka makan. Beli camilan begitu banyak, dalam  hitungan jam langsung habis.

Bukannya bikin gemuk, malah habisin duit saja.

Memang sih, ada beberapa orang yang sanggup makan banyak banget, sampai ngabisi duit sekian ratus ribu dalam sekali makan. Ughh, sayang amat duitnya!

Sebenarnya nggak salah sih makan banyak, tetapi tahu kah kamu kalau hal itu berasal dari kebiasaan.

Kalau kamu sudah membiasakan diri makan banyak, maka perut kamu akan meminta demikian. Sebaliknya, jika kamu mencukupkan perut kamu dengan porsi yang cukup, maka dia akan terbiasa dan tak menuntut terlalu banyak

Kontrol dirimu, kontrol pikiranmu ya! Kamu pasti bisa.

4. Awalnya jalan-jalan ke supermarket hanya karena iseng saja. Eh, ujung-ujungnya kamu pun membeli hal-hal yang  nggak dibutuhkan.

Bosan karena nggak ada kerjaan di hari weekend? Pengen main ke mall?

Anak kos nih yang sering beginian. hehe.

Secara teori, mall atau supermarket memang sebuah tempat yang menyediakan  berbagai kebutuhan kamu. Seharusnya sih kamu ke sana untuk membeli sesuatu yang kamu butuhkan. Tapi, apakah selama ini kamu sering ke supermarket tanpa alasan?

"Liat-liat aja dulu, kali ada yang bisa dibeli kan?"

Kalau kamu seperti itu, maka nggak heran kamu sulit untuk kaya.  Karena pada akhirnya, kamu hanya akan bertemu dengan benda-benda cantik di sana dan kamu nggak tahan untuk tak membelinya. Daripada begitu, lebih baik uangmu ditabung deh!

Nah, jika kamu ingin cepat kaya dan tak pusing seperti hari ini. Mending hindari 4 hal di atas deh. Yakin, kamu akan mendapatkan manfaatnya!

 

Sumber : crosswalk | Jawaban


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

advertise with us