Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Bukan Soal Rencanamu, Tapi Inilah yang Bisa Membuatmu Berhasil Sumber : Bible Church

5 May 2018

 1454
[Daily Devotional]

Bukan Soal Rencanamu, Tapi Inilah yang Bisa Membuatmu Berhasil

1 Samuel 30: 8

Kemudian bertanyalah Daud kepada TUHAN, katanya: "Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul?" Dan Ia berfirman kepadanya: "Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan."


Bacaan Alkitab Setahun: Mazmur 125; 1 Korintus 14; 1 Samuel 16-17

Setiap kali Raja Daud berhadapan dengan musuh atau rintangan, dia pasti akan lebih dulu ‘bertanya kepada Tuhan’.

Di 1 Samuel 30, dituliskan bahwa saat Daud dan orang-orangnya diserang, orang Amalek datang ke kemah mereka dan membawa semua wanita dan anak-anak mereka. Daud menghadapi bahaya dari orang-orangnya sendiri yang putus asa oleh tragedi itu. Tapi Daud tak pernah lupa meminta pertolongan dari Tuhan.

Saat itu Daud bahkan dalam situasi yang sangat sulit karena semua anak buahnya sedang berduka atas kehilangan anak-anak mereka. Mereka sempat berencana untuk melempari dia dengan batu. Tapi Daud menguatkan kepercayaannya kepada Tuhan, Allah. Dia pun mengatakan kepada imam Abyatar, “Bawalah efod itu kepadaku!” Maka Abyatar pun membawa efod itu kepada Daud (1 Samuel 30: 7).

Lalu Daud bertanya kepada Tuhan, “Haruskah aku mengejar gerombolan itu? Akan dapatkah mereka kususul? Dan Ia berfirman kepadanya: “Kejarlah, sebab sesungguhnya, engkau akan dapat menyusul mereka dan melepaskan para tawanan.” (1 Samuel 30: 8)  

Kita mungkin sering berada dalam situasi sulit seperti yang dialami Daud. Saat tantangan atau masalah datang, kita cenderung tergoda untuk berpaling dari Tuhan. Kita marah dan sakit hati. Namun di masa-masa sulitlah kita harus mencari Tuhan dan mencari pimpinan-Nya. Daud bisa saja menyerah dalam keputusasaan dan lari dari Tuhan di masa-masa itu. Tapi dia tidak lari sama sekali, dia malah mengejar Tuhan.

Dia juga bisa saja meminta supaya Tuhan memberkati rencananya untuk mengejar orang Amalek itu. Tapi Daud tak memilih untuk melakukannya. Dia justru bertanya kepada Tuhan, “Haruskah aku mengejar gerombolan itu?” Lalu dia menunggu jawaban dari Tuhan.

Apa yang dilakukan Daud pada umumnya sangat berbeda dengan yang biasa kita lakukan. Kita justru cenderung meminta supaya Tuhanlah yang memberkati apa yang kita lakukan. Mungkin itu adalah doa yang baik. Tapi yang seharusnya kita lakukan adalah mencari rencana Tuhan dalam doa-doa kita supaya Dia mengarahkan dia untuk melakukan apa yang dikehendaki-Nya.

Daud mendengar suara Allah dan kemudian mengikuti pimpinanNya. Dan Tuhan pun memberkati rencana itu. Kita semua tahu bahwa akhir dari cerita ini adalah Daud kembali mengambil semua yang dicuri darinya. Dia menyelamatkan kedua istrinya. Semua yang sempat hilang akhirnya kembali lagi.

Hari ini, saat kamu berdoa tanyakanlah kepada Tuhan apa yang seharusnya kamu lakukan dalam hidupmu. Apakah rencanamu memang sudah sesuai dengan kehendakNya? Lalu tunggulah sampai Tuhan menjawabnya dan lalu lakukankah sebagaimana diperintahkanNya.


Sebelum melangkah dan bertindak, carilah Tuhan dan kehendakNya maka jalan-jalanmu akan diluruskanNya

 

Hak cipta Craig von Buseck, diterjemahkan dari Cbn.com

Sumber : Cbn.com/Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Andre Pantauw 18 November 2018 - 21:09:52

Bahtera nuh

0 Answer

Agatha seow 15 November 2018 - 19:46:14

Saya ingin mengenal Tuhan lebih dalam, karena slam.. more..

1 Answer

anthony gaming 14 November 2018 - 21:08:06

peran roh kudus

0 Answer


Febby Regina Rista 3 November 2018 - 08:32:28
Saya mohon dukungan doa dari tementemen, saya saat... more..

Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Banner Mitra Week 3


7221

advertise with us