Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login
Doa, Sebuah Wewangian Yang Harum dan Menyenangkan Hati Tuhan Sumber :

9 February 2018

February 2018
MonTueWedThuFriSatSun
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728
 1804
[Daily Devotional]

Doa, Sebuah Wewangian Yang Harum dan Menyenangkan Hati Tuhan

Keluaran 30:34-35

Berfirmanlah TUHAN kepada Musa: "Ambillah wangi-wangian, yakni getah damar, kulit lokan dan getah rasamala, wangi-wangian itu serta kemenyan yang tulen, masing-masing sama banyaknya. Semuanya ini haruslah kaubuat menjadi ukupan, suatu campuran rempah-rempah, seperti buatan seorang tukang campur rempah-rempah, digarami, murni, kudus.

Bacaan Alkitab Setahun Mazmur 40; Kisah Para Rasul 12; Keluaran 29-30

Bisakah kamu bayangkan bau atau wewangian yang kamu sukai? Mungkin itu bau kue yang baru dipanggang, atau bau kopi atau teh? Mungkin juga bau bunga kesukaanmu, atau rumput yang baru dipotong? Setiap kita memiliki bau wangi kesukaan kita sendiri. 

Apakah kamu pernah berpikir bahwa Tuhan juga punya kesukaan khusus dalam hal wewangian? Mari coba kita selidiki tabernakel Perjanjian Lama dan apa yang di dalamnya yang menaikkan wewangian yang disukai Tuhan. 

DalamKeluaran 30 dicatat bahwa di atas Tabut Allah berlapis emas Harus harus membakar ukupan dan wangi-wangian. Mezbah ini berada di ruang Maha Kudus, dimana hanya Imam Besar Harun yang boleh melakukan tugas membakar wangi-wangian itu setiap hari. Di ayat 35 dijelaskan bahwa wangi-wangian itu harus "digarami, murni, kudus." Wangi-wangian ini kudus bagi Tuhan dan hanya digunakan untuk tujuan itu. Kata Ibrani untuk parfum adalah "qetoreth" dan itu artinya dupa atau parfum, namun juga bisa diterjemahkan sebagai "bau korban yang harum."

Baca juga 

Keluarga Kokoh Karena Ada Istri yang Berdoa

Berdoa Untuk Hal yang Mustahil? Percaya Saja Tuhan Sanggup Lakukan MujizatNya

Ruang Maha Kudus adalah tempat bertemunya Tuhan dengan imam besar yang mewakili Israel. Jadi, tirai yang memisahkan antara Ruang Kudus dan Ruang Maha Kudus adalah seperti pintu untuk masuk ruang tamunya Allah, dan dupa yang dibakar adalah seperti sebuah bel yang memberi tahu Tuhan bahwa Musa atau Harun ingin bertemu dengannya. 

Lalu apakah hal ini juga berlaku dengan kita saat ini? Setiap hal yang ada di Perjanjian Lama menunjuk kepada Kristus dan apa yang dikerjakan-Nya di kayu salib. Ketika Kristus mati di kayu salib, tirai bait Allah terbelah dua sehingga tidak ada lagi pintu pemisah antara Tuhan dan manusia bagi mereka yang percaya kepada Kristus sebagai Tuhan dan Juru Selamat. 

Dupa atau wewangian merujuk kepada doa-doa kita kepada Tuhan, doa itu harus digarami, murni dan kudus. Doa kita haruslah menjadi korban yang harum yang naik di hadapan Allah, sebuah bau yang menyenangkan hati Allah (Wahyu 5:8). Doa yang murni dan kudus muncul dari hati yang rindu untuk menyenangkan hati Tuhan dan kemauan untuk melakukan Firman-Nya. Kadang kala doa kita menjadi sebuah pengorbanan saat kita berdoa menurut kehendak Tuhan bukan kehendak kita sendiri. 

Seorang penginjil dan guru teologi bernama Oswald Chambers pernah berkata, "Doa tidak membuat kita siap untuk melakukan pekerjaan besar; doa itu sendiri adalah pekerjaan besar." Yesus menunjukkan teladan dengan menganggap serius kehidupan doa-Nya selama ia hidup di dunia ini. Kita bisa menemukan berbagai catatan saat Yesus berdoa seorang diri maupun bersama murid-murid-Nya. Yesus tahu betapa pentingnya kehidupan doa bagi anak-anak Tuhan. 

Kehidupan doa kita akan membentuk kehendak kita menjadi selaras dengan kehendak Tuhan. Ketika doa-doa kita meninggikan Yesus Kristus dan mencari kehendak Bapa, maka hal itu menjadi dupa yang harum di hadapan Allah. Bagaimana dengan kehidupan doamu? 

Copyright © Leah Adams. Digunakan dengan izin. 

Sumber : Jawaban.com

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Share this article :

Sisca 23 October 2018 - 02:10:19

Utang usaha

0 Answer

Novi Aulia 22 October 2018 - 20:14:04

Tentang arti dan makna Seluruh kekayaan alam dan s.. more..

0 Answer

Cherish Anastasia 22 October 2018 - 10:22:06

Selamat pagi, perkenalkan nama saya Sia. Ada bebe.. more..

0 Answer


Bella chandra 30 September 2018 - 11:51:26
Tuhan Yesus dengan kerendahan hati aku memohon unt... more..

brenda lenny wijayanti 27 September 2018 - 17:10:47
Semoga Tuhan Yesus membuka jalanku untukku ke Erop... more..

Andry Randa 25 September 2018 - 16:39:37
Tuhan Yesus, saat ini saya dan keluarga sedang men... more..

Christian 31 August 2018 - 05:12:12
Syalom dan terimakasih di kesempatan ini. Saat ini... more..

Banner Mitra Week  3


7277

advertise with us